Cara Negosiasi Mengajukan Keringanan Penutupan Kartu Kredit

Cara Negosiasi Mengajukan Keringanan Penutupan Kartu Kredit

Cara Negosiasi Mengajukan Keringanan Penutupan Kartu Kredit – Kartu Kredit adalah alat pembayaran yang sering digunakan dikalangan menengah keatas dan menawarkan banyak kemudahan bagi penggunannya. Apa lagi buat kalian yang memang suka berbelanja online dengan metode cicilan.

Maka kartu kredit sudah pasti akan menawarkan dengan cicilan bunga 0% Serta begitu banyak lagi promo-promo diskon lain nya. Yang memang di buat khusus agar semakin banyak nya masyarakat yang menggunakan fasilitas kartu kredit tersebut.

Sebenarnya jika kita mampu mengontrol dengan baik penggunaan kartu kredit tersebut akan bisa membantu financial menjadi lebih baik. Namun kebanyakan orang tidak demikian yang terjadi adalah mereka banyak terjerat hutang dari kartu kredit tersebut. Yang tidak lagi sanggup untuk membayarkan tagihan dan jika tagihan sudah menumpuk dan tidak sanggup membayar lagi maka jalan satu-satu nya adalah dengan melakukan penutupan kartu kredit.

Namun melakukan penutupan kartu kredit pun bukan perkara yang gampang. Karena kita dituntut untuk bisa melunasi semua hutang kartu kredit terlebih dahulu sebelum akhirnya kartu kredit tersebut menjadi non aktif atau di blokir permanen. Inilah hal yang penting buat kalian yang ingin melakukan penutupan kartu kredit dan bagaimana cara bernegosiasi dengan pihak bank. Untuk menemukan solusi keringanan pembayaraan penutupan kartu kredit tersebut.

Baca Juga: Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Cara Negosiasi Mengajukan Keringanan Penutupan Kartu Kredit

1. Hitunglah Jumlah Tunggakan Hutang Kartu Kredit Kalian

Langkah awal yang harus kalian lakukan untuk bisa melakukan penutupan kartu kredit tersebut dengan menghitung jumlah tunggakan hutang yang ada di kartu kredit tersebut. Ini hal yang penting karena jika kalian ingin melakukan negosiasi dengan pihak bank maka kalian harus tahu terlebih dahulu berapa hutang tagihan yang harus kalian bayar.

Hitung dengan cara terperinci termasuk jika adanya barang yang masih kalian cicil dan bunga yang ada di dalamnya. Dengan demikian kalian akan tahu mana yang paling memberatkan dan mana yang harus di selesaikan terlebih dahulu. Ada baiknya prioritaskan hutang tagihan yang bunganya paling besar dan yang paling membebani kalian.

2. Meminta Keringanan dan Negosiasi Dengan Pihak Bank

Langkah selanjutnya dan paling penting adalah kalian harus bisa bernegosiasi dengan pihak bank karena jika kalian tidak melakukan negosiasi dengan pihak bank terkait, maka masalah ini tidak akan pernah terselesaikan. Kunjungi pihak bank penerbit kartu kredit tersebut dengan menemui bagian collection.

Namun sebenarnya beberapa bank melayani komunikasi ke bagian collection melalui telepon tetapi langkah terbaik adalah mendatangi langsung agar negosiasi keringanan tersebut berjalan dengan lancar.

Selanjutnya kalian bisa mengatakan alasannya dengan jelas kenapa anda ingin melakukan penutupan kartu kredit tersebut dan meminta keringanan pembayaran kartu kredit pada bagian collection. Jika alasan yang kalian berikan tidak jelas biasanya pihak collection tidak akan mewujudkan keringanan tersebut. Karena mereka akan berpikir kemungkinan besar kalian masih bisa untuk melunasi seluruh tagihan tersebut.

Maka dari itu biasanya banyak orang yang membawa jasa konsultan hutang karena mereka akan lebih tahu aturannya sehingga pengajuan kalian bisa dikabulkan.

Namun apabila alasan kalian bisa diterima dan pengajuan tersebut di kabulkan oleh bagian collection, Kalian akan ditawarkan program keringanan. Biasanya setiap bank memiliki beberapa program keringanan seperti:

Baca Juga: Wajib Baca! Buat Yang Baru punya Kartu Kredit

Program Keringanan Pada Bank

1. Reschedule Pembayaran Kartu Kredit

Di beberapa bank biasanya akan langsung menawarkan program reschedule. Reschedule ini merupakan penyusunan ulang sistem pembayaran. dan Sistem reschedule di tiap-tiap bank akan berbeda.

2. Potongan Tagihan Jika Kalian Mampu Membayar Dalam Satu Kali Bayar

Program keringanan ini berupa potongan yang biasanya 20% sampai 50% dari total tagihan jika kalian mampu membayar tagihan dalam satu kali bayar. Program ini membuat hutang menjadi lebih sedikit akan tetapi orang yang mengajukan keringanan berada dalam posisi tidak mempunyai uang jadi program ini jarang untuk dijadikan solusi.

3. Potongan dan cicilan

Bentuk program keringan reschedule lainnya adalah nasabah mendapatkan potongan dari total tagihan dan boleh di bayarkan dengan cara mencicil. Namun perbedaan nya adalah lama waktu untuk mencicil hanya beberapa bulan saja karena sudah adanya potongan dari total tagihan tersebut.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *