Metode Mahir Bahasa Inggris Tanpa Les

Metode Mahir Bahasa Inggris Tanpa Les – Bahasa inggris menjadi bahasa internasional. Sehingga saat ini menjadi hal yang wajib untuk kita kuasai. Selain itu beberapa perusahaan di indonesia pun sudah mewajibkan karyawannya untuk bisa berbahasa inggris.

Jadi jika kita mahir dalam berbahasa inggris tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Namun belajar bahasa inggris pun tidak semudah yang di bayangkan. Ada banyak orang yang sudah melakukan les bahasa inggris namun tetap mengalami kesulitan untuk menguasainya.

Untuk itu mungkin kita bisa belajar bahasa inggris dengan menerapkan metode ini. Jika menggunakan metode yang menyenangkan, maka proses belajarpun akan lebih cepat di tangkap. Berbeda hal nya dengan proses belajar karena paksaan.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Cepat Serap Ilmu Baru

Cara Mahir Bahasa Inggris Tanpa Les

Metode Mahir Bahasa Inggris Tanpa Les

1. Mendengar Lagu Maupun Menonton Film Barat

Mendengarkan lagu berbahasa inggris menjadi salah satu metode untuk bisa mahir berbahasa inggris. Apalagi jika di lakukan secara rutin, selain melatih pendengaran, ini juga akan membantu memperkaya kosakata dalam bahasa inggris itu sendiri. Di tambah kita pun bisa mempelajari bagaimana mengucapkan kata-kata yang tepat.

Jika nantinya kurang tahu arti dari lirik tersebut, kita bisa mencari artinya di kamus atau google terjemahan. Kemudian, kita bisa gabungkan dengan kata-kata bahasa inggris lainnya agar bisa tahu lirik lagu tersebut secara lengkap.

Selain itu cobalah untuk menonton film barat, usahakan tidak menggunakan subtitle. Nikmati dan dengarkan setiap kata yang di ucapkan pada setiap adegan, sehingga ini pun akan melatih pendengaran dalam memahami ucapan bahasa inggris.

2. Mencari Terjemahan Kata Dalam Bahasa Ingris

Dalam mempelajari bahasa inggris sangat penting untuk bisa tahu arti dari setiap katanya. Ini untuk memperkaya vocabulary, karena dalam bahasa inggris dalam satu arti bisa menggunakan lima sampai enam kata-kata yang berbeda.

Dengan banyaknya mengetahui arti dari kosakata dalam bahasa inggris, tentu akan membantu kita untuk membentuk suatu kalimat yang enak di dengar. Sehingga nantinya orang yang kita ajak bicara bahasa inggris pun bisa memahami apa maksud dari kata yang kita ucapkan.

3. Mecatat Maupun Menghaflkan Setiap Kosakata

Jika mendapatkan kosakata baru yang penting untuk di hafal, sebaiknya di catat pada catatan khusus. Misalnya saja kita bisa membeli sebuah buku kecil yang mudah di bawa kemana saja. Sehingga hal ini memudahkan kita untuk bisa belajar bahasa inggris kapan pun dan di manapun.

Selain itu buku kecil catatan tersebut bisa menjadi pengingat jika suatu waktu lupa dengan arti kosakata. Setelah itu pastikan kita selalu menghafal arti dari kosakata yang sudah di catat di buku catatan tersebut. Ini bertujuan agar kita bisa terbiasa dengan menggunakan kata-kata tersebut dan tidak akan lupa dengan artinya.

4. Rajin Membaca Buku Bahasa Inggris

Agar proses belajar lebih menarik, cobalah untuk membaca buku berbahasa inggris. Ini pun secara tidak langsung dapat melatih kemampuan dalam menterjemahkan kalimat dalam bahasa inggris tersebut. Saat awal mungkin kita akan sangat kesulitan untuk menterjemahkannya, tapi percayalah jika terus di latih tentu akan semakin baik juga.

Selain membatu memperdalam proses penerjemahan, membaca buku bahasa inggris pun akan membuat kita mendapatkan manfaat lain. Seperti menemukan komposisi atau grammar dalam bahasa inggris yang tentu baik untuk proses belajar.

5. Banyak Mendengar Berita Atau Wawancara Bahasa Inggris

Biasanya dalam berita atau wawancara akan memiliki intonasi yang cepat dan setiap pembaca acara berita pun akan mengatakan kata yang berbeda-beda. Di tambah dengan adanya kalimat baku dan kosakata yang juga di terapkan dalam kehidupan sehari-hari membantu kita untuk menambah wawasan tentang vocabulary.

Baca Juga: Skill Yang Wajib Dimiliki Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan

6. Jadikan Bahasa Inggris Bahasa Kedua

Selalu belajar teori akan kurang menarik, sehingga di butuhkan praktek langsung atau menerapkanya dalam keseharian. Cobalah untuk mencari seorang partner atau pun teman yang memang mampu berbahasa inggris yang baik. Kemudian gunakan bahasa inggris menjadi bahasa kedua dalam keseharian berinteraksi. Dengan hal tersebut kemampuan bahasa inggris kita pun akan lebih baik lagi.

7. Menulis Dalam Bahasa Inggris

Tulislah sedikit cerita tidak perlu banyak-banyak dalam bahasa inggris dengan kosakata yang selama ini telah di dapatkan. Misalnya saja cerita kegiatan yang di lakukan sehari-hari, perasaan sendiri atau apa pun itu. Jika memang kemampuan berbicara, mendengar dan menulis bahasa inggris sudah baik. Artinya metode tersebut berhasil. Dan kita pun patut bangga dalam pencapaian usaha yang di lakukan selama ini.

Belajar karena ada paksaan biasanya akan sangat sulit untuk di serap. Maka dari itu usahakan belajarlah dengan perasaan senang, sehingga belajar apapun akan cepat di serap.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *