Masih Jadi Pengangguran? Coba Terapkan Cara Ini Agar Cepat Dapat Kerja

Masih Jadi Pengangguran? Coba Terapkan Cara Ini Agar Cepat Dapat Kerja. Bagi sebagian orang mungkin untuk mendapat pekerjaan bukan hal yang mudah. Terutama jika pekerjaan yang diinginkan bisa sesuai passion. Jumlah pesaing pelamar kerja tidak sedikit, itulah penyebab kenapa seseorang terkadang gagal melamar kerja di suatu perusahaan.

Ditambah lagi ketika masa pandemi sekarang ini, jumlah pelamar kerja terus meningkat drastis. Karena banyaknya PHK atau pun pemecatan karyawan, terlebih lagi semakin banyak fresh graduate yang baru lulus saat ini.

Walaupun terasa berat dalam melamar pekerjaan atau mendapat pekerjaan, kita tidak boleh mudah untuk putus asa dan harus tetap berusaha. Karena tentu saja masih banyak jalan menuju roma. Agar kita bisa bersaing dengan pelamar-pelamar kerja lain dan cepat mendapat kerja, menjauhkan kata Masih Jadi Pengangguran yuk coba terapkan cara ini!.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Sibuk Bekerja? Simak Caranya

Cara Cepat Dapat Pekerjaan, Dengan Melakukan Ini!

Masih Jadi Pengangguran? Coba Terapkan Cara Ini Agar Cepat Dapat Kerja

1. Benahi CV Kalian! Buat Semenarik Mungkin

Salah satu yang wajib kita perkenalkan ketika ingin melawar pekerjaan tentu saja adalah CV. Jadi pastikan kita sudah membuat atau memiliki CV yang menarik. Dalam artian, CV yang sudah kita buat mengandung data yang lengkap. Mulai dari riwayat pendidikan, kemampuan yang di miliki, daftar organisasi, sertifikat, sampai pengalaman-pengalaman lainnya.

CV merupakan modal utama yang bisa meloloskan kita kepada tahap rekrutmen selanjutnya. Namun, bukan hanya lengkap saja. Usahakan apa yang di tulis di CV berdasarkan sesuai fakta yang ada. Tidak mengarang atau menambah-nambahkan, jika ketahuan tentu saja akan menjadi bomerang sendiri bagi kita.

Karena biasanya saat kita lolos ke tahap wawancara atau interview, ketika di tanya dan kita tidak bisa menjelaskan apa yang ada di CV. Maka peluang untuk bisa masuk ke perusahaan tersebut sangatlah kecil.

2. Selalu Update Profil Kalian Pada Media Pencari Kerja

Setelah kita memiliki CV yang menarik, langkah selanjutnya adalah cobalah untuk selalu update profil pada media pencari kerja. Misalnya saja di LinkedIn, Jobstreet, Kalibrr, Glints, dan lain sebagainya. Tujaunnya disini untuk memudahkan para pencari kerja bisa menemukan kadidat yang cocok untuk kualifikasi sebuah perusahaan.

Jika memang profil kita di lihat sangat cocok dengan kualifikasi pada perusahaan tersebut, biasanya mereka akan pengirimkan sebuah pesan, Yang tentu saja menyatakan kesediaan kita untuk mengikuti tahap rekrutmen.

Inipun berlaku ketika kita memang sudah mendapatkan pekerjaan. update profil tetap mesti di lakukan, karena siapa tahu ada yang menawarkan pekerjaan yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Ini Masalah Keuangan Yang Membuat Kita Menderita Setiap Bulan

3. Masih Jadi Pengangguran, Coba Kepoin Perusahaan Yang Akan Dilamar

Kita membutuhkan pekerjaan, jadi sudah sewajarnya jika harus bekerja ekstra untuk mecari tahu informasi perusahaan-perusahaan yang akan di lamar. Misalnya saja mulai dari struktur organisasi, sektor perusahaan, sejarah perusahaan berdiri, sampai kepada visi serta misi nya.

Karena tidak sedikit perusahaan yang ingin tahu seberapa besar minat kita sebagai pelamar untuk bekerja di perusahaan tersebut.

4. Pastikan Kalian Memenuhi Kualifikasi Perusahaan

Setiap perusahaan tentu mempunyai kualifikasi bagi setiap calon karyawannya. Nah ini penting agar kita perhatikan apakah memenuhi kualifikasi tersebut. Misalnya saja dari segi jurusan yang di butuhkan perusahaan. Jika jurusan yang dikulifikasikan perusahaan tidak cocok, maka otomatis akan langsung di tolak.

Penilai tentu tidak akan repot-repot membaca keseluruhan CV. Jadi penting juga ketika melamar pekerjaan kita sudah memenuhi kualifikasinya.

5. Berlatih Pisikotes

Dalam proses rekrutmen kerja, tentu tidak lepas dari yang namanya tes. Salah satu tes tersebut adalah pisikotes, ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja seseorang berdasarakan kepribadiannya. Mulai dari kecepatan, ketelitian, atau malah asal-asalan, semuanya ini akan terlihat dalam tes tersebut.

Terkadang pisikotes pun di gunakan untuk melihat seberapa besar kita mampu memecahkan sebuah masalah yang terjadi ketika bekerja. Nah, untuk itu coba luangkan waktu untuk melakukan latihan. Walaupun mungkin CV yang diberikan masih dalam tahap review. Namun tidak ada salahnya agar kita selalu mempersiapkan segala sesuatunya di awal.

Apabila memang kita harus menjalani pisikotes ini, setidaknya kita sudah mampu dengan cepat mengerjakannya. Sehingga apa yang di lakukan di dalam pisikotes bisa terselesaikan dengan proses yang maksimal.

6. Menyiapkan Pertanyaan, Sebelum Interview

Setelah tahap pisikotes sudah kita lalui, biasanya proses selanjutnya adalah interview. Sebelum interview di mulai, sebaiknya coba siapkan beberapa pertanyaan!, misalnya saja pertanyaan tentang apa saja yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.

Biasanya kita akan di ijinkan untuk bertanya saat mendekati sesi akhir dalam proses wawancara kerja. Dengan kita bertanya, itu bisa memberikan nilai lebih karena kita di pandang memiliki antusiasme lebih terhadap perusahaan tersebut.

Baca Juga: Terkena PHK tiba-tiba! Ini Cara Bertahan Hidup Dan Dapat Kerjaan Baru

7. Pastikan Kalian Pantas! Bukan Hanya Merasa Masih Jadi Pengangguran

Pantas disini bukan berarti kita harus pintar, pandai, cekatan dan menarik. Namun lebih kepada kedisiplinan dan rapih. Misalnya saja kita disimplin waktu, tepat waktu ketika melamar kerja, interview kerja, datang lah tepat waktu atau awal waktu.

Kenakan juga pakaian yang pantas dan rapih layaknya kita ingin bertemu orang penting atau datang ke acara penting. Dari cara berpakaian rapih pun pewawancara akan memberikan nilai lebih, jangan lupa tambahkan senyuman sewajarnya.

Meskipun nantinya kita tidak lolos, setidaknya kita sudah menunjukan sisi baik dan keramahan kepada perusahaan tersebut. Dan jika di lakukan terus menerus, maka ini akan menjadikan kebiasaan yang bernilai positif. Ketika kita akan melawar di perusahaan lain, tentu saja kebiasaan ini akan terbawa.

Jangan Pernah Merasa Masih Jadi Pengangguran Jika Kita Memang Mau Berusaha

Beberapa cara diatas hanyalah alat bantu dan sekedar info saja sebagai acuan ketika akan melawar kerja. Karena yang terpenting dan kunci utamanya ada pada diri kita sendiri, seberapa besar usaha dan minat kita melakukannya. Jika kita mau berusaha bahkan mau berkorban lebih untuk mencari kerja, percayalah hasil yang terbaik akan segera menghampiri.

Karena di dalam sebuah usaha tidak akan ada yang sia-sia.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *