Memilih Helm Sepeda Anak Yang Melindungi Buah Hati Tetap SehatQ

Memilih Helm Sepeda Anak Yang Melindungi Buah Hati Tetap SehatQ. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang banyak di mintai saat ini. Bukan hanya dari kalangan orang dewasa, namun anak-anak pun banyak menggemari olahraga yang satu ini.

Selain mudah dan menyenangkan, biasanya anak-anak akan langsung mahir bersepada asalkan berlatih sejak dini. Di tambah banyaknya manfaat yang bisa di dapatkan dengan bersepeda, seperti melatih keseimbangan serta konsentrasi anak dan juga dapat menstimulasi kemampuan motoriknya.

Namun sebelum sang buah hati melakukan hobinya bersepada, kita sebagai orang tua penting untuk selalu memastikan keselamatannya ketika bersepeda. Salah satu cara untuk melindungi sang buah hati saat sedang melakukan hobinya bersepeda, yaitu dengan memakaikannya Helm Sepeda Anak.

Helm berguna untuk melindung kepala dari cedera yang di akibatkan benturan. Di sinilah betapa pentingnya peran orang tua untuk tidak memilih sembarangan jenis helm sepeda. Agar sikecil tetap aman dan terlindungi dari berbagai benturan pada kepala.

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan Saat Pandemi Yang Tepat

Memilih Helm Sepeda Anak tidak boleh sembarangan. Karena tidak semua jenis helm yang beredar di pasaran memiliki kualitas baik. Masih banyak helm yang terbuat dari bahan yang tidak sesuai. Selain tidak mampu melindungi kepala anak dari benturan, kadang membuat anak-anak pun merasa tidak nyaman memakai helm sepeda tersebut.

Cara Memilih Helm Sepeda Anak Yang Bisa Memberikan Keamanan Dan Kenyamanan

Memilih Helm Sepeda Anak Yang Melindungi Buah Hati Tetap SehatQ

1. Memilih Ukuran Helm Sepeda Yang Tepat

Agar anak nyaman mengenakan helm, tentu harus memiliki ukuran yang tepat. Kita bisa mengukurnya melalui lingkar kepala menggunakan alamat ukur sekitar 2,5 centimeter diatas alis mata. Namun jika hal tersebut di rasa sulit saat ini beberapa helm sudah memiliki fitur adjustable.

Artinya kita bisa mengencangkan atau mengendorkan, dan secara umum biasanya helm sepeda memiliki ukuran seperti berikut:

  • Extra-Small (XS): <20 in (Kurang Dari 51cm).
  • Small (S): 20-21.75 in (51-55cm).
  • Medium (M): 21.75-23.25 in (55-59cm).
  • Large (L): 23.25-24.75 in (59-63cm).
  • Extra-Large: >24.75 in (Lebih 63cm).
  • One Size Fits All (Kids): 18-22.5 in (46-57cm).
  • One Size Fits All (Women): 19.75-22.5 in (50-57cm).
  • One Size Fits All (Men): 21.25 in (54-61cm).

2. Pastikan Helm Nyaman Digunakan Anak

Penting bagi kita sebagai orang tua, untuk memastikan helm yang di pilih nyaman digunakan untuk anak. Dan sebaiknya dalam memastikan kenyamanan kita jangan berpatokan dengan harga. Karena belum tentu helm sepeda dengan harga yang mahal, bisa membuat anak nyaman mengenakannya.

Sehingga sangat penting sekali untuk menyesuaikan helm yang pilih memang di sukai dan membuat nyaman anak ketika mengenakannya. Hal ini juga untuk menghindari risiko ketika kita membeli helm tersebut dengan harga yang mahal, namun justru anak enggan mengenakannya. Pada akhirnya apa yang kita beli menjadi sia-sia karena tidak di gunakan.

3. Mengetahui Fitur Helm

Selanjutnya yang harus kita pilih adalah merek helm terbaik yang memiliki keunggulan dari segi fitur yang bagus dan lengkap. Kemudian pilih juga helm sepeda yang sekiranya memiliki ventilasi udara agar ketika di gunakan tidak panas.

Pilih juga helm yang memiliki bantalan yang pas atau tidak goyang ketika di gunakan. Serta mudah di lepas agar memudahkan ketika akan di bersihkan karena kotor, yang menimbulkan bau apek atau sebagai sarang kuman/bakteri.

Berikut beberapa fitur penting yang ada pada helm sepeda:

  • MIPS merupakan fitur yang terdapat pada helm, biasanya bertujuan untuk memberikan proteksi keamanan terhadap benturan. Namun biasanya untuk helm dengan fitur MIPS hanya ada pada helm jenis sepeda balap.
  • Shell berfungsi menjadi kerangka untuk menahan dari berbagai benturan dan juga sebagai bagaian pelindung terluar yang berada pada helm sepeda.
  • Visor berfungsi untuk menjadi penghalang terhadap sinar matahari agar mata tidak silau.
  • Fullface biasanya di gunakan untuk jenis sepeda gunung yang memang bermedan ekstrem untuk melindungi semua bagian kepala agar tetap aman saat terjadi kecelakaan.
  • Straps berfungsi untuk mengikat helm ke dagu agar tidak mudah lepas, jadi usahakan carilah bahan straps yang bagus dan paling nyaman.
  • Hair Pots merupakan fitur helm yang di hadirkan untuk wanita yang mempunyai rambut panjang yaitu berupa adanya lubang untuk rambut dibagian belakang helm.

4. Pertimbangkan Kualitas Dari Pada Harga

Semua orang tua tentu menginginkan anaknya menggunakan helm sepeda yang terbaik agar benar-benar bisa melindungi anak dari benturan kepala. Namun, banyak orang tua yang salah juga mengenai pembelian helm yang biasanya mereka lebih meyakini harga yang mahal memiliki kualitas yang baik.

Padahal semua itu tidak benar-benar berlaku jika ingin membeli helm sepeda. Karena dalam memilih helm sepeda juga jangan terlalu percaya dengan merek. Namun di sarankan lebih melihat kualitas dari helm nya sendiri. Seperti misalnya saja melihat Spons apakah cepat mengkerut atau tidak ketika di gunakan. Atau juga apakah helm tersebut benar-benar terasa ringan ketika di pakai oleh anak.

Baca Juga: 5 Tips Tampil Menarik Saat Interview Kerja

5. Melihat Komentar Atau Review

Selain itu untuk memilih helm yang benar-benar baik buat anak, kita juga bisa melihat dari beberapa komentar atau review mengenai produk yang akan dibeli nantinya. Biasanya dalam Review Helm Sepeda Anak akan di jelaskan mengenai kualitas, keunggulan bahkan kekurangan dari produk tersebut.

Setelah melihat reviewnya, lihat juga komentar-komentar dari para pembelinya apakah memang baik atau tidak. Cara ini juga bisa membantu buat orang tua yang mungkin masih awam dalam Memilih Helm Sepeda Anak yang baik seperti apa.

Memilih Helm Sepeda Anak Yang Melindungi Buah Hati Tetap SehatQ
Previous Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *