5 Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang

5 Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang

5 Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang – Investasi adalah salah satu cara yang benar untuk menggandakan uang. Dan invetasi saat ini yang banyak di pilih adalah reksadana. Reksadana sendiri merupakan wadah yang di gunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Dan selanjutnya di investasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi.

Pengertian tersebut tertuang dalam Undang-undang (UU)) Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, Pasal 1 Ayat (27) tentang Reksadana.

Reksadana bisa di bilang salah satu investasi yang di sebut aman dan menguntungkan. Apa lagi untuk saat ini menjadi primadona investasi baru bagi kalangan generasi milenial, yang hanya membutuhkan modal kecil. Yaitu cukup dengan Rp. 10 Ribu, saja sudah bisa melakukan investasi dan menjadi investor reksadana.

Salah satu produk reksadana yang paling banyak di minati saat ini adalah reksadana pasar uang. Yaitu berupa investasi pada efek bersifat utang (surat utang/obligasi) dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Yang bertujuan untuk menjaga likuiditas serta pemeliharaan modal. Apa lagi reksadana jenis ini sangat cocok untuk investasi jangka pendek dan cocok untuk investor yang beripe mencari aman.

Selain itu ada juga keuntungan yang bisa kita dapatkan jika memulai melakukan investasi reksadana pasar uang. Apa saja keuntungannya? Berikut:

Baca Juga: Solusi Harga Investasi Reksadana Jika Turun

5 Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang

1. Memberikan Keuntungan Cukup Tinggi

Yang namanya investasi tentu kita mengharapkan keuntungan yang tinggi, dan mungkin keuntungan adalah salah satu pertanyaan utama saat memulai investasi. Reksadana pasar uang mampu menawarkan keuntungan dengan rata-rata hingga 20% pertahun. Keuntungan tersebut lumayang tinggi jika di bandingkan dengan investasi lain seperti deposito yang hanya berkisar 4-7%.

2. Modal Yang Kecil

Mungkin dari kita sudah tahu bahwa untuk memulai menjadi investor reksadana tidak harus punya modal yang besar. Karena jika dibandingkan dengan produk investasi lain seperti depostio yang minimal Rp. 1 Juta. Modal Investasi reksadana pasar uang lebih kecil yaitu hanya minimal Rp. 10 Ribu. Terlebih lagi untuk saat ini ada banyak e-commerce menjual produk reksadana sehingga memudahkan dalam berinvestasi.

3. Dana Bisa Di Cairkan Kapan Saja

Selain kemudahan dalam membeli produk reksadana pasar uang. Untuk menjualnya pun sangat mudah, menjual disini maksudnya mencarikan dana investasi reksadana pasar uang tersebut. Karena bisa di carikan kapanpun pada saat kita memang sedang membutuhkan uang mendadak. Selain itu untuk penarikan dana tidak terkena potongan atau pinalti.

4. Jangka Waktu Investasi Yang Fleksibel

Pada produk investasi reksadana pasar uang memiliki jangka waktu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja kita investasi hari ini maka besok pun sudah bisa kita tarik kembali dana nya. Selain itu prosesnya pun tidak ribet dan mudah untuk di lakukan.

Baca Juga: Bagaimana Memahami Investasi Reksadana?

5. Tanpa Pajak

Selain mudah di cairkan dan fleksibel reksadana pun bebas terhindar dari pajak. Jadi walau pun kita terus berinvestasi uang kita tidak akan terpotong atau berkurang, Ini berlaku untuk semua produk reksadana. Berbeda dengan halnya jenis investasi lain seperti deposito akan dikenakan pajak sebesar 20%.

Itu adalah beberapa keuntungan investasi reksadana pasar uang. Semoga bisa memberikan manfaat pengetahuan bagi kita yang baru ingin mencoba terjun di dunia investasi khususnya reksadana.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *