Inilah Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Sirsak

Inilah Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Sirsak

Inilah Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Sirsak – Sebagian banyak orang tentu pernah atau sering mengkonsumsi buah sirsak, entah itu untuk dijadikan jus, bahan pembuatan es krim atau bahan olahan makanan atau minuman lainnya. Nama Sirsak sendiri berasal dari bahasa belanda “Zuurzak” yang memiliki arti “Kantung Yang Asam”. 

Selain itu buah sirsak di ketahui memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh diantaranya: Serat, Karbohidrat, Protein, Vitamin C, Vitamin B, Kalsium, Magnesium, Kalium, Zat Besi, Folat, Zinc, Antioksidan dan lainnya. Di dalam satu porsi buah sirsak atau sekitar 200 gram memiliki kandungan 110-130 kalori.

Dari adanya beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sirsak maka beragam manfaat pun akan bisa di hasilkan dari buah sirsak tersebut. Berikut Beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan:

Baca Juga: Kandungan Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Inilah Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Sirsak

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Serta Radikal Bebas

Berkat adanya kandungan Vitamin C serta antioksidan yang ada di dalam buah sirsak yang tentu saja mampu menangkal adanya radikal bebas. Serta mampu untuk mengurangi resiko terkena penyakit kronis seperti Kanker, Jantung, Hipertensi dan Diabetes.

Selain itu ekstrak dari buah sirsak dapat mencegah terjadinya kerusakan sel dan nutrisi nya yang mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit infeksi.

2. Mengatasi Peradangan

Peradangan biasanya terjadi ketika adanya cedera yang di alami dan sebenarnya respon yang normal. Namun ada banyak bukti bahwa peradangan yang kronis dapat berkontribusi terhadap penyakit. Dari ekstrak buah sirsak inilah yang mampu mengurangi efek dari peradangan tersebut.

3. Mengatasi Sembelit

Adanya kandungan serat dan air yang cukup tinggi pada buah sirsak membuat buah ini mampu menjaga saluran pencernaan agar tetap aktif. Oleh karena itu dengan mengkonsumis secara rutin dan teratur tentu saja akan mencegah timbulnya sembelit.

4. Membunuh Bakteri dan Melawan Infeksi

Di dalam tubuh manusia tidak luput dengan adanya bakteri yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem pencernaan maupun imun tubuh. Dengan kalian mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dan teratur kalian bisa terhindar dari penyakit bakteri seperti radang gusi, gigi rusak dan infeksi jamur. 

Selain itu sebuah riset laboratorium menunjukan jika ekstrak buah sirsak mampu membunuh bakteri, virus dan juga parasit. Serta berkat adanya kandungan nutrisi yang tinggi mampu meningkatkan daya tanah tubuh dan memulihkan tubuh setelah terkena infeksi.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan dan beragam zat kimia lain yang terdapat di dalam buah sirsak memiliki sifat antikanker. Selain itu ada beberapa studi laboratorium menunjukan bahwa ekstrak buah sirsak mampu menghambat pertumbuhan jenis sel kanker. Seperti kanker payudara, Prosta, Hati ginjal, Usus besar dan juga mulut. Namun dari manfaat sirsak tersebut perlu di ingat bahwa baru di ketahui berdasarkan hasil studi dan dari beberapa penelitian bersekala kecil.

6. Mampu Mengurangi Stres

Banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi stres di antara nya terkadang karena kerjaan yang menumpuk atau sesuatu yang tidak bisa diselesaikan. Untuk mengurangi rasa stres tersebut kalian bisa coba beristirahat sejenak dengan mengkonsumsi buah sirsak secara langsung. Atau pun di buat berbagai olahan minuman lainnya seperti jus atau teh hangat.

Buah sirsak memang baik untuk sekedar di konsumsi untuk melengkapi pola makan yang sehat. Karena memang adanya banyak kandungan nutrisi dan gizi yang cukup tinggi. Namun jika hendak menggunakan nya sebagai suplemen dan pengobatan herbal kalian di sarankan agar bisa berkonultasi terlebih dahulu ke dokter, agar tidak salah nantinya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *