Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit – Hal utama yang di tawarkan kartu kredit kepada penggunanya adalah kemudahan, karena tentu semua orang ingin hal-hal yang mudah dan cepat. Itulah mengapa kartu kredit sering kali digunakan sebagian orang terutama kalangan menengah ke atas sebagai alamat pembayaran.

Selain menawarkan kemudahan tentu saja kartu kredit pun menawarkan segudang promo dan diskon. Itulah salah satu cara bagaimana sebuah bank untuk dapat menarik banyak pengguna dari kartu kredit tersebut.

Namun dengan adanya kemudahan dan banyak nya diskon dan promo yang di tawarkan banyak orang akhirnya terlena dan menjadi kebiasaan untuk menggunakan kartu kredit tersebut. Yang pada akhirnya membuat penggunanya terjerumus kedalam hutang tagihan yang menumpuk bahkan tagihan yang di dapat lebih besar dari penghasilannya.

Yang pada akhirnya membuat pengguna tidak mampu untuk membayarkan tagihan tersebut dan menjadi hutang yang terus bertambah. Sebenarnya kartu kredit memang bisa mempermudah hidup dan membuat keuangan penggunanya jauh lebih baik asalkan penggunanya bisa mengelola dengan Bijak.

Baca Juga : Wajib Baca! Buat Yang Baru punya Kartu Kredit

Bagaimana Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

1. Memiliki Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Hal yang biasa di lakukan oleh bank penerbit kartu kredit adalah dengan membuat kerja sama antar merchant, e-commerce, supermarket, restoran, hotel dan tempat-tempat wisata. Entah itu adanya potongan harga, diskon cicilan 0% atau pun cashback yang bisa di dapatkan.

Nah hal tersebut tentu bisa menjadi keuntungan buat para penggunakanya. Jadi sebaiknya kalian pilih kartu kredit yang memang sesuai dengan kebutuhan atau gaya hidup kalian. Contohnya saja jika kalian hobi jalan-jalan pilihlah kartu kredit yang bekerja sama dengan pihak travel. Atau jika kalian suka berbelanja online pilihlah kartu yang memang bekerja sama dengan situs-situs jual-beli online.

2. Tidak Memiliki Lebih Dari 2 Kartu Kredit

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya kartu kredit akan memberikan kemudahan bagi penggunananya. Numun tetap kalian harus perhatikan dampak kedepannya karena tidak selalu keuangan tetap aman. Jadi sebaiknya usahakan memiliki kartu kedit tidak lebih dari 2, lebih bagus hanya 1 kartu kredit. Agar ketika muncul tagihan cuma memikirkan satu tagihan atau 2 tagihan tidak lebih.

Dan biasanya pengguna kartu kerdit yang memiliki lebih dari 2 akan berpotensi membuat keuangan berantakan dan tidak sehat, akibat penggunaan nya yang tidak bijak.

3. Mengatur Limit Kartu Kredit

Inilah gunanya memiliki hanya 2 kartu kredit agar kalian bisa mengatur limit penggunaannya dan dengan mudah untuk bisa memahami dengan kemampuan dan kebutuhan kalian. Karena seharunya 2 kartu kredit saja sudah cukup untuk bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidup atau pun gaya hidup selama kalian bisa dengan bijak mengaturnya.

Tips nya adalah agar kalian tidak kebablasan dalam menggunakan kartu kredit adalah dengan bisa mengatur salah satu kartu kredit memiliki limit yang kecil dan kartu kredit lainnya memiliki limit yang besar. Untuk kartu kredit dengan limit yang besar usahakan gunakan hanya untuk kebutuhan yang sifatnya memang urgent dan mendesak yang memang membutuhkan dana biaya yang besar. Semoga dengan ini kalian bisa mengatur pengeluaran dengan lebih baik dan lebih bijak. 

Baca Juga : Punya Kartu Kredit? Lakukan Ini Agar Keuangan Tetap Aman

4. Tentukan Budget Pemakaian

Pada umumnya setiap kartu kredit akan memiliki limit yang sudah di tentukan oleh pihak bank. Nah usahakan dari besar limit tersebut kalian tidak menggunakannya sampai habis. Karena besarnya limit yang di berikan oleh pihak penerbit kartu kredit bukan menjadi tolak ukur bahwa kalian harus menggunakannya di angka tersebut dan sampai habis.

Contohnya jika pihak penerbit kartu kredit memberikan limit 6 juta, ushakan kalian hanya menggunakan nya 4- 5 juta saja. Sebab jika kalian menggunakan nya lebih dari limit yang telah di tentukan otomatis kalian akan di kenakan denda dan menambah beban tagihan nantinya.

5. Pikirkan Matang-Matang Sebelum Berbelanja

Dalam hal berbelanja biasanya memang adanya dasar karena kebutuhan atau keinginan, Namun tidak semua keinginan kalian tersebut adalah kebutuhan kalian. Maka dari itu sebelum melakukan transaksi berbelanja menggunakan kartu kredit di harapkan kalian pikirkan dengan matang-matang agar kalian tidak menjadi konsumtif dan boros. Karena tidak jarang orang yang memiliki kartu kredit menggunakanya untuk berbelanja barang yang sebetulnya tidak benar-benar dibutuhkan.

Kartu kredit layak nya pisau bermata dua yang kadang bisa membatu keuangan kalian dan bisa juga malah menjerumuskan kalian kedalam jurang hutang. Hal itu tergantung bagaimana kalian mengelola nya. Jadi tetaplah bijak dalam menggunakannya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *