Menjadi Freelancer, Lakukan Ini Agar Tak Mengganggu Pekerjaan Utama

Menjadi Freelancer, Lakukan Ini Agar Tak Mengganggu Pekerjaan Utama

Menjadi Freelancer, Lakukan Ini Agar Tak Mengganggu Pekerjaan Utama – Ada beberapa faktor yang biasanya mengharuskan seseorang untuk memulai melakukan sebuah pekerjaan sampingan atau sering di sebut sebagai freelancer. Salah satu faktor tersebut adalah ketika upah atau gaji yang mereka dapatkan dari pekerjaan utama belum cukup untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup.

Maka dari itu solusi yang di ambil biasanya mencari pekerjaan sampingan, menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas, yang mungkin jika sama-sama di tekuni akan lumayan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, biasanya untuk menjalani dua pekerjaan akan sulit di lakukan dan biasanya akan mengorbankan waktu luang yang ada.

Maka dari itu agar kedua pekerjaan yang di jalani tersebut berjalan dengan lancar dan tidak mengganggu pekerjaan utama ikuti beberapa: 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Walaupun Belum Mendapatkan Pekerjaan Tetap

Tips Sukses Menjadi Seorang Freelancer

Sebelum memulai beberapa tipsnya ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu Apa Itu Freelancer? Ini adalah sebutan bagi orang yang memiliki sebuah pekerjaan namun pekerjaan tersebut waktunya dapat di atur sendiri dan tidak sama dengan pekerja umum lainnya yang bekerja 8 jam dalam sehari. Menjadi Freelancer, Lakukan Ini Agar Tak Mengganggu Pekerjaan Utama:

1. Melakukan Pekerjaan Sepulang Dari Kantor (Pekerjaan Utama)

Jika kalian memulai melakukan dua perkejaan utama dan sebagai seorang freelancer maka kalian pun harus siap untuk membuang waktu buat bersantai. Karena melakukan pekerjaan sebagai freelancer pun terkadang harus siap di hadapkan pada deadline yang mepet.

Contohnya saja jika pekerjaan utama kalian yang mengharuskan pulang sore atau malam, di lanjutkan dengan pekerjaan sampingan. Freelancer sebagai penulis konten di suatu perusahaan yang menargetkan 40 tulisan dalam satu bulan. Jika hal tersebut tidak di cicil setiap harinya maka kalian pun akan keteteran. 

Oleh karena itu, kalian bisa melakukan pekerjaan sebagai freelancer sepulang dari kantor atau menjelang tidur, dan pastikan juga kalian sudah istirahat sejenak seperti mandi, makan dan lainnya yang membuat badan dan otak menjadi fresh. Atau kalian bisa membuat sebuah taget sendiri seperti apa nantinya yang membuat pekerjaan utama dan freelancer berjalan dengan lancar.

2. Memulai Hari Lebih Awal

Jika di rasa hal diatas tidak sanggup kalian lakukan karena mungkin saja capek dan mengantuk ketika malam hari, maka kalian pun bisa melakukannya pada pagi hari sebelum melakukan pekerjaan utama atau berangkat ke kantor. Maka dari itu cobalah untuk memulai hari lebih awal atau bangun pagi.

Misalnya saja kalian berangkat kekantor jam 8 pagi, kalian bisa memulai bangun jam 4 atau waktu subuh untuk mengerjakan pekerjaan sebagai freelancer. Setelah mencicil target, kalian bisa bergegas pergi kekantor, di awal mungkin dirasa akan dikejar-kejar waktu. Namun jika sudah terbiasa hal tersebut akan biasa dan bisa menikmati dua pekerjaan tanpa hambatan.

3. Hidari Melakukan Pekerjaan Sampingan Dikantor

Melakukan pekerjaan sampingan tentu ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Tanpa mengganggu pekerjaan utama apalagi merusaknya, maka dari itu tetap dahulukan pekerjaan utama.

Jadi usahakan melakukan pekerjaan sampingan tersebut tidak di kantor. Selain membuat kalian tidak fokus pada pekerjaan utama ada beberapa peraturan dari kantor atau atasan yang melarang melakukannya. Jika ketahuan akan menjadi masalah besar.

Maka dari itu meskipun ada beberapa waktu luang di kantor sebaiknya tetap tidak melakukan pekerjaan sampingan tersebut. Agar kalian tetap memiliki kesan profesionalitas. Saat berada di kantor atau melakukan pekerjaan utama fokuskan saja pikiran kalian kepada hal tersebut. Tetap buat pekerjaan utama menjadi terbaik.

Baca Juga: 5 Hal Yang Harus Dipikirkan Ketika Jenuh Dengan Pekerjaan

4. Memanfaatkan Akhir Pekan

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya melakukan dua pekerjaan akan membutuhkan waktu lebih, dan mau tidak mau waktu libur akhir pekan kalian pun harus digunakan untuk bekerja. Di tambah lagi jika memang target kalian sebagai freelancer sudah sangat mepet langkah terbaik mencicil target tersebut di waktu saat weekend atau libur dari waktu pekerjaan utama.

5. Penting! Tetap Jaga Kesehatan

Meskipun menjalani dua pekerjaan akan menyita waktu dan energi kalian, kondisi kesehatan pun harus tetap di jaga jangan sampai kalian kelelahan  dan jatuh sakit karena menjalani dua pekerjaan tersebut. Di sinilah kalian harus mempunyai kemampuan untuk membagi waktu agar pekerjaan utama dan sampingan bisa berjalan dengan selaras. 

Itulah 5 Cara Sukses Menjadi Seorang Freelancer yang mungkin bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan ingat kesehatan tetap yang paling utama, karena jika kalian jatuh sakit kedua pekerjaan tersebut tidak mungkin dapat di selesaikan dengan baik.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *