Lakukan Ini Untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi

Lakukan Ini Untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi

Lakukan Ini Untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi – Dampak besar yang ditimbulkan dengan kemunculannya virus covid-19 (corona virus) salah satunya adalah resesi. Yang membawa dampak besar dalam kehidupan ekonomi banga kita.

Dari sisi sektor industri yang lesu akibat adanya pembatasan kegiatan kerja menimbulkan tingginya gelombang PHK di beberapa wilayah. Selain itu ini menimbulkan sulitnya untuk bisa mendapatkan peluang mendapatkan pekerjaan baru untuk bebrapa waktu kedepannya.

Dari dampak yang terjadi lalu mau tidak mau para pengusaha dan pembisnis harus menekan biaya produksi. Termasuk salah satunya adalah dengan mengurangi atau memotong sebagian besar gaji karyawannya. Ini memuat sebagian orang merasa terpuruk dan tidak mudah untuk dijalani ditambah  masih belum jelas kapan akan berakhirnya. 

Cara lain yang bisa di lakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan dengan terjun ke dunia bisnis akan menjadi pilihan yang tepat. Apa lagi jika kalian termasuk orang yang terkena imbas dari resesi ekonomi ini, karena apapun yang terjadi di luar sana kita harus tetap bisa berusaha untuk mendapatkan penghasilan. Apa lagi jika kita memang memiliki tanggungan di dalam keuangan dan harus menghidupi keluarga.

Tidak perlu menjalankan bisnis yang rumit dan memiliki sekala besar yang membutuhkan modal besar, kalian cukup bisa memulai dengan bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Dan ingat kalian harus tetap semangat dan memulai rencanakan bisnis ini dari sekarang agar bisa mendapatkan rencana yang matang. 

Baca Juga : Lakukan 4 Hal Ini Agar Presentasi Berjalan Dengan Lancar

Cara dan tips untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi yang perlu kalian lakukan :

1. Pahami Prinsip Bisnis, Passion Atau Desakan Ekonomi

Jika kalian ingin memulai sebuah bisnis, maka yang kalian harus lakukan adalah memahami terlebih dahulu dengan jelas alasan dan tujuan kalian ingin melakukan bisnis tersebut. Dalam hal dasar biasanya ada 2 yang bisa menjadi prinsip seseorang dalam membangun sebuah bisnis yaitu passion (gairah) atau kondisi dari desakan ekonomi.

Silakan kalian pastikan dan pahami dengan baik kalian berada di posisi yang mana, hal ini dilakukan agar kalian bisa lebih mudah untuk bisa memaksimalkan langkah kalian untuk bisa sukses dalam bisnis tersebut. Jika kalian lebih yakin bisnis adalah passion, maka sudah di pastikan kalian akan bisa menikmati proses membangun sebuah bisnis ini dengan lebih nyaman. Kalian mungkin sudah siap menghadapi berbagai tatangan, bahkan yang sulit sekalipun. 

Disini kalian harus sudah memastikan dan memahami dibidang apa passion kalian. Kemudian manfaatkan hal tersebut untuk bisa memulai menjalankan bisnis tersebut. Namun jika kalian menjalankan bisnis ini karena desakan ekonomi maka kalian pun harus tetap bisa menikmati proses bisnis tersebut dengan cara yang menyenangkan. Usahakan rencana yang kalian buat dengan matang, agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan sukses kedepannya.

2. Harus Punya Mental Kuat

Segala sesuatu yang kita jalani tentu membutuhkan sebuah proses dan waktu yang tidak singkat begitupun dengan sebuah bisnis. Dan kita pun akan di tuntut harus siap untuk bisa melewati banyak kegagalan agar bisa berbuah kesuksesan. Karena pada dasarnya kegagalan adalah kunci dari kesuksesan asalkan kita mau belajar dari kegagalan tersebut dan berusaha selalu memperbaikinya.

Ingat! semua orang sukses di dunia ini pasti pernah mengalami kegagalan. Artinya, kalian harus memiliki mental yang kuat sejak awal untuk membangun dan memulai sebuah bisnis. Membangun bisnis memang tidak mudah, bahkan ketika kalian sekali pun sudah merencanakannya dengan matang-matang sejak awal. Kegagalan demi kegagalan akan tetap kalian alami secara berulang, sebelum akhirnya bisnis kalian bisa mulai berjalan dengan stabil. 

Jangan pernah menyerah dari kegagalan tersebut, bisnis akan berhasil jika kalian siap untuk gagal dan selalu mampu untuk bangkit dari setiap kegagalan tersebut. Inilah pentingnya punya mental yang kuat dan tangguh ketika akan memulai sebuah bisnis dari nol.

Baca Juga: Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal Dengan Tips Ini

3. Hilangkan Rasa Malu Dan Gengsi

Jika kalian sebelumnya mempunyai status pegawai yang cukup sukses di kantor kalian dan kalian tidak pernah membayangkan sebelumnya. Jika kalian harus membuka sebuah warung makan di depan rumah kalian maka pemikiran seperti ini harus kalian hilangkan jauh-jauh untuk bisa memulai sebuah bisnis apalagi di masa resesi.

Rasa malu dan gengsi yang timbul pada diri kalian harus kalian hilangkan. Selama pekerjaan yang kalian jalankan tersebut halal apalagi jika hal tersebut kalian sukai sejak awal. Kalian harus membuat diri senyaman mungkin dan tidak perlu memikirkan apapun pandangan orang lain tentang bisnis yang kalian jalanan. Jadikan bisnis kecil kalian menjadi sesuatu yang kalian banggakan, apalagi jika nanti kalian bisa sukses dalam bidang tersebut.

4. Modal

Memiliki modal memang hal yang sangat penting dalam memulai sebuah bisnis. Namun tidak pelu menjadi alasan untuk kalian tidak memulai bisnis tersebut. Jika kalian sudah mempunyai rencana yang matang-matang namun terkendala dengan modal, kalian bisa terlebih dahulu meminjamnya kepada kerabat atau teman kalian. Namun hal tersebut jika dirasa kurang nyaman, kalian bisa mengajukan pinjaman yang kini sudah lebih mudah didapatkan. 

Kalian tidak perlu mendatangi langsung untuk bisa mengajukan pinjaman modal tersebut karena beberapa jasa memang sudah menyediakan layanan berbasis online yang terbilang sangat mudah dan tidak memiliki persyaratan yang rumit. Namun tetap kalian harus cermat dan tepat dalam memilih sumber pinjaman modal tersebut, agar kalian tidak sampai mengalami masalah di kemudian hari.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *