Meningkatkan Daya Ingat Otak Dengan Latihan Ini

Meningkatkan Daya Ingat Otak Dengan Latihan Ini – Bertambahnya usia memang akan terjadi pada setiap orang. Dengan bertambahnya usia maka aktifitas maupun produktifitas pun akan menurun. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengingat sesuatu.

Jika dulu kita mungkin bisa mengingat banyak hal dengan mudah dan cepat. Maka mungkin saja kemampuan ini akan menurun dan berkurang yang di sebabkan usia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Pada dasarnya memang sesuatu yang wajar jika daya ingat menjadi menurun dan setiap orang tentu akan mengalami kondisi seperti ini.

Namun meskipun demikian, kita masih tetap bisa untuk melatih daya ingat otak dan ketajaman berpikir. Sehingga hal ini bisa menjadikan kita tetap memiliki kemampuan daya ingat yang tajam dan cepat. Lakukan latihan dan kebiasaan ini untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak.

Baca Juga: Terkena PHK tiba-tiba! Ini Cara Bertahan Hidup Dan Dapat Kerjaan Baru

Melatih Daya Ingat Dan Ketajaman Otak

Meningkatkan Daya Ingat Otak Dengan Latihan Ini

1. Tambah Kosakata Baru

Salah satu metode untuk membuka kembali kemampuan berpikir dan daya ingat dengan baik adalah dengan mempelajari atau menambahkan kosakata baru. Dengan demikian kita akan memiliki minat untuk memahami arti dari kosakata tersebut. Dan secara otomatis otak akan merekam dan mengingatnya.

Hal inilah yang akan membuat kita selalu melatih kemampuan berpikir dan juga kemampuan mengingat secara bersamaan. Untuk bisa menemukan kosakata baru ini bisa kita lakukan dengan banyak cara. Bahkan bisa di dapatkan dari sebuah hobi yang di lakukan, misalnya saja membaca atau menonton sebuah film.

Jika kita menemukan kosakata baru dan masih terlalu asing, segera cari artinya dan pahami makna dari kosakata tersebut. Dengan demikian, selain melatih kemampuan berpikir, kita juga bisa memiliki kecerdasan tersendiri dengan memahami lebih banyak kosakata dalam aktifitas sehari-hari.

2. Pelajari Hal Baru

Ketika kita belajar, maka otomatis kita akan mampu membuka mata dan pikiran untuk menjadi lebih cerdas. Bahkan bisa memahami banyak hal, yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan sekali pun. Jika kita ingin meningkatkan daya ingat otak, maka mempelajari hal baru menjadi sebuah keputusan yang tepat.

Jangan pernah lelah untuk belajar, karena mungkin saja masih banyak sekali hal baru yang belum di pahami di luar sana. Dan saat kita mempelajari hal-hal baru, kita akan mampu meningkatkan daya ingat di waktu bersamaan. Kita pun tidak di tuntut untuk mempelajari suatu hal yang luar biasa dan sulit untuk kita mengerti.

Cukup pilihlah hal-hal yang sederhana dan menyenangkan menurut kita. Dan mendorong kita untuk menikmati proses belajar dengan bahagia.

3. Mengombinasikan Semua Indra Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak

Jika kita ingin meningkatkan daya ingat otak, maka hal penting yang harus di lakukan adalah dengan menggunakan semua panca indra yang ada. Cara ini dinilai lebih mudah untuk membuat kita memahami sesuatu dengan cepat. Kita bisa mengombinasikan beberapa indra yang ada untuk bekerjasama dan menjabarkan suatu hal baik yang sedang kita pelajari.

Maka otak akan secara otomatis membantu kita untuk mengingat hal tersebut dengan lebih baik. Misalnya saja ketik kita berada di coffee shop dan ada menu baru kita bisa melibatkan beberapa indra untuk membayangkan bagaimana rasanya.

Mencium aromanya untuk mendapatkan gambaran tentang rasa coffee tersebut, mencicipi dan menebak apa saja bahan yang di gunakan dalam pembuatannya, dan hal lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Membuat Dia Menjadi Jujur

4. Tingkatkan Keselarasan Mata Dan Tangan

Salah satu hal yang bisa meningkatkan daya ingat otak adalah dengan meningkatkan keselarasan mata dan tangan. Hal ini bisa di lakukan dengan beberapa kegiatan yang melibatkan aktivitas motorik halus dan sederhana. Seperti misalnya saja merajut, bermain puzzle, menggambar, dan yang lainnya.

keselarasan antara mata dan tangan akan membatu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan juga daya ingat. Selain itu, ini pun akan membuat kita dapat mengasah kemampuan kreatifitas menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Sedikit Meditasi

Kita tahu bahwa meditasi merupakan hal positif yang mempu membuat kita merasa nyaman dan memberikan ketenangan dalam diri. Dengan melakukan meditasi kita akan merasa lebih rileks, hal ini bisa membawa dampak positif bagi kemampuan berpikir otak, termasuk kemampuan mengingat.

Ketika kita bisa berpikir dengan tenang dan nyaman, maka kita akan lebih mudah mengingat berbagai hal yang dipikirkan. Hal seperti ini bisa kita dapatkan melalui sesi meditasi.

Usia mungkin saja menjadi salah satu faktor yang menyebabkan daya ingat otak menurun. Namun kita bisa terus melatih otak agar tetap memiliki kemampuan mengingat dengan baik atau pun dengan tajam. Pilih dan lakukan latihan yang tepat, agar kedepannya kita bisa tetap memiliki kemampuan mengingat yang baik.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *