5 Tips Tampil Menarik Saat Interview Kerja

5 Tips Tampil Menarik Saat Interview Kerja

5 Tips Tampil Menarik Saat Interview Kerja – Untuk bisa memulai bekerja di sebuah perusahaan kita harus melalui beberapa hal di antaranya dimulai dari mengajukan lamaran, melakukan tes dan interview kerja. Dan jika kita adalah salah satu dari orang yang lolos tahap awal tes dan masuk ke tahap berikutnya yaitu interview kerja tentu kita perlu bersyukur dan berbangga.

Namun dari semua itu kita tetap di haruskan tidak melakukannya sampai berlebihan karena kita masih mempunyai tugas yang tak kalah penting. Yaitu menyiapkan diri untuk menghadapi proses Interview Kerja agar bisa melakukannya semaksimal mungkin dan sebaik mungkin.

Nah dalam hal interview kerja tentu kita harus bisa tampil semenarik mungkin, pasalnya kita akan bertemu dan bertatap langsung dengan orang yang akan menginterview kita dari perusahaan yang kita lamar dan dari penampilan jugalah karakter kita akan di nilai.

Baca Juga: 9 Kemampuan Sukses Dalam Interview Kerja

Inilah 5 Tips Tampil Menarik Saat Interview Kerja:

1. Kenakan Pakaian Yang Sesuai Ukuran

Jika kita lolos ke tahap interview kerja, maka yang harus kita lakukan satu hari sebelum melakukan interview lebih baik untuk menyiapkan pakaian apa yang nantinya akan kita kenakan. Apakah mengenakan celana panjang hitam yang di padukan dengan kemeja putih (Pria) atau Mengenakan Baju Putih, Blazer atau Rok (Wanita) yang akan kita kenakan?

Untuk hal pakaian mungkin di anggap sebuah hal yang sepele. Namun sebenarnya penampilan pun menjadi hal utama yang harus di perhatikan dalam hal interview kerja. Karena mengenakan pakaian yang tepat dapat membuat kita bisa tanpil maksimal selama wawancara kerja berlangasung.

Patikan hindari pakaian yang terlalu besar atau kecil ketat saat melakukan interview kerja! karena kurang sopan dan kurang enak di lihat, Selain itu pakaian yang kebesaran atau kekecilan membuat kita tidak akan nyaman saat mengenakannya. Nah dari ketidak nyamanan tersebut nantinya akan mempengaruhi performa kita dalam menjawab pertanyaan saat interview kerja berlangsung.

2. Kenakan Pakaian Yang Rapih

Sebelum mengenakan pakaian tersebut sebaiknya kita menyetrikanya terlebih dahulu agar nantinya tidak ada yang terlihat kusut. Yang tentu saja akan membuat penampilan dari pakaian kita kurang menarik. Kemudian sebaiknya masukan kemeja kedalam celana atau rok lalu bisa mengenakan ikat pinggang agar menambah kesan rapih. Ini bisa di lakukan pria maupun wanita.

Lalu pastikan pakaian yang kita kenakan bersih dan wangi. Jangan sampai tercium bau yang tidak di inginkan karena ini akan mengurangi rasa percaya diri kita dalam proses interview kerja.

3. Menata Rambut Dengan Rapih

Rambut adalah mahkota jadi merupakan bagian penting yang tak boleh terabaikan, Jadi usahakan menata rambut sebelum melakukan interview kerja. Untuk pria jika memiliki rambut yang panjang sebaiknya pangkas terlebih dahulu sehingga menimbulkan kesan rapih dan enak di lihat. Dan bagi wanita mungkin bisa mencuci rambut, keringkan, dan jepit bagian tertentu sehingga nantinya tidak menutupi wajah.

Usahakan jangan sampau ketika berada di ruangan interview kerja rambut kita masih berantakan, Hal ini akan di nilai bahwa kita tidak melakukan persiapan, kesiangan sehingga terburu-buru untuk datang ke tempat wawancara. 

Baca Juga: 5 Cara Membiasakan Diri Ditempat Kerja Baru   

4. Hindari Mengenakan Aksesoris Yang Berlebihan

Aksesoris memang akan menambah kesan penampilan kita menjadi menarik apa lagi menggunakan jal tangan. Namun tidak di sarankan jika menggunakan aksesoris secara berlebihan apa lagi saat acara formal yaitu interview kerja. Jika pun khususnya untuk wanita yang ingin menggunakan aksesoris seperti anting atau pun cincin sebaiknya perhatikan dalam model dan ukurannya. Jangan sampai mengenakan anting atau cincin yang terlalu besar dan terlihat mewah.

5. Cek Kembali Penampilan

Yakinkan diri kita bahwa penampilan kita tidak ada yang salah dan sudah sesuai dengan kriteria interview kerja pada umumnya, jika ada yang harus di perbaiki maka segera di perbaiki. Inilah pentingnya untuk bisa mengecek kembali sesuatunya sebelum memulai sesuatu.

Sebaiknya cek kembali dan perhatikan keserasian pakaian, makeup, dan lain-lain di rumah sebelum melakukan interview kerja Jadi jika sekiranya ada bagian yang kurang pas, kita pun bisa segera memperbaikinya sebelum kesalahan ini di lihat oleh pewawancara nantinya. 

Sesuaikan penampilan dengan karakter yang melekat pada diri kita masing-masing. Jika memang  semuanya sesuai, kita pun akan merasa nyaman terhadap diri kita sendiri sehingga kita mampu menonjolkan sisi terbaik. Karenas isi terbaik seperti inilah yang menjadi poin penilaian penting bagi pewawancara.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *