Bagaimana Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Sibuk Bekerja? Simak Caranya

Bagaimana Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Sibuk Bekerja? Simak Caranya. Kita semua tentu pernah mengalami kondisi dimana tiba-tiba mengantuk, padahal sedang bekerja. Parahnya lagi rasa kantuk tersebut menyerang pada saat kita sedang sibuk-sibuknya bekerja untuk mengejar deadline. Kondisi seperti ini sebenarnya merupakan tanda bahwa tubuh kita memerlukan istirahat.

Namun yang jadi permasalahan adalah karena banyaknya pekerjaan sehingga waktu istirahat pun menjadi tergangu. Sehingga kondisi ini pun kerap sekali menjadi penghambat pekerjaan bahkan bisa mengacaukan pekerjaan. Karena rasa kantuk datang ketika melakukan pekerjaan, rasanya lemas dan ingin tidur.

Kondisi di mana tubuh mengalami lesu, lemas, tidak segar secara otomatis akan membuat produktivitas kerja menjadi turun. Jika hal ini di biarkan maka pekerjaan bisa menjadi terbengkalai.

Baca Juga: 6 Strategi Interview Kerja! Agar Di Terima Perusahaan

Ini Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Bekerja

Bagaimana Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Sibuk Bekerja? Simak Caranya

Seperti yang sudah di katakan di atas bahwa mengantuk adalah tanda di mana tubuh membutuhkan istirahat atau tidur. Namun bagaimana jika rasa ngantuk menyerang pada saat bekerja?. Yang tentu saja akan tidak efektif dan mengganggu aktivitas kerja jika kita malah tidur. Lebih parah lagi pasti kena tegur atasan.

Agar semua itu tidak terjadi, simak beberapa cara yang bisa di terapkan untuk mencegah atau mengusir rasa kantuk, agar ketika kita bekerja tetap dengan kondisi yang prima.

1. Memperhatikan Menu Sarapan Pagi

Salah satu penyebab mengantuk ketika bekerja bisa jadi di sebabkan karena kesalahan memilih menu sarapan pagi. Sebaiknya perhatikan asupan nutrisi yang di pilih, usahakan jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi karbohidrat. Karena jika terlalu mengkonsumsi berlebihan justru malah menjadi bomerang untuk cadangan energi harian.

Apalagi jika karbohidrat yang di pilih berjenis karbohidrat sederhana seperti bubur ayam atau nasi uduk. Sarapan tersebut memang sudah tidak asing lagi dan banyak di minati menjadi menu sarapan pagi hari khusunya di indonesia.

Namun menu tersebut mengandung karbohidrat sederhana dalam menu makanan yang kurang baik untuk kesehatan. Memang menu tersebut bisa mendobrak energi dengan cepat, namun hanya berlangsung sesaat saja. Setelahnya energi yang ada dalam tubuh akan menurut drastis kemudian hanya menyisakan rasa lemas dan mengantuk.

Untuk mencegah hal tersebut, cobalah untuk mengubah menu sarapan pagi hari. Pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang lebih bervariasi kemudian imbangi dengan asupan protein dan serat.

Baca Juga: 5 Tips Pedekate Dengan Rekan Kerja

2. Pilih Ruangan Yang Mendapat Sirkulasi Udara Dan Cahaya Yang Cukup

Selanjutnya untuk mencegah rasa kantuk menyerang saat bekerja, pastikan ruangan kerja mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup. Maka dari itu jika mungkin bisa di lakukan, cobalah untuk sesekali bekerja di luar ruang kerja. Hal tersebut agar tubuh bisa merasakan udara yang lebih segar setelah bekerja di dalam ruangan seharian.

Udara di luar ruangan mungkin saja memiliki banyak kandungan oksigen. Hal inilah yang sangat di butuhkan otak maupun tubuh. Supaya bisa tetap segar, dan pastinya kita akan terbebas dari rasa kantuk.

3. Tetap Aktif Bergerak Salah Satu Cara Bagaimana Mengatasi Rasa Ngantuk

Selain tidak baik untuk kesehatan, berlama-lama duduk dan tidak aktif bergerak pun menjadi salah satu pemicu rasa kantuk saat bekerja. Walaupun pekerjaan membuat kita tetap harus duduk dan berada di depan layar komputer, namun tetap jangan malas untuk tetap bergerak aktif.

Seperti hal sederhana yang bisa di lakukan, jika ruangan kerja kita berada di lantai 1 atau 2, dibandingkan menggunakan elevator, cobalah untuk memilih menggunakan tangga untuk kembali ke ruangan kerja. Atau bisa melakukan gerakan-gerakan kecil seperti meregangkan tangan, berdiri sebentar, berjalan ke toilet dan lain sebagainya.

Dengan tetap bergerak aktif, ini bisa membantu menjaga tubuh tetap segar dan tentunya menjauhkan juga dari rasa ngantuk.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Agar bisa bekerja secara optimal, ternyata tubuh membutuhkan suplai atau peredaran darah dengan lancar. Dengan asupan air minum dengan jumlah yang cukup inilah menjadi salah satu cara untuk menjaga peredaran darah tetap lancar. Sehingga ketika cairan tubuh tercukupi tubuh bekerja optimal dan membuat kita tidak mudah mengantuk.

Biasanya kebutuhan rata-rata asupan air untuk orang dewasa adalah minimal 2 liter. Namun jumlah tersebut akan meningkat jika aktivitas yang di lakukan lebih banyak menguras tenaga dan keringan. Apalagi jika aktivitas yang di lakukan lebih banyak di luar ruangan.

Jika kebutuhan cairan tubuh tidak tercukupi, otomatis akan menghambat aliran darah menuju organ penting lainnya. Seperti anggota gerak sampai bagian otak pun akan turut terhambat. Sehingga yang terjadi, rasa kantuk, lemas, dan kurang fokus saat bekerja pun akan mudah menyerang.

Baca Juga: Supaya Karier Bisa Maju! Lakukan 5 Cara Ini

Kesimpulan Bagaimana Mengatasi Rasa Ngantuk? Dengan Menemukan dan Mengatasi Penyebabnya

Beberapa cara diatas bisa kita terapakan untuk mengatasi rasa kantuk yang menyerang pada saat kita sibuk kerja. Menemukan apa penyebab dari rasa kantuk tersebut, kemudian mengatasinya bisa menjadi salah satu cara agar kesegaran dan kinerja tubuh tetap terjaga.

Jika tidak segera di atasi, jangan sampai rasa kantuk tersebut menjadi penghambat proses kerja kita atau menurunkan kualitas kerja. Yang tentu saja sangat tidak baik bagi jenjang kemajuan karier kita. Semoga bermanfaat dan membantu YA!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *