Terkena PHK tiba-tiba! Ini Cara Bertahan Hidup Dan Dapat Kerjaan Baru

Terkena PHK tiba-tiba! Ini Cara Bertahan Hidup & Mendapat Kerjaan Baru. Kita tahu bahwa saat ini kondisi penyebaran covid-19 kembali meningkat. Ini di karenakan munculnya varian baru dari virus tersebut. Hal ini pun megakibatkan kondisi ekonomi kembali terkena imbas nya.

Banyak orang harus kehilangan pekerjaan dan pengurangan pendapatan seperti PHK, gaji di kurangi dan hal lain sebagainya. Apakah mungkin kita salah satunya?, jika memang hal tersebut terjadi, maka kita harus mampu menghadapinya.

Bagaimana bisa agar kebutuhan hidup bisa terpenuhi, sampai mendapatkan pekerjaan baru. Hal yang harus di lakukan tentunya adalah dengan mengatur pengeluaran keuangan secara ketat. Simak beberapa tips dan caranya:

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Walaupun Belum Mendapatkan Pekerjaan Tetap

Cara Bertahan Hidup Saat Terkena PHK tiba-tiba Dan Agar Diterima Kerja Kembali

Terkena PHK tiba-tiba! Ini Cara Bertahan Hidup & Mendapat Kerjaan Baru

1. Mengelola Pengeluaran Secara Ketat

Pengeluaran merupakan satu hal penting untuk bisa di atur setelah terjadinya PHK. Meskipun mungkin kita mendapatkan pesangon atau memiliki dana darurat, kita tentu harus tetap irit dalam menggunakan uang. Jika bisa cek kembali anggaran yang sudah di buat khususnya pada anggaran pengeluaran.

Misalnya saja jika menemukan anggaran yang masih bisa di tunda, kita bisa menghapusnya dari anggaran tersebut. Intinya kita harus lebih mengutamakan pengeluaran yang memang wajib. Seperti contohnya kebutuhan pokok, bayar cicilan, dana darurat sampai kesehatan.

Untuk sementara kita harus memperketat pengeluaran sampai memang nantinya kita mendapatkan pekerjaan baru yang menjadikan keuangan kita menjadi kembali stabil.

2. Mencari Pemasukan Tambahan

Pada saat tidak bekerja tentu saja kita tetap membutuhkan pemasukan, maka dari itu di sini kita perlu menghilangkan gensi sejenak. Lakukanlah pekerjaan apapun yang penting halal. Karena meskipun kita terkena PHK namun perut harus tetap di beri makan, cicilan harus di bayar, tagihan listrik dan air, jika menunggak tentu saja bisa menjadi fatal.

Artinya jika kita memang belum mendapatkan pekerjaan tetap seperti dulu, cobalah untuk menjadi pekerja paruh waktu atau freelance. Atau lakukan apapun yang kita bisa lakukan untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Minimal agar bisa memenuhi kebutuhan satu hari saja sudah cukup, apalagi jika sudah berkeluarga hal ini sangat penting dilakukan.

3. Menghemat Budget Makan

Agar keuangan cukup, cobalah untuk lebih menghemat budget makan. Berhemat di sini bukan seperti kita harus makan mie instan terus-terusan selama belum dapat pekerjaan. Karena makan merupakan kebutuhan penting yang harus tetap di lakukan.

Berhemat misalkan yang tadinya sehari makan 3 kali, kini bisa di kurangi menjadi sehari 2 kali. Atau jika sebelumnya makan dengan lauk yang mewah sekarang pilih yang lebih sederhana. Lebih bagus dan hemat bisa memasak sendiri di rumah tidak beli yang sudah jadi.

4. Jual Atau Menggadaikan Barang Yang Bernilai

Saat situasi seperti ini mungkin akan banyak yang berpikir untuk melakukan pinjaman uang. Namun usahakan untuk menghindari hutang dan berurusan dengan pihak lain. Karena jika berhutang akan di tagih ketika tanggal jatuh tempo telah tiba.

Jika memang sudah mepet cara alternatifnya untuk mendapatkan bantuan dana adalah dengan menggadaikan atau menjual barang-barang yang berharga. Ini dirasa bisa lebih bertanggung jawab dan aman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lebih baik kita kehilangan barang berharga. Dibandingkan harus di kejar-kejar penagih hutang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stres Bekerja Dibawah Tekanan Dan Banyak Target

5. Sesering Mungkin Kirim Lamaran Kerja

Dengan Terkena PHK tiba-tiba mungkin kita belum mempersiapkan segala sesuatunya, misalnya saja pekerjaan pengganti. Dan otomatis pemasukan perbulan pun akan berkurang sedangkan biaya kebutuhan terus berjalan. Maka dari itu setelah di PHK tiba-tiba lebih baik jangan berlama-lama berdiam diri.

Segera buat surat lamaran dan mengirimnya ke beberapa perusahaan. Karena saat pandemi tidak semua perusahaan menutup rekrutmen pasti selalu ada perusahaan yang membuka lowongan. Kita bisa mengirim surat lamaran melalui online maupun menanyakannya ke orang lain.

6. Tetap Sabar Dan Positif Ketika Terkena PHK tiba-tiba

Kita tahu bahwa masa pandemi ini menjadi sebuah ujian terbesar seluruh masyarakat dunia. Artinya bukan kita sendiri dan bangsa indonesia sendiri yang terkena dampaknya. Kita harus tetap ingat bahwa setiap masalah dan ujian pasti akan ada jalan keluar dan bisa selesai.

Mungkin kita saat ini berada di titik roda yang paling bawah. Namun ingat roda tersebut akan terus dan pasti berputar. Sehingga kesabaran dan pikiran positif tetap harus ada dalam kehidupan kita. Dan yakinlah suatu saat kita bisa sukses dalam berkarier maupun dari sisi keuangan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *