Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor. Kesehatan mental menjadi salah satu hal yang perlu di prioritaskan. Karena penyakit mental dapat menyebabkan terjadinya penurunan rasa kepercayaan diri dan kualitas hidup bahkan sampai menyebabkan kematian.

Ada banyak faktor yang memicu terjadinya penurunan kesehatan mental yang menjadi penyebab terjadinya penyakit mental. Mulai dari genetika atau keturunan, trauma sampai pengaruh lingkungan.

Saat ini pengaruh lingkungan menjadi faktor terbesar dalam pemicu terjadinya penurunan kesehatan mental. Apalagi jika lingkungan tersebut menjadi tempat untuk menghabiskan waktu, misalnya saja lingkungan keluarga, sekolah, dan tempat kerja.

Baca Juga: Sering Mengeluh Ketika Bekerja? Coba Jadikan Motivasi

3 Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Di Tempat Kerja

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor

1. Hubungan Kurang Baik Dengan Atasan

Mempunyai hubungan yang kurang baik dengan atasan menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan kesehatan mental karyawan. Hal ini bisa di picu seperti atasan menekan karyawan dengan target yang kurang masuk akal atau dalam waktu yang begitu singkat.

Sampai atasan memberikan pekerjaan di luar jobdesk dari karyawan tersebut, itu pun menjadi pemicunya.

2. Ada Konflik Dengan Rekan Kerja

Selanjutnya hal yang dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan mental adalah adanya masalah atau konflik dengan rekan kerja. Dimana selama melakukan pekerjaan mungkin karyawan harus berhubungan dengan karyawan lain namun sulit di ajak bekerja sama sehingga memperlambat pekerjaan.

3. Beban Kerja Berlebihan

Pemicu selajutnya adalah Perusahaan itu sendiri. Artinya perusahaan terkadang tak hanya memberikan beban kerja di luar kapasitas manusia, tapi juga jam kerja yang terlampau panjang, dan tekanan yang terus menerus.

Hal ini tentu dapat membuat karyawan stres, dan bahkan bukan tidak mungkin juga memengaruhi kesehatan tubuh karyawan. Karena ketika stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang juga dapat memicu penyakit.

Nah untuk menghindari gangguan kesehatan mental dan tetap menjaga kesehatan mental terutama pada lingkungan kerja atau kantor, berikut beberapa cara yang bisa di terapkan.

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

1. Membicarakannya Kepihak HRD (Human Resources Department)

Dalam perusahaan akan ada divisi HRD, nah divisi ini memiliki tugas salah satunya adalah untuk mendengarkan berbagai keluh kesah karyawan, terutama terkait pekerjaan dan lingkungan pekerjaan.

Maka dari itu jika kita merasakan ada hubungan entah itu dengan atasan atau rekan kerja mulai dirasa kurang sehat, maka kita berhak membicarakannya kepada HRD untuk meminta solusi.

Selain itu kita pun dapat membicarakan masalah beban pekerjaan yang terlalu berlebihan atau tekanan pekerjaan yang memang sudah melebihi batas kemampuan kita. Dari hal tersebut nantinya tentu HRD akan coba membicarakan ke atasan untuk dapat mempertimbangkan dengan lebih baik ketiga memberikan sebuah tugas kerja.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Untuk dapat menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja salah satunya adalah dengan menerapakan pola hidup sehat. Seperti olahraga teratur, pola makan seimbang dan memiliki waktu tidur yang cukup.

Dengan menerapkan pola hidup sehat tentunya pikiran pun menjadi lebih segar dan tubuh pun menjadi semakin bugar.

3. Menjaga Kesehatan Mental Dengan Melakukan Hobi

Ketika kita memiliki hobi yang menyenangkan untuk di lakukan, otomatis pikiran kita pun dapat teralihkan dari hal-hal yang tidak di senangi. Sehingga beban pikiran pun menjadi lebih berkurang.

Lakukan apa pun hobi yang menyenangkan, terutama hobi yang dapat meningkatkan skill sehingga selain melakukan hobi yang menyenangkan, kita pun bisa mendapatkan skill baru dari hobi tersebut.

Baca Juga: Ketika Bekerja Terlalu Berlebihan, Ini Efek Buruknya

4. Lakukan Konsultasi Ke Psikolog

Ketika ingin melakukan konsultasi ke psikolog sebenarnya tidak harus menunggu ketika gangguan mental sudah parah. Artinya seharusnya bisa di lakukan siapa saja dan kapan saja.

Dengan berkonsultasi lebih awal, kita bisa lebih cepat mendapatkan penanganan. Terutama untuk berbagai penyakit mental yang sedang di alami.

Dengan psikolog kita bisa menceritakan apapun terkait keluhan dan hal-hal tidak normal yang telah kita alami. Dan ketika berkonsultasi pastikan tidak ada fakta apapun yang disembunyikan, agar psikolog mampu memberikan solusi dan penanganan yang terbaik.

5. Curhat Ke Orang Terdekat

Jika di rasa cara ke 4 berkonsultasi dengan psikolog belum bisa di lakukan, maka kita bisa membicarakannya kepada orang terdekat. Entah itu kepada orang tua, sahabat atau pasangan.

Dengan curhat atau berbicara ke orang terdekat, setidaknya sedikit mengurangi beban pikiran karena keluh kesah bisa tersalurkan dan ada yang mendengarkan. Dan mungkin orang terdekat bisa memberikan solusi terkait masalah yang kita alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker