Agar Tagihan Kartu Kredit Tidak Bengkak, Hindari 5 Kesalahan Ini

Agar Tagihan Kartu Kredit Tidak Bengkak, Hindari 5 Kesalahan Ini. Tidak di pungkiri kartu kredit saat ini menjadi alat pembayaran yang masih banyak di minati. Akses pembayaran yang mudah dan praktis mungkin menjadi faktor yang membuat orang tetap menggunakannya.

Selain itu berbagai keuntungan dan penawaran yang menarik dari kartu kredit, menjadi salah satu godaan untuk menarik minat para penggunannya. Jika mampu menggunakannya dengan bijak, kartu kredit menjadi alat pembayaran yang bisa memberikan banyak manfaat.

Namun, hal itu terbalik dengan kenyataan yang banyak terjadi. Yaitu banyaknya orang yang bermasalah dengan produk keuangan ini. Bukan memberikan manfaat, malah membuat kondisi keuangan menjadi bermasalah. Dan hal ini tentu saja dapat di sebabkan oleh berbagai alasan, termasuk hal kecil yang membuat kartu kredit kehilangan manfaatnya.

Baca Juga: Lakukan Ini Agar Transaksi Kartu Kredit Supaya Aman

Maka dari itu kita harus selalu memastikan untuk tidak mengalami hal seperti itu. Maka dari itu agar Tagihan Kartu Kredit Tidak Bengkak dan tetap memberikan manfaat positif untuk membantu keuangan. Berikut ini 5 kesalahan yang biasanya di lakukan para pengguna kartu kredit, yuk simak!.

Kenali 5 Kesalahan Menggunakan Kartu Kredit Agar Tagihan Kartu Kredit Tidak Bengkak

Agar Tagihan Kartu Kredit Tidak Bengkak, Hindari 5 Kesalahan Ini

1. Tidak Melakukan Pembayaran Tepat Pada Waktunya

Agar kartu kredit tidak bermasalah di kemudian hari, kita harus punya rasa kedisiplinan untuk melakukan pembayaran tepat pada waktunya. Jangan sampai kedisiplinan hanya di tanamkan pada saat menggunakannya saja, alias mau cari enaknya.

Karena jika kita tidak membayar tagihan kartu kredit tepat pada waktunya. Maka pihak bank akan menerapkan sejumlah bunga ataupun denda keterlambatan pada tagihan di bulan berikutnya. Sehingga yang terjadi di bulan berikutnya tentu saja tagihan kartu kredit menjadi membengkak.

Dan bayangkan jika hal ini terus-terusan di lakukan setiap bulannya, tidak ada kedisiplinan. Berapa banyak uang yang harus di keluarkan hanya untuk dendanya saja.

2. Mengutamakan Membayar Tagihan Lain

Memiliki banyak tagihan atau hutang di dalam keuangan tentu saja bukan hal yang mengenakkan. Di tambah lagi jika nominalnya teramat besar tentu akan menguras penghasilan setiap bulannya. Kondisi seperti inilah yang terkadang membuat kita kesulitan untuk membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya.

Yang terjadi adalah ketika kita mengutamakan membayar tagihan lain, maka otomatis tagihan kartu kredit akan tertunda. Dan seperti yang sudah di jelaskan di atas pihak bank tentu saja akan menerapkan biaya tambahan atas hal ini.

Meskipun misalnya saja kita bisa membayarkan sebagian tagihan kartu kredit (Minimum Payment), namun tentu saja pihak bank akan menerapkan sejumlah bunga atas tagihan di bulan lalu. Dan tentu saja hal ini akan memberatkan, apalagi jika tagihan kartu kredit tak kunjung lunas.

bayangkan saja, semakin lama kita berhutang maka semakin besar pula biaya yang akan di bebankan yang kemudian harus di bayar.

3. Tidak Membaca Secara Terperinci Tagihan Kartu Kredit Setiap Bulannya

Meskipun kita memiliki kemampuan untuk selalu melunasi seluruh tagihan kartu kredit setiap bulannya. Bukan berarti kita tidak membaca apa saja tagihan yang keluar setiap bulannya. Karena banyak orang yang selalu mengabaikan untuk membaca secara terperinci atas tagihan kartu kredit mereka. Dan hanya membaca nominal jumlah tagihannya saja.

Hal ini tentu sangat salah jika di lakukan, Jika kita tidak membaca satu persatu apa saja transaksi atas tagihan yang ada. Bagaimana kita bisa mengetahui apa saja yang telah di lakukan atas alat pembayaran tersebut?

Sedangkan kita harus memastikan bahwa jumlah setiap transaksi yang kita lakukan sudah benar-benar sesuai dan tepat. Kemudian juga kita pun harus memastikan bahwa apa saja yang terjadi pada transaksi tersebut benar-benar yang kita lakukan sendiri.

Hal tersebut perlu kita lakukan untuk menghindari bentuk penyalahgunaan pada kartu kredit yang kita miliki. Jika memang ada selisih atau kekeliruan yang tidak di kenal, kita bisa langsung mengkonfirmasinya kepada pihak bank terkait.

4. Tidak Memperhatikan Skor Kredit

Bagi kita pengguna kartu kredit, sebenarnya kita sudah di berikan kesempatan sekaligus bisa memanfaatkan layanan pengawasan skor kredit. Hal ini biasanya akan di sertakan pada setiap lembar tagihan setiap bulannya oleh pihak bank penerbit kartu kredit tersebut.

Sehingga layanan ini sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk melihat dengan jelas skor kredit yang kita miliki dari kurun waktu tertentu. Agar kita tetap bisa menjaganya dengan baik.

Maka dari itu Jika memang ada kekeliruan dalam hal ini, kita bisa segera menyelesaikan dan memperbaikinya. Namun jika kita salah satu orang yang tidak memanfaatkan layanan ini, maka sudah pasti kita tidak akan memahami bagaimana skor kredit saat ini.

5. Melakukan Penutupan Kartu Kredit

Untuk yang satu ini memang tidak termasuk yang membuat tagihan kartu kredit membengkak. Namun kesalahan ini pun sering di lakukan oleh pengguna kartu kredit. Segala aktifitas penggunaan kartu kredit tentu akan mempengaruhi skor kredit.

Skor kredit akan menurun, jika kita tidak menggunakan sama sekali kartu kredit tersebut. Dan Begitupun dengan kita melakukan penutupan kartu kredit. Apalagi jika kartu kredit tersebut sudah cukup lama, yang tentu saja jika di tutup akan mempengaruhi skor kredit.

Jika skor kredit menurun ini akan otomatis mempengaruhi riwayat kredit di mata bank. Terutama jika kita akan mengajukan pinjaman, KPR atau produk perbankan lainnya akan sedikit sulit.

Baca Juga: Cara Negosiasi Mengajukan Keringanan Penutupan Kartu Kredit

Kesimpulan Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak Agar Tagihan Kartu Kredit Tidak Bengkak

Berbagai promo dan diskon menarik di tawarkan oleh pihak bank agar pengguna kartu kredit tetap loyal dalam menggunakannya. Hal inilah yang terkadang membuat kita selalu kebablasan dalam menggunakan kartu kredit. Yang mengakibatkan tagihan setiap bulannya menjadi membengkak.

Oleh karena itu pastikan kita tetap menggunakan kartu kredit secara bijak. Agar di kemudian hari tidak sampai terjadi masalah, karena utang menggunung.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *