5 Tips Pedekate Dengan Rekan Kerja

5 Tips Pedekate Dengan Rekan Kerja

5 Tips Pedekate Dengan Rekan Kerja – Jika kita termasuk orang yang baru saja berpindah pekerjaan di perusahaan yang baru tentu kita harus bisa memulai beraptasi di lingkungan tempat bekerja di perusahaan tersebut. Entah itu melakukan adaptasi pekerjaannya, aturan, budaya, kebiasaan maupun rekan kerja yang berada di divisi yang sama atau pun berbeda.

Mungkin sebagian orang akan merasa sulit melakukan adaptasi ini. Terutama kepada rekan kerja yang memang kita di haruskan untuk bisa mengenal dari karakter masing-masing. Apa lagi rekan kerja yang satu team karena mereka nantinya akan menjadi partner untuk bekerja sama.

Baca Juga: 5 Cara Membiasakan Diri Di Tempat Kerja Baru

Tentang 5 Tips Pedekate Dengan Rekan Kerja

1. Tunjukan Sikap Baik

Untuk di sukai orang tentu kita harus menunjukan sikap baik kepada mereka, apa lagi di hari pertama ketika kita baru memulai bergabung untuk melakukan pekerjaan. Jika kita dari awal sudah tidak memiliki sikap baik, ramah, dan bersahabat, maka yang terjadi tentu tidak akan ada yang mau menerima kita sebagai satu team untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Yang ada kita malah di anggap terlalu sombong, belagu, tinggi hati dan lainnya. Namun coba sebaliknya jika dari awal kita sudah menunjukan sikap baik, ramah, sopan, rendah hati, murah senyum dan lainnya, tentu saja rekan kerja kita pun tidak akan ragu untuk memulai obrolan terlebih dahulu.

2. Jangan Ragu Bertanya

Jika kita tidak mengetahui apa yang menjadi Tugas dan Tanggung Jawab pada pekerjaan yang akan di lakukan. Maka jangan ragu-ragu untuk langsung bertanya, karena biasanya ada senior yang enggan memulai pembicaraan terlebih dahulu khususnya dengan anak baru. Jadi di sini usahakan kita harus aktif.

Namun perlu di ingat juga bahwa bertanya pun tentu ada batasnya, jangan sampai kita malah terkesan mengganggu atau banyak bicara. Karena mungkin saja mereka pun sedang banyak pekerjaan yang harus segera di selesaikan, terkecuali mereka di tunjuk untuk mengajari kita secara penuh. Yang terpenting jangan pernah menutup diri pada rekan kerja.

3. Berani Berbicara

Hal yang pasti wajar di lakukan ketika kita masuk kedunia pekerjaan yang baru adalah tentu kita akan di ajak diskusi atau meeting untuk membicarakan banyak hal. Entah itu mengenai pekerjaan yang harus di lakukan atau pun sekedar berkenalan dengan rekan satu team.

Pada saat moment tersebut jadikan kesempatan untuk berani berbicara depan team. Bukan hanya memperkenalkan diri tetapi juga bisa saja untuk menyampaikan pendapat, ide, gagasan maupun berbagi pengalaman yang kita punya. Namun tetap harus di ingat lakukan dengan sewajarnya saja tidak perlu berlebihan, jika tidak ingin rekan kerja merasa ilfil atau terlalu sombong.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Lingkungan Kerja Nyaman Dan Produktif

4. Cari Tahu Target Pencapaian

Dalam sebuah pekerjaan tentu akan ada sebuah target yang harus di capai, jadi meskipun kita di anggap anak atau orang baru tetap harus tahu apa target yang akan di capai. Tetap Fokus dan cermat untuk selalu mendengarkan setiap arahan dari atasan maupun rekan kerja satu team. Jika memang nantinya ada hal yang kurang jelas, jangan malu untuk bertanya, seperti jadwal rapat harian, mingguan, atau bulanan, serta lainnya. 

5. Saling Menghargai

Pada sebuah pekerjaan yang bersifat team, tentu akan sangat di anjurkan untuk memberi saran, kritik, mencetuskan ide dan gagasan baru. Bukan hanya untuk rekan kerja senior, tetapi juga kamu yang junior masih baru.

Namun sebaiknya yang perlu di lakukan apabila terjadi silang pendapat, perbedaan cara pandang dan pola pikir, jangan pernah saling egois untuk mempertahankan pendapatnya, Namun yang harus di lakukan tetap saling menghormati dan menghargai agar menjadi sebuah team yang solid dan kompak. Dan akhirnya pekerjaan pun bisa berjalan dengan sempurna.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *