Cara Hebat Mengatur Keuangan Lebih Baik

Cara Hebat Mengatur Keuangan Lebih Baik – Ada banyak faktor yang membuat keadaan keuangan menjadi kurang sehat. Beberapa faktor utamanya adalah tuntutan gaya hidup dan perilaku yang konsumtif. Kebanyakan orang lebih suka untuk menikmati gaya hidup seperti jalan-jalan, nongkrong, berbelanja, menonton konser dan menikmati acara hiburan lainnya.

Jika di pikirkan tentu hal ini menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan, di tambah lagi dengan terus terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok, tanah, properti yang bisa terjadi kapan saja. Inilah yang membuat sebagian orang merasa sudah bekerja bertahun-tahun. Namun tak sepeser pun uang yang bisa di kumpulkan untuk di jadikan sebagai tabungan di masa depan.

Pada kenyataannya menabung itu memang bukan hal yang mudah untuk di lakukan. Kita harus butuh tekad yang kuat untuk melakukannya, sehingga mampu mengatur keuangan lebih baik. Dan mampu menyisihkan sebagian pendapatan kita secara maksimal untuk di jadikan tabungan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang

Agar keadaan keuangan menjadi lebih baik, setidaknya kita bisa mencoba beberapa cara hebat ini:

Cara Hebat Mengatur Keuangan

Cara Hebat Mengatur Keuangan Lebih Baik

1. Berinvestasi Untuk Mengembangkan Uang

Investasi tidak mengenal kalangan dan bisa di lakukan oleh siapa pun, karena investasi lebih berkaitan dengan waktu. Jadi ketika kita memulai berinvestasi sejak dini, maka keuntungan dan pundi-pundi hasil yang di kumpulkan pun akan semakin banyak tanpa kita sadari.

Contohnya jika kita membeli sebuah saham 10 lot atau 1.000 lembar misalkan senilai Rp. 20 Juta pada saat ini. Maka jika kita biarkan dalam jangka waktu 10 tahun, keuntungan yang di dapatkan pun akan berlipat-lipat. Bisa mencapai ribun persen, dan keuntungan yang di dapat nantinya bisa di gunakan untuk berinvestasi kembali atau kebutuhan lainya.

2. Rubah Gaya Hidup Konsumtif

Jika kita sebelumnya memiliki kebiasaan menggunakan uang untuk sekedar membeli sesuatu yang di inginkan bukan sesuatu yang menjadi kebutuhan utama. Lebih baik hal tersebut segera kita rubah, lebih tepatnya mengindari gaya hidup yang konsumtif.

Alangkah baiknya kita bisa menerapkan gaya hidup yang minimalis di bandingkan bermewah-mewah, walaupun sebetulnya kita mampu untuk melakukan itu semua dan memiliki uang yang cukup. Minimalis di sini dalam artian lebih mengutamakan membeli sesuatu yang penting dan di butuhkan saja.

3. Meningkatkan Pemasukan

Untuk bisa mengatur keuangan agar lebih baik, bukan hanya mengatur pengeluarannya tetapi jauh lebih baik juga untuk meningkatkan pemasukannya. Artinya jika bisa usahakan tidak mengandalkan hanya dari sumber satu penghasilan saja.

Misalnya saja kita bisa melakukan kerja sampingan yang menghasilkan uang tambahan. Seperti menjual keahlian sebagai penulis blog, menjadi fotographer acara pernikahan, ojek online, berjualan online dan lain sebagainya. Dengan meningkatnya sebuah pemasukan maka uang yang bisa di jadikan tabungan atau di investasikan pun menjadi lebih besar. Dan ini semua tentu menjadikan keadaan masa depan keuangan akan lebih baik.

4. Tetap Menggunakan Uang Tunai

Saat ini mungkin melakukan transaksi dengan menggunakan uang tunai sudah banyak di tinggalkan. Pasalnya hampir setiap orang melakukan transaksi menggunakan sistem pembayaran cashless, seperti kartu debit, kartu kredit, e-wallet dan dompet digital apalagi di kota-kota besar.

Hal ini di rasakan sebagian orang menjadikan transaksi jauh lebih praktis, dan menggunakan pembayaran non-tunai di rasa jauh lebih menguntungkan. Seperti mendapatkan cashback, poin reward, potongan harga dan lain sebagianya. Namun sebenarnya cara tersebut tidak sehat jika kita ingin mengontrol keadaan keuangan kita agar lebih baik.

Dalam upaya mengatur keuangan, transaksi menggunakan uang tunai sangat di ajurkan. Karena semakin banyak pengeluaran yang kita lakukan maka akan terlihat uang tunai yang kita miliki akan berkurang banyak. Hal inilah yang nantinya akan mendorong kita untuk lebih berhemat.

Baca Juga: Mulai Berinvestasi! Pahami Manfaatnya

5. Tidak Berhutang Dan Memberi Hutang

Jauh lebih baik, walaupun kita membutuhkan uang tetapi lebih baik tidak berhutang. Hal ini memang di rasa sangat sulit, namun alangkah baiknya jika ingin mendapatkan uang tersebut dengan melakukan kerja sampingan. Apalagi jika kita berhutang di fintech atau pinjaman online.

Karena memiliki risiko yang banyak, seperti kita harus membayar pokok hutang beserta bunganya yang besar. Di tambah jika jika kita telat membayar akan ada denda keterlabatan yang membuat hutang membengkak.

Selain itu hindari untuk meminjamkan uang ke pada orang lain. Memang hal tersebut dapat membantu orang yang membutuhkan, namun kebanyakan orang yang hutang dan ketika di tagih otomatis akan lupa untuk membayarnya. Banyak alasan untuk menunda pembayarannya, hasilnya hutang tidak ada yang di bayar sepeser pun dan tentu kita yang merugi.

Cara Hebat Mengatur Keuangan Lebih Baik tergantung bagaimana kita menyikapinya dan bagaimana tekad kita untuk melakukannya. Jadi sebelum terlambat pastikan sikap dan tekad kita sudah kuat untuk membuat keadaan keuangan kita menjadi lebih baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *