Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal Dengan Tips Ini

Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal Dengan Tips Ini

Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal Dengan Tips Ini – Pada saat kita berencana untuk memulai sebuah bisnis pikiran kita otomatis akan mengeluarkan bayangan-bayangan atau pertanyaan rasa takut, entah itu bagaimana jika tidak laku?, nanti malah rugi, bisa-bisa enggak balik modal dan bagaimana jika bangkrut?.

Perasaan takut tersebut tentu akan terus membayangi dalam diri jika tidak kita lawan. Dan hasilnya jika kita tetap berada dalam bayang-bayang tersebut kita tidak akan pernah berani memulai bisnis.

Jika kita memang ingin memulai bisnis dan menjadi orang yang berhasil dan sukses maka yang harus kita lakukan adalah dengan membuang jauh-jauh perasaan takut tersebut. Berikut beberapa cara untuk,

Baca Juga : Lakukan Ini Untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi

Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal Dengan Tips Ini

1. Buat Konsep Secara Simpel Tetapi Detail

Jika kita ingin belajar maka kita harus memulainya dari langkah yang paling mudah dan tidak rumit begitupun dengan bisnis, jika ingin memulai sebuah bisnis usahakan dari yang mulai simpel-simpel terlebih dahulu. Mulailah dengan kita memulai memiliki sebuah gambaran jelas tentang bisnis tersebut. Maka dengan hal tersebut kita bisa mengelola bisnis terebut dengan mudah sesuai gambaran yang sudah kita rencanakan.

Contohnya jika kita ingin memulai bisnis kuliner karena memang kita atau keluarga kita ada yang jago memasak. Mulailah dengan menentukan apa makanan atau minuman nanti yang akan di jual. Jika di lingkungan kita belum banyak warung nasi atau malah tidak ada dan kita tertarik ingin membukannya.

Lalu tentukan target pemasaran, tempat usaha dan designnya. tentukan juga suplier untuk pemasok bahan pangan yang murah, untuk pemasaran kita bisa tentukan hanya berjualan secara offline atau online juga. Intinya awali konsep bisnis dengan sederhana saja, dan buang jauh-jauh rasa takut apa pun itu. Jika kita tidak mencoba maka kita tidak akan tahu hasilnya.

2. Menghitung Besarnya Modal

Selain konsep modal juga salah satu hal utama yang harus di miliki untuk bisa memulai sebuah usaha bisnis. Namun terkadang rasa takut juga akan mucul ketika membayangkan jika modal tersebut tidak sedikit. Maka dari itu agar menjadi lebih pasti sebaiknya dengan menghitung terlebih dahulu modal yang nanti di perlukan.

Usahakan menghitungnya secara terperinci, jika kalian ingin menyewa tempat usaha maka hitunglah besarnya biaya sewa tersebut, lalu biaya produksi, gaji karyawan jika memang nanti kalian akan merekrut orang, biaya peralatan, sampai menyiapkan dana cadangan darurat.

Dengan kalian mendapatkan gambaran besar modal usaha bisnis tersebut setidaknya kalian bisa mengetahui berapa total biaya yang harus disiapkan. Dan bagaimana cara mendapatkannya entah dari tabungan pribadi, mengajukan pinjaman ke bank, meminjam ke pijaman online fintech atau sumber-sumber lainnya. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Walaupun Belum Mendapatkan Pekerjaan Tetap

3. Cari Tahu Kebutuhan Konsumen

Mencari tahu apa saja kebutuhan yang diminati dan disukai konsumen tentu saja menjadi keuntungan tersendiri untuk kalian, sehingga nanti kalian bisa menyiapkan apa saja produk yang akan kalian pasarkan terhadap konsumen tersebut. Dengan adanya hasil riset tersebut, kalian dapat lebih percaya diri memulai usaha bisnis tersebut.

4. Lakukan Dengan Action

Jika semua konsep, modal dan riset telah kalian perhitungkan secara matang, maka hal yang penting adalah kalian harus langsung melakukan eksekusi jangan terlalu berpikir panjang, jika kalian banyak berpikir yang ada rasa takut akan muncul kembali. Dan jika tidak ada action hanya pikiran saja maka usaha bisnis kalian tidak akan pernah ada.

5. Menjadi Reseller Bisnis Lain

Alternatif yang lain jika kalian memang tidak mampu menjalankan semuanya namun kalian tetap ingin memulai sebuah usaha atau bisnis cobalah untuk menjadi Reseller.  Ini adalah bentuk dari menjual produk orang lain tanpa perlu adanya modal namun kalian bisa mendapatkan penghasilan dari hasil jualan tersebut.

Jika kalian mau berusaha apapun yang kalian lakukan pasti akan berbuah hasil yang baik dan memuaskan, yang terpenting jangan mudah menyerah dan malas untuk bisa memulai melakukan sesuatu perubahan dalam hidup.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *