Punya Kartu Kredit? Lakukan Ini Agar Keuangan Tetap Aman

Punya Kartu Kredit? Lakukan Ini Agar Keuangan Tetap Aman

Punya Kartu Kredit? Lakukan Ini Agar Keuangan Tetap Aman – Di zaman yang modern dan maju seperti sekarang adalah adanya kemudahan dalam melakukan pembayaran dalam transaksi apapun baik online maupun offline, Contohnya saja dengan adanya fasilitas kartu kredit. Menjadi alat pembayaran yang mudah di gunakan dan mampu meringankan beban pengeluaran sebesar apapun untuk di gunakan dalam berbelanja.

Kartu kredit merupakan salah satu produk keuangan yang wajib di miliki bagi sebagian masyarakat khususnya kalangan menengah keatas. Bukan hanya memudahkan dalam bertransaksi. Kartu kredit juga dapat memberikan keuntungan tambahan seperti adanya promo diskon, cashback, cicilan dengan bunga 0% dan masih banyak lainnya.

Maka dari itu semakin banyaknya masyarakat yang mengajukan untuk bisa membuat atau memiliki fasilitas kartu kredit tersebut. Namun masalahnya adalah jika kita tidak bisa mengontrol atau kurang bijak dalam memanfaatkan fasilitas kartu kredit tersebut. Akan membuat kita malah terjerat banyaknya hutang di kemudian hari.

Baca Juga : Cashback Kartu Kredit Serta Pahami Manfaatnya

Punya Kartu Kredit? Lakukan Ini Agar Keuangan Tetap Aman:

1. Pahami Bahwa Kartu Kredit Adalah Hutang

Pada saat kita menggunakan layanan fasilitas kartu kredit sebenarnya uang yang kita gunakan bukanlah uang kita pribadi. Lebih tepatnya kita meminjam ke bank penerbit kartu kredit dengan cara yang instan dan di kemas secara praktis agar bank tersebut melakukan pembayaran terlebih dahulu atas transaksi yang kita lakukan. 

Maka dari itu tentu kita harus mengembalikan uang yang telah kita pinjam. Dengan cara bank penerbit kartu kredit akan menagihkan setiap bulannya atas transaksi yang kita lakukan. “Jadi yang harus kalian ingat saat menggunakan kartu kredit adalah kalian sedang berhutang dan hutang harus di bayar”.

2. Pahami Kartu Kredit Bukan Kartu Debit Yang Bisa Digunakan Untuk Tarik Tunai

Ternyata kartu kredit bukan hanya bisa menjadi alat pembayaran atas transaksi yang kita lakukan. Tetapi juga memiliki fitur seperti layaknya kartu debit yaitu menyediakan fasilitas tarik tunai untuk mendapatkan uang tunai atau cash.

Namun berbeda halnya dengan kartu debit jika kita melakukan tarik tunai dengan kartu kredit. Maka tentu saja ada beban bunga dan biaya yang harus kita bayarkan dan tentu saja itu tidak kecil.

Biasanya bunga yang di bebankan adalah 4% dari total penarikan tunai yang kita lakukan belum lagi biaya lainnya. Maka dari itu sebagiknya hindari fasilitas ini jika kita memang tidak dalam keadaan yang benar-benar terdesak untuk melakukannya. Selalu ingat karena saldo di dalam kartu kredit yang kita miliki adalah bukan uang pribadi kita dan akan ada penagihan setiap ada transaksi yang di lakukan.

3. Menyesuaikan Tanggal Tagihan Dan Lunasi Tepat Waktu

Atas transaksi pinjaman yang kita lakukan dalam menggunakan kartu kredit tentu saja ada waktu penagihan pembayaran biasanya akan di tagihkan setiap bulannya. Nah agar memudahkan kita untuk melakukan pembayaran ada baiknya bisa menyesuaikan tanggal tagihan dengan waktu kita gajian.

Biasanya setelah billing tagihan kartu kredit sudah di cetak, akan ada jangka waktu selama 15 hari sebelum tanggal jatuh tempo atas pembayaran tagihan kartu kredit kita. Ingat sebaiknya pembayaran dapat di lunasi tepat waktu dan tidak melebihi tanggal jatuh tempo. Agar tetap aman dan terhindar dari bunga dan denda keterlambatan yang akan di bebankan nantinya.

Baca Juga: Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

4. Pilih Promo Yang Benar-Benar Dibutuhkan Saja

Selain mudah di gunakan kartu kredit pun akan menawarkan banyak promo-promo. Hal tersebut di lakukan tentu saja agar banyak masyarakat yang menggunakan kartu kredit tersebut. Namun hal inilah yang akan menjadi masalah nantinya. Jika kita tidak bisa mengontrol penggunan karena selalu melakukan transaksi yang alasannya sedang ada banyak promo tentu saja kita pun harus siap untuk membayarkan tagihan nantinya.

Hal inilah yang menyebabkan pengeluaran bulanan kita semakin tinggi, sebetulnya aman jika kita sanggup membayar namun hal yang berbahaya adalah jika kita tidak sanggup membayar nantinya malah akan menjadi beban keuangan. Jadi tetap harus cerdas dalam menggunakan kartu kredit jika ada banyak promo.

5. Batasi Penggunaan Agar Tidak Mendekati Limit

Sebaiknya gunakan kartu kredit hanya jika memang kita berada pada posisi yang mendesak dan kepepet karena memang sudah tidak ada lagi dana atau tabungan pribadi kita.

Usahakan jangan selalu mengandalkan kartu kredit atas apapun transaksi pembayaran yang akan kita lakukan apa lagi jika penggunaan nya mendekati limit, ini di lakukan agar terhindar dari hal yang tidak terduga nantinya.

Karena pada dasarnya kartu kredit layaknya pisau bermata dua yang artinya kartu kredit bisa menjadi penyelamat dan bisa juga menjadi penyebab masalah keuangan kita nantinya.

Tergantung bagaimana cara kita menyikapi dalam penggunaannya, jadi lakukan ini agar keuangan tetap aman dalam memanfaatkan fasilitas kartu kredit.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *