Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa – Pada saat menjalankan ibadah puasa terkadang adanya bau mulut ini cukup sering terjadi. Karena biasanya selama berpuasa mulut dalam kondisi yang cenderung kering dan di tambah adanya bakteri pada mulut. 

Bau mulut yang di keluarkan akan membuat kita tidak pede atau tidak percaya diri. Apalagi ketika kita berinteraksi dengan seseorang atau client pada saat kita bekerja. Namun kita jangan khawatir karena hal tersebut tentu bisa di atasi, sehingga kita tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan mulut pun tetap sehat dan wangi.

Baca Juga: 5 Tips Sehat Agar Ibadah Puasa Tetap Lancar

Berikut ini Cara Sederhana Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa:

1. Selalu Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

Untuk bisa mengatasi bau mulut kita bisa menyikat gigi dan membersihkan mulut seperti yang kita lakukan sehari-hari. Ketika waktu berpuasa jangan lupa menyikat gigi pada saat setelah buka puasa dan sesudah makan sahur, hal ini di lakukan agar tidak tertinggalnya sisa-sisa makanan yang menjadi sarang berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut.

Jika memang diperlukan kita juga bisa menggunakan benang gigi atau dental floss agar nantinya membersihkan gigi bisa sampai sela-sela terkecil yang mungkin sulit di jangkau pada saat menyikat gigi.

Selain itu lidah pun perlu kita sikat agar tetap bersih dan tidak menimbulkan bau mulut atau nafas yang tidak segar. Kita bisa menyikatnya secara perlahan lembut secara memutar atau jika ada bisa juga menggunakan alat khusus pembersih lidah agar hasilnya lebih maksimal.

2. Meminum Air Dengan Cukup

Dalam keseharian kita di ajurkan untuk bisa meminum air secukupnya setidaknya 2 liter atau 8 sampai 10 gelas seharinya. Pada saat bulan puasa kita bisa melakukannya di saat sahur maupun berbuka puasa.

Hal ini selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi selama berpuasa bisa juga untuk mengurangi munculnya bau mulut selama berpuasa.

Air putih yang kita minum akan membantu produksi salvia atau air liur di dalam mulut menjadi meningkat sehingga hal ini dapat membantu menjaga kebersihan mulut.

3. Berkumur

Berkumur yang mungkin kita lakukan sehari-hari pun bisa membantu untuk mencegah terjadinya bau mulut. Karena hal ini membantu menyingkirkan kotoran atau bakteri yang biasanya tertinggal di mulut.

Namun saat kita menjalankan ibadah puasa pastikan melakukan kumur-kumur tidak berlebihan, agar mencegah terjadinya air kumur tertelan yang menyebabkan batalnya puasa.

Selain berkumur dengan air, kita juga bisa berkumur dengan mouthwash atau obat kumur. Namun perlu di perhatikan adalah kita harus memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol!.

Lebih baik pilih obat kumur yang memiliki kandungan antiseptik. Agar nantinya bisa membantu menjaga kebersihan mulut maupun menyingkirkan bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

4. Mengkonsumsi Teh Hijau

Dengan mengkonsumsi teh hijau yang di lakukan ketika berbuka puasa dan pada saat sahur ternyata juga memiliki khasiat ampuh untuk mencegah terjadinya bau mulut pada saat berpuasa.

Hal ini berkaitan dengan Kandungan polifenol atau zat antioksidan pada teh hijau yang mempunyai manfaat luar biasa untuk mengatasi bakteri maupun kuman yang terdapat pada mulut dan saluran pernafasan.

Kita bisa menyeduh teh hijau saat berbuka ataupun sahur, namun perlu di perhatikan adalah ketika menyeduhnya tidak perlu ditambahkan gula.

5. Makan-Makanan Segar

Makanan yang kita konsumsi akan berpengaruh pada bau mulut kita, jadi usahakan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur ketika berbuka maupun sahur. Karena hal ini sangat bagus juga untuk mencegah terjadinya bau mulut yang mengganggu. 

Kita juga bisa mengkonsumsi buah-buahan maupun sayuran yang mengandung kaya akan serat, contohnya semangka, melon, wortel, apel, bengkuang dan lainnya.

Baca Juga: Manfaat Kandungan Jeruk Lemon

6. Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi adalah menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Sehingga perlu kita perhatikan kebersihannya usahakan selalu periksakan kesehatan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, terutama untuk membersihkan karang gigi.

Dengan kita melakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin. Maka bisa mendeteksi sekaligus bisa mengobati berbagai masalah mulut, salah satunya bau mulut yang mengganggu.

Itulah Tentang Bagaimana Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa agar nafas kita tetap segar dan tidak menimbulkan bau mulut. Yang dapat mengganggu aktifitas kita pada bulan puasa ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *