Biar Fokus Saat Bekerja, Lakukan Cara Sederhana Ini

Biar Fokus Saat Bekerja, Lakukan Cara Sederhana Ini. Untuk dapat menyelesaikan berbagai tugas dan tanggung jawab pekerjaan bukan hal yang mudah. Tentu saja di butuhkan konsetrasi secara penuh untuk memperoleh hasil yang maksimal. Namun yang kerap terjadi ketika ingin menyelesaikan sebuah pekerjaan, kita sering menemui banyak gangguan.

Hal inilah yang biasanya membuat pekerjaan menjadi tidak selesai tepat waktu, tertunda, yang lebih parah menjadi berantakan. Jika di biarkan penilaian yang buruk pun terjadi terhadap perkembangan karier kita di masa depan.

Namun sebaliknya jika kita mampu menyelesaikan tugas tepat waktu, membuat gagasan inovasi baru, menyumbangkan ide kreatif terhadap pekerjaan. Tentu saja ini sangat baik terhadap perkembangan karier, bisa saja kita di promosikan naik jabatan, gaji naik, mendapatkan bonus dan apresiasi lain dari perusahaan.

Semua itu tentu bisa di dapatkan ketika kita mampu bekerja secara maksimal. Untuk bekerja secara maksimal tentu saja di butuhkan fokus dan konsentrasi pada saat bekerja.

Baca Juga: Menjadi Freelancer, Lakukan Ini Agar Tak Mengganggu Pekerjaan Utama

Begini Caranya Biar Fokus Saat Bekerja

Biar Fokus Saat Bekerja, Lakukan Cara Sederhana Ini

1. Melatih Fokus Sebagai Kebiasaan

Sebenarnya fokus itu bisa di latih, seperti salah satunya dengan cara membuat sebuah tekad kuat untuk melakukan pekerjaan. Buatlah sebuah janji pada diri kita sendiri bahwa, selama pekerjaan yang kita lakukan belum selesai tidak akan melakukan apapun seperti main sosial media dan lain sebagainya.

Sementara simpan ponsel di dalam laci atau tas, agar pikiran dan mata kita tidak teralihkan dari pekerjaan. Lakukanlah hal tersebut selama kita sedang bekerja. Hal ini akan membatu membuat kebiasaan yang baik yaitu fokus menjadi suatu kebiasaan dalam bekerja.

2. Kerjakan Lebih Dahulu Hal Terpenting

Meski tugas yang harus kita kerjakan begitu banyak, tetap harus membuat sebuah prioritas utama. Seperti utamakan pekerjaan yang memang waktunya sudah mepet. Fokuslah terlebih dahulu kepada pekerjaan tersebut. Setelah selesai, barulah kita melanjutkan ke pekerjaan penting selanjutnya.

Karena jika kita mengerjakan semuanya dalam satu waktu, ini akan otomatis membuat hasil dari pekerjaan tidak maksimal. Multitasking memang bagus, namun ini lebih penting untuk menghindari kesalahan yang mungkin berdampak besar.

Pada prinsipnya, lebih baik mengerjakan satu per satu dari setiap pekerjaan dengan hasil yang benar dan tepat. Di bandingkan bisa mengerjakan banyak namun hasilnya kurang begitu maksimal dan tidak memuaskan.

3. Biar Fokus Saat Bekerja Cari Tempat Kerja Yang Tenang

Agar kita bisa bekerja dengan fokus dan konsentrasi, sebenarnya ada banyak cara yang bisa di lakukan. Dan semuanya tentu saja tergantung tipe dari masing-masing orang. Namun biasanya hal yang bisa di lakukan adalah dengan bekerja di tempat yang tenang.

Bekerja jauh dari hal yang mengganggu seperti suara obrolan, musik yang bising, dan lain sebagainya. Karena biasanya suaralah yang dapat mengganggu konsentrasi yang sebenarnya sudah kita ciptakan. Hasilnya ketika konsentrasi sudah buyar akan sulit untuk kembali bisa berfokus.

4. Menjauhkan Sementara Gadget Dari Jangkauan

Sebenarnya gadget seperti ponsel merupakan benda yang paling bisa mengganggu konsentrasi kita saat bekerja. Entah kenapa tangan atau mata pasti akan otomatis tertuju ke ponsel ketika berada di dekat kita. Padahal sebenarnya tidak ada sesuatu yang penting untuk di lihat di sana.

Maka dari itu agar kita bisa fokus saat bekerja, jika di perlukan maka jauhkan terlebih dahulu ponsel dari jangkauan. Seperti menaruh nya di tas atau memasukannya kedalam laci, jangan lupa untuk mengatur mode silent sementara waktu sampai pekerjaan selesai.

5. Istirahatlan Jika Merasa Sudah Lelah

Fokus dan konsentrasi yang kita lakukan akan membuat pekerjaan terselesaikan dengan lebih cepat. Itu di karenakan tenaga dan pikiran akan tertuju semuanya kepada pekerjaan yang kita lakukan. Inilah yang kadang kala membuat kita merasa kelelahan.

Entah itu ketika saat selesai bekerja ataupun bisa terjadi saat di tengah-tengah ketika melakukan pekerjaan. Jika hal tersebut terjadi, maka segeralah untuk beristirahat sejenak. Istirahat tidak perlu waktu lama, cukup 10-15 menit pun di rasa sudah cukup.

Kita bisa meluangkan waktu istirahat tersebut untuk sekedar mendengarkan musik, gemil, minum, merenggangkan otot, atau hal apapun itu yang membuat badan dan pikiran menjadi tenang. Namun ingat juga! jangan pernah mencuri waktu istirahat untuk melakukan hal-hal yang kurang penting.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Lingkungan Kerja Nyaman Dan Produktif

6. Biar Fokus Saat Bekerja Buatlah Senyaman Mungkin

Semua orang tentu punya caranya sendiri untuk membuat dirinya merasa nyaman ketika melakukan pekerjaan. Itupun berlaku kepada diri kita sendiri, temukanlah situasi atau moment di mana kita bisa merasa benar-benar nyaman untuk menciptakan fokus dan berkonsentrasi dalam bekerja.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *