Bukan Hanya Makanan, Ini Penyebab Kolesterol Tinggi

Bukan Hanya Makanan, Ini Penyebab Kolesterol Tinggi

Bukan Hanya Makanan, Ini Penyebab Kolesterol Tinggi – Orang lebih mengenal bahwa kolesterol adalah lemak jahat yang bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit dalam tubuh. Namun sebenarnya kolesterol adalah lemak yang berguna untuk tubuh.

Penyebab yang menjadikan kolesterol adalah lemak jahat adalah ketika kadar yang ada di dalam tubuh terlalu tinggi inilah yang akan mengganggu kesehatan.

Kolesterol adalah sebuah zat alamai yang di produksi oleh hati. Mungkin banyak yang mengira bahwa kolesterol berasal dari makanan. Hal tersebut sebenarnya memang betul, tetapi produk-produk makanan nyatanya hanya menyumbangkan 20 persen. Sedangkan sisanya 80 persen di produksi alamai oleh organ hati.

Selain itu ada juga faktor lain yang dapat memicu penyebab kolesterol menjadi tinggi seperti:

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan Dengan Melakukan 5 Olahraga Ini

Ini Penyebab Kolesterol Tinggi

1. Jenis Kelamin Serta Usia

Kadar kolesterol akan meningkat seiring bertambahnya usia, sebuah informasi yang di dapatkan dari Asosiasi jantung di amerika mengatakan bahwa laki-laki yang memiliki usia di atas 45 tahun atau pada perempuan pada usia 55 tahun akan beresiko besar mengalami ganguan kolesterol tinggi.

Dan juga ada hal lain yaitu kolesterol akan meningkat seiring dengan bertambah atau membesarnya lingkar perut. Ukuran lingkar perut pada perempuan sehat biasanya kurang dari 88 cm dan pada laki-laki lebih kecil dari ukuran 102 cm.

Hal inilah yang di namakan perut buncit dan kemungkinan besar berisiko terkena penyakit kolesterol tinggi. Diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi , trigliserida tinggi, dan penyakit arteri koroner, serta risiko kematian yang lebih tinggi.

2. Genetik Orang Tua

Kolesterol tinggi bukan hanya dari pola makan dan kurangnya hidup sehat namun ada juga yang berasal dari keturunan orang tua. Jika ada salah satu dari kedua orang tua kita atau saudara laki-laki dan perempuan yang memiliki kondisi tersebut maka kemungkinan besar kita juga akan bisa menderita kolesterol yang tinggi.

Maka dari itu untuk menyegahnya bisa melakukan pengecekan kadar kolesterol pada usia anak-anak agar terhindar dari komplikasi seperti jantung. Kadar kolesterol pada faktor keturunan biasanya memiliki kadar yang cukup tinggi yaitu 300 miligram per desiliter (mg/dL) atau lebih tinggi. Kita pun terkadang tidak akan menyadari bahwa kita memilikinya, atau gejala ini biasanya disebut asimtomatis.

3. Pola Makan Serta Gaya Hidup Tidak Sehat

Makanan yang mengandung lemak jenuh serta lemak trans adalah faktor utama timbulnya kolesterol tinggi. Biasanya lemak jenuh dapat di temukan pada jenis makanaan Gorengan, Susu Full Cream, Mayones, Daging Merah, Serta makanan laut seperti udang atau lobster. Dan biasanya untuk lemak trans akan di temukan pada jenis makanan seperti kue, biskuit, pai, keripik, margarin, wafer kemasan dan donat.

Serta beberpa faktor dari gaya hidup tidak sehat seperti:

  • Kurang nya berolahraga dan aktivitas fisik, Kebanyakan orang saat ini cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan duduk lama-lama di kursi. Hal ini sebetulnya yang dapat meningkatkan resiko besar terjadinya kolesterol tinggi. Sebaiknya lakukan olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari.
  • Merokok, zat-zat kimia berbahaya di dalam rokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik, Serta tingginya kandungan racun yang ada di dalam rokok dapat merusak lapisan pembuluh darah.

Baca Juga: Kenali TB Usus Penyebab Banyak Kematian

4. Adanya Penyakit Yang Di Derita

Ada juga faktor penyebab dari adanya beberapa penyakit yang di derita. Contohnya penyakit ginjal, Penderita obesitas, liver,tiroid yang tidak aktif, diabetes, dan hipotiroidisme akan rentan menderita kolesterol tinggi.

5. Karena Stres

Jika kalian berada di bawah tekanan mental yang mengakibatkan stres hal itu pun bisa meningkatkan kadar kolesterol kalian karena stres dapat menyebabkan pelepasan pada dua hormon yaitu adrenalin dan kortisol. jenis hormon inilah yang merangsan hati untuk bisa memproduksi dan melepaskan lebih banyak kolesterol.

Oleh sebab itu jika pekerjaan atau hidup membuat kalian menjadi stres, carilah mekanisme untuk mengatasinya, seperti mulai melakukan hobi yang disenangi atau meditasi ringan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *