5 Tips Sehat Agar Ibadah Puasa Tetap Lancar

5 Tips Sehat Agar Ibadah Puasa Tetap Lancar

5 Tips Sehat Agar Ibadah Puasa Tetap Lancar – Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan sudah menjadi kewajiban yang harus terpenuhi bagi setiap muslim. Pada saat menjalankan ibadah puasa tentu kita ingin menjalaninya dengan lancar tanpa adanya halangan apapun.

Selama berpuasa kita di haruskan untuk tidak makan maupun minum dari mulai terbitnya fajar sampai matahari terbenam. Maka dari itu agar ibadah puasa bisa lancar, menjaga kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting yang harus selalu di perhatikan.

Jika kita tidak memperhatikan daya tahan tubuh atau kesehatan kita selama menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus. Sudah pasti daya tahan tubuh akan menurun dan yang terjadi virus akan lebih mudah masuk kedalam tubuh. Akibatnya tubuh menjadi lemas atau mudah lelah dan mengakibatkan jatuh sakit.

Ketika sudah jatuh sakit, ibadah puasa yang kita jalani akan terganggu. Jadi di sinilah betapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadhan.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Berkah Bulan Ramadhan

Berikut 5 Tips Sehat Agar Ibadah Puasa Tetap Lancar:

1. Makan-Makanan Bergizi

Saat menjalankan ibadah puasa kita di haruskan tidak makan dan minum dari fajar sampai matahari terbenam. Oleh karena itu biasanya zat-zat pada tubuh akan meningkat dari biasanya. Sehingga bagi kita umat muslim harus banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar kebutuhan zat-zat pada tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

Contohnya kita bisa mengkonsumsi makanan pada saat sahur dan berbuka yang memang mengandung banyak protein agar energi tetap terjaga. 

Misalnya saja, berbagai macam sayuran, telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan. Kemudian agar lebih seimbang tambahkan dengan mengkonsumsi buah-buahan segar, selain sebagai penambah vitamin yang di butuhkan, buah-buahan pun baik untuk pencernaan agar etap lancar walau sedang berpuasa.

2. Minum Air Putih 

Agar terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh selama melakukan ibadah puasa, kita di anjurkan untuk bisa meminum air putih dengan cukup minimal 8 gelas.

Mungkin bisa kita terapkan dengan pola 242, yaitu dengan meminum 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa dan 2 gelas sebelum tidaur malam.

Dengan mengikuti pola tersebut maka kita sudah bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh yaitu delapan gelas untuk meminum air putih.

3. Istirahat Dengan Cukup

Pada umumnya ketika berada pada bulan puasa kita akan di sibukan oleh berbagai aktivitas seperti pagi hingga sore hari. Umumnya kita harus bekerja, khusunya di kantor, kemudian sore hingga malam hari akan ada ibadah tarawih, dan di sepertiga malam kita harus melakukan ibadah sahur untuk memulai ibadah puasa.

Namun dengan kesibukan dan padatnya aktivitas kita, bukan berarti kita tidak memperhatikan waktu istirahat. Karena tubuh kita pun membutuhkan istirahat yang cukup agar nantinya daya tahan tubuh tidak menjadi cepat lelah.

Usahakan sebaiknya kita bisa mengatur waktu agar aktivitas, beribadah dan waktu istirahat bisa berjalan dengan seimbang dan hasilnya puasa kitapun akan tetap lancar.

Baca Juga: 7 Manfaat Baik Berjemur Pada Pagi Hari

4. Berolahraga

Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa berolahraga akan membuat badan kita menjadi lemas, lelah dan pegal-pegal. Padahal kenyataannya dengan melakukan olahraga badan kita akan terasa lebih segar bugar dan daya tahan tubuh pun akan meningkat.

Namun, olahraga disini bukan olahraga yang berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti melakukan yoga, berjalan santai, bersepeda dan lainnya. Olahraga inipun akan sangat baik jika di lakukan rutin dipagi hari.

5. Jangan Asal Beli Makanan

Pada bulan puasa biasanya banyak sekali orang yang berjualan di pinggir jalan yang sering kita jumpai ketika kita pulang kerja atau menjelang berbuka puasa. Dan karena keadaan lapar dan makanan itu terlihat menggugah selera maka otomatis kita langsung membelinya.

Padahal sebetulnya dalam hal ini kita harus memperhatikan dari segi kebersihan dalam makanan tersebut, bagaimana jika makanan tersebut mengandung sumber penyakit.

Jadi tetaplah memilih makanan yang bersih dan sebelum membeli sebaiknya di perhatikan juga dari segi kebersihannya jangan karena nafsu dan lapar kita langsung bergegas membeli berbagai macam makanan tanpa memperhatikan hal-hal kesehatan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *