9 Kemampuan Sukses Dalam Interview Kerja

9 Kemampuan Sukses Dalam Interview Kerja

9 Kemampuan Sukses Dalam Interview Kerja – Dalam dunia kerja memiliki kemampuan yang baik terutama dalam berkomunikasi merupakan sebuah poin penting. Yang di butuhkan untuk bisa mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Karena secara umum orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan lebih mudah mencapai ke jenjang karir yang tinggi. Itulah kenapa saat melamar pekerjaan umumnya seseorang akan di lakukan Tes Interview. Kemungkinan agar perusahaan tahu apakah orang tersebut memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Dalam Wawancara Kerja, pihak perusahaan tentu akan melihat kemampuan dasar dan potensi yang di miliki oleh kalian. Itulah bagaimana poin penting nya bagi kalian untuk bisa meyakinkan perusahaan tersebut. Bahwa kalianlah kadidat yang pantas dan terbaik di antara kadidat yang lainnya. Maka dalam hal ini tentu saja di butuhkan sebuah kemampuan atau skill berkomunikasi yang baik. 

Baca Juga : Inilah 4 Macam Cara Untuk Melobi

9 Kemampuan Sukses Dalam Interview Kerja

1. Kepercayaan Diri

Saat kalian akan melakukan interview kerja hal yang paling utama adalah memiliki kepercayaan diri, usahakan kalian tidak perlu takut atau bahkan bersikap gugup saat berada di depan mereka (pewawancara) . Karena hal ini akan mempengaruhi kalian dalam memberikan pernyataan yang nantinya akan di tanyakan mereka.

Hilangkan perasaan takut atau gugup tersebut lebih baik fokuskan kepada apa yang di sampaikan pewawancara agar kalian nantinya bisa memahami dan percaya diri ketika melakukan interaksi atau komunikasi dengan mereka.

2. Pendengar Yang Baik

Dalam berkomunikasi hal terbaik yang harus di lakukan adalah ketika antara satu dengan yang lainnya bisa saling mendengarkan. Kalian harus menghindari sikap hanya ingin di dengarkan dan malah justru tidak mau mendengarkan.

Ini adalah poin penting jika kalian ingin sukses dalam interview kerja sebaiknya kalian memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Usahakan kalian memberikan perhatian penuh kepada pewawancara agar nanti apa yang di sampaikan mereka bisa kalian pahami.

3. Jelas dan Singkat

Jika kalian akan berpendapat atau pun memberikan pernyataan sebaiknya kalian tidak perlu menyampaikannya terlalu berlebihan, Apa lagi jika yang kalian sampaikan bertele-tele hal ini akan membuat pewawancara memberikan penilaian kalian orang yang banyak bicara. 

Ada baiknya jika memang nanti kalian akan membuat pernyataan atau berpendapat yang harus kalian lakukan adalah membuatnya lebih jelas dan singkat. Pilihlah kata-kata yang tepat yang masih dalam ranah yang formal hal ini di lakukan agar kalian tetap terlihat memiliki sikap profesional yang baik.

4. Keramahan

Dalam hal berkomunikasi yang baik keramahan menjadi salah satu kunci suksesnya, karena hal ini akan terlihat jelas oleh lawan bicara. Apa lagi jika kalian sedang melakukan tes wawancara hal ini jelas sangat di butuhkan.

Sikap ramah ini bisa kalian tunjukan melalui banyak hal seperti mengajukan pertanyaan yang baik, memberikan sebuah senyuman, menggunakan nada bicara yang sopan, dan banyak hal-hal lain sebagainya. 

Dari poin penting keramahan teresebut tentu akan membuat kalian nyaman dalam melakukan sesi wawancara nantinya dan tetap terlihat profesional.

5. Menghargai

Ada sebuah kutipan “Jika kalian ingin di hargai orang lain, maka kalian harus mampu menghargai orang lain”. Karena itu akan menjadi timbal balik dari bagaimana sikap kalian. Dengan adanya sikap seperti ini akan membuat komunikasi wawancara kerja pun lebih berimbang dan lancar jika satu sama lainnya saling menghormati.

Baca Juga : Bagaimana Etika Berbicara Yang Baik?

6. Empati

Rasa empati akan membuat kalian bisa lebih memahami apa yang di sampaikan orang lain atau pun orang disekitar kalian. Kalian pun tentu akan bisa menghormati sebuah pandangan atau keputusan yang mungkin berbeda dari mereka. Jadi jangan pernah abaikan rasa empati sebab ini pun menjadi salah satu untuk bisa membangun komunikasi yang baik, terutama dalam interview kerja.

Jika kalian sudah memiliki rasa empati yang tinggi pada saat berkomunikasi tentu saja hal ini akan membuat kalian bisa dengan mudah melakukan komunikasi yang positif saat menghadapi wawancara kerja.

7. Timbal Balik

Memberikan timbal balik yang positif akan membuat dampak yang lebih membangun, Kalian bisa menyampaikannya dengan sebuah pujian dan bahkan ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah di berikan oleh perusahaan kepada kalian. Usahakan ini kalian lakukan dengan tulus dan tidak di buat-buat.

8. Terbuka

Memiliki pemikiran terbuka sangat dibutuhkan ketika melakukan interview kerja. Usahakan jangan bersikap kaku apa lagi tegang dan dalam pemikiran pun tentu harus terbuka, karena berbeda pandangan akan selalu tejadi pada umumnya dan kalian tentu harus siap untuk menghadapinya.

Dengarkan apa saja yang disampiakan oleh pewawancara dengan baik dengan berfikir terbuka, lebih fleksibel dan realistis sehingga kalian nantinya akan memiliki kemampuan untuk menelaah dan menilai semua hal yang disampaikan dengan sudut pandang netral. 

9. Komunikasi Non-Verbal

Bukan hanya dari perkataan yang kalian sampaikan saat interview, melakukan komunikasi non-verbal juga menjadi sesuatu hal yang penting, seperti eye contact, nada atau intonasi suara, gerak tubuh dan lain sebagainya. Maka dari itu kalian harus menunjukan komunikasi non-verbal secara positif untuk bisa mendukung apa yang kalian sampaikan dan membuat pewawancara bisa lebih mudah untuk memahami maksud dan tujuan kalian.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *