Sering Mengeluh Ketika Bekerja? Coba Jadikan Motivasi

Sering Mengeluh Ketika Bekerja? Coba Jadikan Motivasi. Bekerja menjadi salah satu hal yang harus kita lakukan, apalagi jika kita sudah berkeluarga, maka itu menjadi hal yang wajib untuk di lakukan. Dengan bekerja kita bisa menghasilkan uang yang nantinya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menafkahi keluarga.

Namun terkadang kita pun merasa lelah ketika menjalani pekerjaan tersebut, maka tidak jarang rasa lelah tersebut membuat kita sering mengeluh. Ditambah ketika terjadi ketidak adilan di kantor tempat bekerja.

Artinya kita sudah melakukan pekerjaan secara maksimal, namun hasil yang di dapat tidak sesuai dengan yang di harapkan. Misalnya sudah bekerja terlalu lama namun tidak kunjung ada promosi, atau gaji yang di dapatkan tidak sesuai.

Dengan terjadinya hal-hal tersebut maka wajar saja membuat kita Sering Mengeluh Ketika Bekerja. Karena kita merasa pengorbanan yang di berikan tidak sebanding dengan hasil yang di dapatkan.

Namun hal yang penting dan harus di ingat bahwa, mengeluh pun tidak akan mengubah nasib. Maka hal yang bijak adalah menjadikan keluhan tersebut sebagai motivasi agar lebih giat untuk bekerja.

Baca Juga: 5 Hal Yang Harus Dipikirkan Ketika Jenuh Dengan Pekerjaan

Motivasi Ketika Sering Mengeluh Saat Bekerja

Sering Mengeluh Ketika Bekerja? Coba Jadikan Motivasi

1. Selalu Belajar Untuk Bersyukur

Ketika kita menjadi orang yang selalu bersyukur maka keluhan pun bisa berubah menjadi motivasi. Bersyukurlah sampai hari ini kita masih bisa bernafas, masih bisa bekerja dan mendapatkan gaji untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri maupun keluarga.

Kita harus melihat bahwa orang-orang yang berada di sekitar kita, mungkin saja tidak memiliki pekerjaan. Ada yang sudah bekerja namun penghasilannya pas-pasan. Maka sudah sepatutnya kita selalu bersyukur, apa yang kita dapatkan hari ini mungkin jauh lebih baik dari pada yang orang lain dapatkan.

2. Selalu Mengingat Tujuan Hidup

Saat rasa lelah dan keinginan untuk mengeluh kembali muncul, maka kita harus kembali mengingat apa tujuan hidup kita, hari ini, esok dan selanjutnya. Bisa memiliki kendaraan pribadi, rumah pribadi, atau berangkat haji? Jika hal-hal tersebut ingin kita dapatkan, maka sebaiknya hindari waktu untuk mengeluh.

Karena semakin banyak mengeluh, semakin banyak juga waktu yang terbuang sia-sia. Cobalah untuk menikmati setiap proses yang ada, walaupun mungkin berat untuk di jalani.

3. Biaya Hidup Semakin Mahal

Memang salah satu hal yang membuat kita mengeluh adalah biaya hidup yang semakin mahal namun apa yang di dapatkan tidak sebanding dengan yang di dapatkan dari bekerja. Namun ingat juga bahwa mengeluh tidak akan menghasilkan uang, justru malah bisa menghabiskan uang.

Ingat, mengeluh yang berlebihan membuat kita menjadi stres, dari stres tersebut bisa saja akan menimbulkan berbagai penyakit. Maka ketika kita sudah sakit, mau tidak mau harus berobat dengan biaya yang mungkin cukup mahal. Sehingga untuk mengihdari hal tersebut berhentilah untuk mengeluh.

4. Selalu Tanamkan Pikiran Positif

Apa yang kita lakukan tak kunjung mendapatkan hasil yang di harapkan, menjadi salah satu hal yang membuat kita harus mengeluh. Namun kita patut kembali mengingat bawah, tidak ada satu hal pun yang bisa di dapatkan dengan cara yang instan.

Semua harus melalui proses, apalagi jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Mengeluh saja hanya akan memperlambat kinerja kita untuk memperoleh hasil yang di harapakan. Maka cobalah selalu berpikir positif! Jalan pikiran bisa menentukan nasib seseorang.

5. Menata Lingkungan Baru

Kita sebenarnya bukan termasuk orang-orang yang mudah mengeluh, namun karena lingkungan kerja berbaur dengan orang-orang yang suka mengeluh, maka kita pun tertular. Maka cara terbaik adalah dengan keluar dari lingkungan tersebut dan mencari lingkungan baru yang di sisi orang-orang dengan penuh semangat bekerja.

Maka energi positif dari orang-orang tersebut akan masuk ke dalam jiwa kita. Lingkungan tersebut bukan hanya di kantor saja, bisa berupa komunitas di luar kantor, group alumni, kelompok diskusi, atau lainnya.

Baca Juga: Cara Ampuh Membuang Rasa Malas

6. Menyelesaikan Tugas Termudah

Setiap pekerjaan tentu ada salah satu tugas yang mungkin sangat sulit untuk di lakukan, hasilnya timbulah keluhan. Jika menemukan hal demikian maka cobalah untuk menyampingkan terlebih dahulu tugas tersebut dan mengerjakan tugas yang lebih mudah.

Itu lebih baik di bandingkan waktu yang ada habis hanya untuk mengeluh saja Dan membuat setiap tugas pekerjaan yang ada malah terbengkalai semua.

7. Gelap Pasti Berubah Menjadi Terang

Sebaik-baiknya seseorang menjalani hidup tentu saja akan ada dimana saatnya untuk mengeluh. Namun dibandingkan hanya mengeluh yang entah kapan habisnya, lebih baik mengambil sisi positifnya saja. Karena percayalah bahwa gelap tidak selamanya gelap, pasti akan muncul juga cahaya terang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker