Inilah Kandungan Dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

Inilah Kandungan Dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

Kandungan Dan Manfaat Lidah Buaya – Apa itu Lidah Buaya? kalian tentu sudah tahu namun tidak ada salah nya mari kita membahas kembali sedikit tentang lidah buaya sebelum kita masuk dalam inti pembahasan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit,  di kutip dari wikipedia bahwa lidah buaya atau sering di sebut Aloe Vera adalah masuk kedalam spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari Genus Aloe.

Lalu untuk asalnya sendiri bahwa lidah buaya berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya yang telah menyebar ke kawasan tropis, semi-tropis dan kering di berbagai belahan dunia. Lidah buaya pun banyak di budidayakan untuk pertanian, pengobatan serta di manfaatkan untuk tanaman hias karena bisa di tanam di dalam sebuah pot.

Selain itu lidah buaya pun banyak di mafaatkan dalam kemasan minuman, cream kulit, kosmetik dan obat-obatan lainnya termasuk luka bakar. Banyak dari produk-produk perawatan tubuh yang memanfaatkan lidah buaya ini untuk menjadi salah satu bahan yang di gunakan. kenapa demikian? karena di ketahui bahwa lidah buaya atau aloe vera kaya akan vitamin dan mineral baik yang penting bagi tubuh.

Berikut beberapa kandungan yang ada dalam lidah buaya (aloe vera) yang baik untuk kesehatan tubuh dan perawatan kulit:

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Kandungan Lidah Buaya

  • Di dalam Daging lidah buaya terdapat kandungan vitamin B yang bisa berfungsi untuk menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.
  • Lidah buaya pun memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. 
  • Ada juga kandungan Vitamin E, Kandungan ini menjadikan lidah buaya baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.
  • Lidah buaya cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung Asam Folat yang di ketahui mengandung banyak nutrisi untuk ibu beserta janin.
  • Lidah Buaya juga mengandung Mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.
  • Kandungan Antioksidan dalam lidah buaya terbilang tinggi. Hal ini yang bisa membuat lidah buaya dapat melindungi kulit dari sinar UV.
  • Enzim dalam lidah buaya yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat Antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam lidah buaya semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang di milikinya.

Selain banyak nya kandungan sangat baik yang di miliki lidah buaya ada juga bebrapa manfaat lainnya yang baik terutama untuk kulit:

Manfaat Lidah Buaya

1. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Yang akan terjadi Seiring bertambahnya usia maka akan mudah muncul garis-garis halus dan kerutan. Hal ini di karenakan kondisi kulit yang mulai kehilangan kelembaban serta elastisitasnya. Tetapi, Kalian bisa mencegah tanda penuaan sejak dini dengan menggunakan lidah buaya (aloe vera).

Kemampuan lidah buaya untuk melembabkan sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati karena hal inilah lidah buaya di percaya dapat mencegah tanda penuaan.

2. Obat Pada Luka

Lidah buaya kerap di gunakan sebagai obat alami untuk membantu penyembuhan luka, seperti goresan dan luka bakar. Sifat antimikroba pada lidah buaya menjadikannya efektif untuk membersihkan dan mengurangi risiko infeksi pada luka. Selain itu lidah buaya juga dapat di gunakan untuk membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari.

3. Melembabkan Kulit

Lidah buaya cenderung tumbuh di iklim tropis dan daun lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar air agar tidak kering. Itulah mengapa lidah buaya dapat tetap tumbuh subur bahkan di lingkungan yang memiliki kondisi panas intens sekalipun. Berkat kemampuan ini, gel yang terkandung dalam daun lidah buaya sering di gunakan sebagai dasar produk farmasi, karena dapat melembapkan dan menghidrasi kulit.

4. Menenangkan dan Menghidrasi Kulit

Beberapa orang kerap lupa bahwa kulit adalah organ yang memainkan peran sangat penting dalam memastikan tidak ada racun, bahan kimia, kuman, atau kontaminan asing yang masuk ke dalam tubuh. Hanya karena tidak ada luka terbuka bukan berarti  kulit kalian tidak memerlukan perlindungan. Agar dapat melakukan fungsi proteksi secara sempurna, Kalian harus selalu menjaga kondisi kulit, termasuk agar tidak tegang dan terhidrasi baik. Karena kulit kering lebih mudah terkena iritasi dan dapat menimbulkan ruam atau luka sobek. Oleh karena itu menggunakan produk berbasis lidah buaya, kalian dapat memastikan bahwa kulit tetap terhidrasi dan bersih setiap saat.

5. Menyamarkan Stretch Mark

Selama masa kehamilan atau adanya kenaikan berat badan yang cepat biasanya kulit mulai mengendur atau merenggang, elastisitasnya menjadi berkurang. Hal ini menimbulkan kerutan atau tanda-tanda peregangan yang biasa di sebut stretch mark. Untuk mengatasinya coba gunakan sabun berbahan dasar lidah buaya setiap harinya.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

6. Mengurangi Inflamasi atau Peradangan

Salah satu penyebab peradangan adalah kerusakan oksidatif yang di sebabkan karena adanya radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel di dalamnya. Antioksidan yang terdapat dalam lidah buaya mampu mengikat radikal bebas dan membantu mengatasi peradangan tersebut. Untuk melakukannya, Kalian bisa mengonsumsi jus aloe vera maupun mengoleskan gel lidah buaya di area kulit yang bermasalah tesebut.

7. Mengatasi Ketombe

Bukan hanya bermanfaat merawat kulit tubuh, lidah buaya juga mampu melindungi kulit kepala. Hal ini dikarenakan lidah buaya bekerja sangat baik untuk bisa mengatasi masalah pada ketombe dan kulit kepala gatal. Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kulit kepala yang berminyak, akumulasi sel-sel yang mati, atau bahkan infeksi pada kepala.

Dalam hal ini, lidah buaya dapat membantu menghilangkan sel-sel yang mati dari kulit kepala. Selain itu, sifat antimikroba dan dalam lidah buaya mampu melawan infeksi dan menenangkan kulit kepala.

8. Media Detoksifikasi Alami

Tanpa kita sadari ada begitu banyak racun dan zat berbahaya yang ada pada tubuh. Zat racun tersebut akan masuk ke dalam tubuh bisa melalui berbagai hal, khususnya akibat kontaminasi dengan lingkungan sekitar. Paparan dengan udara yang kotor misalnya dapat menyebabkan banyak debu, sebum, kotoran dan partikel polusi ini bisa menempel pada kulit. 

Dan jika tidak segera dibersihkan kotoran yang mengundang banyak kuman tersebut bisa menyebabkan dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Sebagai media detoksifikasi alami, bisa menggunakan lidah buaya untuk mengeluarkan dan membersihkan racun-racun tersebut.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *