Hanya 3 Tips Cerdas Untuk Menghindari Krisis Keuangan

Hanya 3 Tips Cerdas Untuk Menghindari Krisis Keuangan

Hanya 3 Tips Cerdas Untuk Menghindari Krisis Keuangan – Yang mungkin sudah kita tahu dan rasakan bahwa untuk saat ini keadaan ekonomi di berbagai sektor sedang mengalami penurunan terjadinya krises ekonomi. Hal tersebut tentu karena di sebabkan wabah virus yang menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Dan kita pun tidak akan pernah tahu kapan masa pandemi ini akan berakhir. Meski pun memang semua orang sedang berupaya untuk bisa mengatasi wabah ini. Dampak nya kondisi ekonomi global pun akan mengalami krisis yang mungkin cukup panjang dan jangan sampai juga krisis keuangan ini di alami oleh kalian.

Maka dari itu untuk saat ini pentingnya bisa mengelola keuangan dengan cerdas dan cermat. Agar nantinya bisa menghindari berbagai masalah yang di timbulkan dalam krisis keuangan tersebut.

Baca Juga: Cashback Kartu Kredit Serta Pahami Manfaatnya

Tentang 3 Tips Cerdas Untuk Menghindari Krisis Keuangan:

1. Atur Kembali Pengeluaran Bulanan

Jika ingin mengelola keuangan menjadi lebih baik, maka yang harus di lakukan adalah bagaimana bisa mengatur pengeluaran yang ada. Karena pengeluaran adalah pos utama untuk dibenahi dalam keuangan agar bisa terhindar dari krisis keuangan. Selama ini mungkin kalian sudah memiliki sebuah anggaran untuk pengeluraan setiap bulannya.

Namun tentu kalian sudah tahu di masa pandemi sekarang akan ada perubahan kapan saja dari segi pemasukan. Jadi lebih baik kalian harus bisa mengkaji ulang anggaran pengeluaran yang ada. Jangan sampai nantinya menjadi kendala dalam keuangan kalian. Hanya karena tidak melakukan evaluasi pengeluaran yang telah berubah pada masa pandemi ini.

Dan mungkin saja kalian bisa lebih memperketat pengeluraan bulanan. Dengan mentiadakan hal-hal yang di rasa tidak perlu dan lebih memilah dan memilih hal-hal yang memang memiliki prioritas yang di butuhkan saja. Seperti kebutuhan dasar belanja bahan-bahan di dapur, biaya pendidikan keluarga, tagihan rutin bulanan air, listrik, dan mungkin yang lainnya. 

2. Selalu Siapkan Dana Darurat

Mempunyai dana darurat tentu sangat-sangat penting untuk menghindari krisis dalam keuangan terutama di masa pandemi saat ini. Namun memang menjadi hal yang tidak mudah apa lagi jika kalian belum pernah mempersiapkannya sama sekali. Maka dari itu penting bagi kalian segera memulainya untuk bisa menyiapkan dana darurat dari sekarang, apalagi jika memang kalian masih memiliki penghasilan yang bisa di andalkan.

Kalian bisa memasukan dana darurat ini sebagai prioritas pengeluaran bulanan yang harus terpenuhi setiap bulannya. Kalian bisa melakukannya secara bertahap saja tidak perlu sekaligus, yang terpenting selalu konsisten. Tentukan juga berapa nilai yang akan kalian simpan sebagai dana darurat ini, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jumlah kebutuhan atau tanggungan kalian. Dan usahakan simpan dana darurat ini di rekening tabungan terpisah, agar tidak tercampur dengan dana kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Lakukan Ini Untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi

3. Lunasi Hutang

Hutang bisa menjadi beban di kemudian hari, apalagi saat kalian sedang mengatur ulang konsep manajemen keuangan kalian di masa krisis saat ini. Jadi usahakan jangan biarkan hutang mengganggu ketenangan kalian, maka mulailah untuk melakukan pelunasan hutang yang ada di dalam sistem keuangan kalian.

Jika memang kalian memiliki hutang yang cukup besar, lebih baik kalian melakukan pelunasan hutang tersebut secara bertahap saja. Jangan langsung mengalokasikan seluruh uang tabungan atau dana darurat untuk melakukan pelunasan hutang. 

Usahakan kalian harus memiliki rencana pelunasan hutang yang besar ini selama beberapa bulan ke depan hingga akhirnya benar-benar bisa menyelesaikannya dengan baik. Saat hutang sudah lunas, maka kalian akan lebih leluasa kembali dalam mengelola keuangan kedepannya.

Kalian bisa cek kembali mana saja hutang yang paling mendesak yang memang segera harus di bayar dalam waktu dekat atau juga bisa mengkategorikannya berdasarkan jumlah beban biaya seperti melakukan pelunasan hutang yang menerapkan bunga yang besar terlebih dahulu, agar nantinya beban bunga dan biaya tidak membebani keuangan kalian. 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *