Apa Saja Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Apa Saja Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Apa Saja Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan – Buah Pepaya dalam bahasa indonesia yang di ambil dari bahasa belanda “Papaja” serta dari bahasa Arawak “Papaya”. Adalah sejenis tanaman satu-satu nya yang masuk kedalam jenis Genus Carica. Buah yang memiliki ciri khas hijau serta kuning kemerahan ketika matang ini memiliki rasa manis dan memiliki bentuk lonjong dengan tekstur nya yang tidak beraturan.

Selain mudah dan murah untuk di dapat ternyata kandungan vitamin dan mineral pada buah pepaya cukup tinggi yang tentu bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan di dalam buah pepaya antara lain adanya vitamin C, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin E, Serat, Beta karoten, Enzim, Kalsium, Folat, Asam Folat serta Magnesium.

Sebagian orang mengetahui bahwa buah ini mampu untuk mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Namun ternyata bukan itu saja manfaat dari buah pepaya. Berikut beberapa manfaat yang bisa di hasilkan jika kalian rajin menkonsumsinya:

Baca Juga: Manfaat Kandungan Jeruk lemon Untuk Kesehatan

Apa Saja Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

1. Membantu Sistem Pencernaan Dan Diet

Yang sebagian orang telah menetahui nya bahwa manfaat buah pepaya mampu untuk melancarkan sistem pencernaan. Terutama yang terkena sembelit selain itu buah pepaya juga mampu membantu menurunkan berat badan. Dan juga sangat baik untuk membantu kalian jika kalian sedang melakukan program diet.

Hal ini di karenakan adanya kandungan enzim yang dinamakan Papain serta memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan memiliki kalori yang cukup rendah.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A yang tentu saja sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pada kornea mata, selain itu vitamin A dapat membantu melembabkan dan melumasi mata  untuk mencegah agar mata tidak kering.

3. Meningkatkan kekebalan Imunitas Tubuh

Buah pepaya yang memiliki kandungan vitamin C, E dan A yang cukup tinggi yang tentu saja berguna untuk Meningkatkan kekebalan Imunitas Tubuh. Sehingga kalian bisa terhindar dari penyebab penyakit flu dan pilek, serta terhindar dari berbagai jenis infeksi.

4. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Selain kandungan enzim yang baik untuk melancarkan pencernaan ternyata mampu untuk membantu meregenerasi kulit serta melembutkannya. Selain itu adanya kandungan vitamin C dan vitamin A yang baik dan bisa membantu untuk menyamarkan bintik hitam. Serta kerutan halus pada kulit dan mampu merangsang pembentuan kolagen yang tentu saja baik untuk mencegah munculnya keriput.

Baca Juga: Kandungan Dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

5. Mencegah Kanker dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan Beta karoten yang ada dalam buah pepaya efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat. Selain itu kandungan antioksidan dan flavonoid dalam buah pepaya dapat mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu dalam mengurangi risiko kanker. Selain itu senyawa ini pun mampu membantu menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan kolesterol baik bagi tubuh. 

6. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Selain kandungan Enzim dalam buah pepaya yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan menunda penuaan dini. Ternyata enzim pun mampu untuk mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi. Sehingga dengan memakan buah pepaya secara rutin pada saat datang bulan dapat membantu mengurangi nyeri haid.

7. Mengurangi Stres

Jika kalian mengalami stres akibat pekerjaan yang menumpuk atau apapun cobalah sejenak untuk beristirahat dengan mengkonsumsi buah pepaya sebagai cemilan sehat. Karena buah pepaya mengandung tinggi vitamin C yang juga berkhasiat untuk menjaga produksi hormon stres agar tetap rendah.

Itulah beberapa Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan yang mungkin bisa menjadikan referensi kalian agar bisa secara teratur mengkonsumsi buah pepaya sebagai salah satu asupan makanan pada daftar menu sehat kalian. 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *