Wajib Baca! Buat Yang Baru Punya Kartu Kredit

Wajib Baca! Buat Yang Baru Punya Kartu Kredit

Wajib Baca! Buat Yang Baru Punya Kartu Kredit – Kartu kredit menjadi alat pembayaran yang cukup banyak di minati oleh banyak orang, hal tersebut di karenakan mudah dan paraktis untuk di gunakan. Bahkan bukan hanya hal itu saja banyak fasilitas dan manfaat yang bisa di gunakan seperti adanya banyak promo yang di tawarkan kartu kredit berupa diskon, cashback, cicilan belanja dengan bunga 0% dan lainnya.

Jika di gunakan secara tepat maka kartu kredit akan dapat memberi banyak keuntungan. Buat kalian yang baru memiliki kartu kredit tentu hal pertama yang terbenak dalam pikiran adalah recana berbelanja. Melakukan transaksi di toko-toko online maupun offline. Dan hal itu tersebut tidak akan menjadi masalah jika penggunaaannya masih di batas yang wajar dan tidak berlebihan.

Namun masalahnya adalah yang sering terjadi dalam penggunaan nya di lakukan secara berlebihan. Menjadi ketergantungan kepada kartu kredit tersebut sehingga tagihan bulannya pun menjadi bertambah dan terus bertambah. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya lakukan hal ini:

Baca Juga : Cashback Kartu Kredit Serta Pahami Manfaatnya

Wajib Baca! Buat Yang Baru punya Kartu Kredit

1. Menghindari Pembayaran Minimum

Apa itu pembayaran minimum? Biasanya bank yang menerbitkan credit card akan melakukan penetapan pembayaran minimun sebesar 10% dari total tagihan bulanan. Contohnya adalah jika kalian menggunakan CC sebesar total 3 juta, maka pembayaran minimumnya adalah Rp. 300rb.

Banyak pengguna credit card yang tergiur hanya melakukan pembayaran minimum saja tanpa full payment setiap bulannya. Inilah yang menyebabkan tagihan tersebut akan semakin bertambah. Karena ketika kalian hanya melakukan pembayaran minimum maka otomatis di bulan berikutnya kalian harus membayar sisa utang di bulan sebelumnya + tagihan bulan ini + bunga. Jadi sebisa mungkin hindari pembayaran minimum.

2. Jangan Menggunakan Kartu Kredit Untuk Tarik Tunai

Jangan menyamakan kartu kredit dengan kartu debit karena dua alat ini berbeda kegunaan walaupun bentuk fisiknya sama. Fasilitas yang di tawarkan credit card untuk bisa tarik tunai memang sangat menggiurkan apa lagi kartu kredit yang di miliki mempunyai limit yang besar.

Perlu di ingat bahwa bunga yang di bebankan untuk fasilitas tarik tunai cukup besar biasanya sekitar 2,95% perbulan. Kemudian untuk biaya yang di bebankan langsung dikenakan 4% dari total tarik tunai tersebut. Maka dari itu sebaiknya hindari penarikan tunai pada credit card apa bila tidak di gunakan untuk keadaaat yang sangat darurat.

3. Usahakan Melakukan Pembayaran Tepat Waktu

Pada setiap bank penerbit credit card biasanya akan memberikan kapan tanggal jatuh tempo untuk setiap bulannya biasanya bank akan memberikan jangka waktu 14 hari dari diterbitkan nya billing tagihan di setiap bulannya.

Inilah yang perlu kalian ingat dan catat agar tidak terjadi nya keterlambatan pembayaran CC tersebut yang mengakibatkan timbulnya denda dan bunga dan otomatis akan membuat tagihan semakin bertambah.

4. Tidak Selalu Mengandalkan Kartu Kredit Jika Ada Uang Tunai

Biasanya yang terjadi adalah ketika memiliki fasilitas credit card yang selalu di lakukan adalah melakukan transaksi atau berbelanja apapun selalu menggunakan CC, nah kebiasaan inilah yang harus dihidari karena bisa jadi tanpa kalian sadari CC kita akan medekati overlimite.

Ingat! Gunakan CC seperlunya saja misalkan ada penawaran promo atau diskon berupa cicilan 0% dan penawaran-penawaran lainnya selalu usahakan berhemat dan tidak boros.

Baca Juga : Punya Kartu Kredit? Lakukan Ini Agar Keuangan Tetap Aman

5. Gunakan Sesuai Batas Kemampuan Membayar

Biasanya fasilitas yang di tawarkan credit card adalah memiliki batas limit yang total nya mungkin 2x atau bahkan bisa lebih besar dari gaji bulanan kalian. Nah jika kalian menggunakannya tanpa menghitung batas kemampuan anda untuk membayarkan otomatis.

Kalian akan kesulitan untuk melakukan pembayaran ketika billing tagihan sudah keluar, inilah yang akan menyulitkan keuangan kalian di waktu dan masa yang akan datang.

6. Jangan Meminjamkan Kartu Kredit Kepada Siapapun

Begitu banyak kejahatan yang kerap terjadi seperti terkurasnya limit credit card secara otomatis padahal kita tidak sedang menggunakannya. Hal ini mungkin terjadi katika kalian tanpa disadari pernah meminjamkan credit card anda keorang lain atau walaupun orang tersebut kalian kenal.

Sebab pada credit card anda perlu menjaga kerahasiaan PIN maupun CVV yang biasanya 3 digit angka yang ada di belakang credit card itu adalah berupa angka keamanan yang perlu kita rahasiakan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *