Manfaat Dan Ciri Daun Sirih Yang Wajib Kalian Ketahui

Manfaat Dan Ciri Daun Sirih Yang Wajib Kalian Ketahui

Manfaat Dan Ciri Daun Sirih Yang Wajib Kalian Ketahui – Daun Sirih merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sering di manfaatkan oleh manusia untuk mengatasi segala penyakit maupun untuk menjaga kesehatan. Daun sirih sendiri adalah tanaman asli indonesia yang tumbuh merambat atau pun dengan bersandar pada batang pohon lain.

Adapun ciri-ciri daun sirih adalah batang nya berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar, lalu untuk Daun nya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, dengan tumbuh berseling-seling, bertangkai dan bisa mengeluarkan bau yang sedap bila di remas, Panjangannya sekitar 5-8 cm dan lebar 2-5 cm.

Di dalam daun sirih memiliki banyak kandungan diantara nya Vitamin C, Niasin, Karoten, Riboflvin Tannin, Eugenol, Saponim, dan berbagai kandungan minyak esensial dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Kandungan Dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

Manfaat Dan Ciri Daun Sirih Yang Wajib Kalian Ketahui

1. Mengurangi Bau Badan

Daun sirih memiliki kandungan estradiol dan klavikula yang dapat mengontrol produksi hormone dan kelenjar keringat. Kandungan tersebut dapat mengurangi bau badan yang berlebih yang di timbulkan bakteri dan cendawan. Adapun cara penggunaannya dengan meminum air rebusan daun sirih secara rutin.

2. Mengatasi Sakit Perut dan Menjaga Saluran Pencernaan

Daun sirih juga dapat di gunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit perut karena daun sirih memiliki kandungan terpenoid dan klavikula. Cara untuk mengobati sakit perut tersebut dengan meminum air rebusan 3 kali sehari secara rutin.

Selain itu daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna untuk bekerja lebih baik lagi ketika membuang semua materi limbah yang ada di dalam tubuh. dengan mengonsumsi daun sirih dapat membantu Anda terhindar dari sembelit dan diare. Daun sirih juga merangsang usus untuk menyerap nutrisi dan mineral penting untuk kesehatan tubuh.

3. Sebagai Antiseptik

Manfaat daun sirih sebagai antiseptik karena memiliki kandungan polifenol, chavicol yang memiliki perlindungan terhadap jenis kuman. Biasanya daun sirih di gunakan dalam mengobati radang sendi dan orkitis. Selain itu Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

4. Sebagai Penyembuh Luka Bakar

Dan salah satu manfaat lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama pada luka bakar. Hal ini berkaitan terdapat kandungan antioksidannya. orang yang mengalami luka bakar akan mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka. Daun sirih adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

Baca Juga: Kandung Nutrisi Dan Manfaat Buah Sirsak

5. Mengobati Hidung Berdarah Atau Mimisan

Cara kerja daun sirih untuk menyembuhkan hidung berdarah atau mimisan mirip dengan cara pemenyembuhan luka bakar. Antioksidan tannin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka, dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Biasanya untuk obat hidung berdarah, di pakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, di gulung kemudian di masukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol.

6. Meringankan Batuk

Rebusan daun sirih merah di percaya mampu meringankan batuk. karena di dalam sirih merah mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal serta bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah.

7. Penangkal Kangker dan Tumor

Kandungan dalam rebusan dauh sirih terdapat antioksidan eugenol yang dapat membantu mengatasi radikal bebas yang menjadi pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu terdapat juga kandungan antioksidan, flavonoid dan terpenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat mengobati tumor. Sistem kekebalan yang meningkat dapat menghancurkan zat karsinogenik atau tumor yang ada di dalam tubuh.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *