Cara Sukses Nabung Uang di CELENGAN, Jadul Sih Cuma Masih Ampuh

Cara Sukses Nabung Uang di CELENGAN, Jadul Sih Cuma Masih Ampuh. Para orang tua terdahulu pasti selalu mengajarkan anak-anaknya untuk menabung. Namun proses yang di ajarkan bukan menabung dengan dompet digital ataupun rekening dari bank seperti saat ini. Orang tua terdahulu atau mungkin sekarang pun masih ada, selalu mengajarkan buah hatinya untuk menabung di celengan.

Inipun mungkin salah satu kebahagiaan, jika kita mengenang masa-masa kecil. Celengen sendiri biasanya terbuat dari plastik, kaleng, tanah liat dan serta bahan lainnya dengan dibuat beragam aneka bentuk. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian anak-anak agar lebih bersemangat dalam menabung.

Namun ternyata celengan pun bukan hanya berguna dan bermanfaat untuk membiasakaan anak-anak menabung. Jika kita lihat dari segi fungsi penyimpanan uang, celengan pun saat ini masih sangat berguna sebagai sarana menabung yang efektif.

Dan tentu saja bisa di manfaatkan bukan bagi anak-anak saja, namun orang dewasa juga, termasuk saat ini yang mungkin sudah memasuki zaman modern. Berbeda halnya dengan menabung di bank, yang tentu saja masih dengan mudah tabungan tersebut kita ambil lewat ATM atau melakukan transfer.

Sedangkan menabung dengan celengan sebenarnya lebih sangat sulit untuk mengambil uangnya kembali. Karena jika kita ingin mengambil uang tersebut terpaksa harus membongkar atau memecahkan celengannya. Yang mungkin bagi kita akan sangat sayang jika harus di pecahkan wadahnya.

Berikut ini 7 Cara Sukses Nabung Uang di CELENGAN agar bisa terkumpul dengan baik!

Baca Juga: Boros Dalam Menggunakan Kartu Kredit Kerap Terjadi Pada Anak Muda

Cara Sukses Nabung Uang di Celengan

Cara Sukses Nabung Uang di CELENGAN, Jadul Sih Cuma Masih Ampuh

1. Menentukan Jenis Celengan Yang Sesuai

Celengan mempunyai banyak variasi bentuk, ukuran, dan bahannya. Walaupun memang ini tidak menjadi motivasi secara langsung untuk meningkatkan kebiasaan untuk menabung. Namun, memilih wadah lebih berkaitan dengan harga, kapasitas isi, memungkinkan untuk bisa di gunakan kembali dan jenis uang yang akan di simpan.

Misalnya saja ada celengan jenis sederhana seperti celengan kaleng. Celengan kaleng biasanya memiliki lubang di atas untuk tempat kita memasukkan uang koin maupun kertas.

Namun, uniknya celengan jenis ini masih bisa dengan mudah kita buka dan ukurannya tidak terlalu besar. Jadi celengan kaleng ini bisa di gunakan untuk menabung dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Ada juga celengan yang dari tanah liat yang mungkin juga masih di petahankan sampai saat ini. Banyak bentuk yang di buat dengan jenis celengan ini, mulai dari bentuk binatang sampai buah-buahan. Seakan menjadi daya tarik tersendiri, Dengan ukuran dan harga yang di sesuaikan, kita bisa menggunakannya untuk menabung dalam jumlah banyak.

Dan beberapa jenis celengan lainnnya, jadi silakan tentukan jenis celengan seperti apa yang sekiranya bisa di sukai dan sayang jika harus di pecahkan.

2. Menentukan Nominal Uang Untuk Celengan

Mungkin saat ini ada jenis trend baru yang terbilang unik dalam kalangan masyarakat berupa ajakan untuk menabung dengan nominal uang tertentu saja. Misalnya saja kita hanya ingin menabung dengan nominal Rp 2 ribu saja untuk di masukan dalam celengan, yang mungkin banyak kita dapatkan dari kembalian berbelanja.

Sehingga setiap kita melakukan aktivitas pembelian apapun yang ada uang kembalian Rp 2 ribu, bisa kita langsung masukan ke dalam celengan. Artinya uang yang ada dalam celengan tersebut semuanya bernominal Rp 2 ribu saja. Hal ini pun mungkin menjadi salah satu motivasi supaya kita bisa konsisten menabung.

Walaupun memang terkesan kecil dan sepele, namun jika kita terus menerus mengumpulkannya secara konsisten dengan nominal yang telah di tentukan. Bukan tidak mungkin di kemudian hari bisa saja menjadi sangat besar jumlah nominalnya.

3. Coba Mulai Dengan Nominal Kecil Untuk Celengan

Menabung di celengan sifatnya lebih ke menyisihkan uang lebihan atau kembalian. Jadi tidak harus langsung dengan nominal yang besar, sehingga kita bisa memulainya dengan nominal kecil saja, misalkan hasil kembalian belanja 5 ribu.

Bahkan bisa juga dengan yang lebih kecil, misalnya seribu sampai dua ribu, bahkan sampai uang receh sekalipun tetap oke. Yang lebih penting adalah sesuaikan jumlah nominal uang yang akan di tabung dengan kondisi keuangan. Jangan sampai memaksakan menabung dengan jumlah yang besar, namun kebutuhan pokok ada yang belum terpenuhi.

Baca Juga: Agar Pengajuan KPR Lolos, Coba Terapkan 5 Metode Ini

4. Menentukan Tujuan Dari Menabung di Celengan Tersebut

Dalam menabung usahakan kita harus mempunyai tujuan atau kebutuhan apa yang ingin dibeli, agar tidak hampa saat menabung. Tanpa adanya tujuan yang jelas, menabung sering kali terhenti di tengah jalan karena tidak ada penyemangat atau motivasi dari menabung itu sendiri.

Maka dari itu penting sekali memiliki tujuan dalam menabung, agar kita tidak mudah pupus. Kita bisa tuliskan tujuan keuangan atau gambar barang impian apa yang ingin kita beli dari hasil jerih payah menabung tersebut.

Dengan demikian ketika kita mulai tergiur untuk mengambil uang celengan. Kita akan bisa mengingat kembali apa tujuan sebenarnya dari tabungan tersebut. Dan hasilnya kita kembali mengurungkan niat untuk membongkar celengan tersebut, karena tujuan menabung belum terpenuhi.

5. Meletakan Celengan di Tempat Tersembunyi Dan Sulit Terjangkau

Mengapa hal tersebut perlu di lakukan? ini berguna agar kita tidak khilaf untuk mengambil dan membelanjakan uang celengan tersebut. Jika celengan tersebut terus berada di dekat kita dan mudah di jangkau, mungkin saja dorongan kuat untuk segera membongkar celengan akan tinggi. Dan hal ini tentu saja akan merusak tujuan utama kegunaan uang celengan tersebut.

Kita tidak perlu harus menggali lubang kemudian mengubur celengan dalam-dalam. Tapi kita bisa coba menyimpannya di atas lemari mungkin yang hanya bisa di raih menggunakan tangga. Atau di ujung kolong kasur yang agak sulit untuk di gapai. Dan bisa coba di tempat lain sebagainya.

6. Cara Sukses Nabung Uang di CELENGAN Dengan Tidak Meremehkan Uang Recehan

Mungkin banyak dari kita yang tidak begitu menghargai terhadap adanya uang recehan seperti misalnya nominal 500 atau 200 Rupiah. Dan biasanya sering melupakan atau bahkan membuangnya dengan sengaja. Padahal, jika uang recehan tersebut di kumpulkan kemudian di tabung pada celengan secara rutin, di waktu yang akan datang tentu saja akan banyak dan menggungung.

Bahkan jika kita konsisten menyisihkannya untuk di tabung, hasilnya bisa untuk membeli barang impian yang kita idam-idamkan. Karena pepatah mengatakan, apapun sesuatu yang di kumpulkan sedikit demi sedikit, maka hasilnya lama ke lamaan akan menjadi bukit.

Inipun berlaku kepada kita jika konsisten menabung uang receh pun, lama kelamaan akan menjadi banyak. Ketimbang uang recehan tersebut hilang atau di buang, lebih baik di kumpulkan secara konsisten dalam celengan.

7. Memotivasi Diri Dari Orang-orang Yang Sukses Menabung di Celengan

Kita mungkin pernah mendengar atau melihat sebuah postingan yang viral di internet di beberapa waktu lalu. Tentang orang yang mampu mendapatkan uang yang sangat banyak dari hasil kebiasaan menabung selama bertahun-tahun.

Berita tersebut sempat heboh di dunia maya dan membuat banyak dari kita iri karena uang yang ia dapatkan lumayan banyak. Bahkan bisa untuk membeli barang-barang impian pemiliknya.

Kemudian pada cerita heboh lainnya, seorang bisa membeli sepeda motor hanya dengan menggunakan uang recehan pecahan Rp 1000 rupiah, yang di kumpulkan di dalam 3 galon air. Dan kemudian setelah di hitung jumlah celengan tersebut mencapai Rp 14 Juta.

Kisah-kisah inilah yang mungkin bisa di gunakan untuk memotivasi diri, bahwa menabung dengan celengan masih efektif jika memang di lakukan secara konsisten. Karena celengan pada umumnya memang sulit untuk di buka, selain dengan cara di hancurkan.

Cara Sukses Nabung Uang di CELENGAN mungkin juga cocok buat kita yang memang susah mengontrol tabungan yang berada di bank.

Baca Juga: Tips Aman Menabung Uang Dibank

Walaupun Terkesan Jadul, Cara Sukses Nabung Uang di CELENGAN Ternyata Masih Efektif

Celengan sudah sejak lama menjadi media penyimpanan uang dan membuat seorang mampu membiasakan diri untuk menyisihkan uangnya. Asalkan di lakukan secara konsisten dan tekun, menabung di celengan bisa membantu kita meraih barang apapun yang ingin di beli nantinya.

Namun, kita pun patut mewaspadai di mana kita harus menyimpan celengan tersebut secara aman. Jika memang di rasa nominalnya sudah lumayan cukup besar, namun belum perlu untuk di gunakan. Langkah selanjutnya adalah bisa memindahkannya ke tabungan di bank agar tingkat keamanannya lebih terjamin.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *