Cek Ciri Payudara Sehat Dan Normal

Cek Ciri Payudara Sehat Dan Normal

Cek Ciri Payudara Sehat Dan Normal – Payudara merupakan area intim dan tentu saja menjadi ciri khas seorang wanita. Maka dari itu selalu perlunya perhatian khusus untuk perawatan agar payudara tersebut tetap sehat.

Payudara sendiri mendapatkan asupan nutrisi sistem pembuluh darah. Selain berperan penting untuk menunjang penampilan, payudara sendiri penghasil dari ASI yang berperan penting bagi bayi.

Biasanya cairan ASI akan terbentuk di kelenjar susu dan terkumpul di ruang kecil yang di sebut lobulus lalu ASI ini akan di keluarkan melalui Puting saat ibu menyusui sang buah hati (bayi).

Namun terkadang wanita akan merasa cemas ketika tiba-tiba adanya perubahan pada area payudara tersebut apakah memang normal atau memang mengalami gangguan.

Agar tidak panik yuk cari tahu ciri-ciri payudara normal seperti apa?

Baca Juga : Agar Metabolisme Tubuh Lebih Baik

Cek Ciri Payudara Sehat Dan Normal

Dari Ukuran

Sering kali wanita akan khawatir karena bentuk payudara disebalah kanan dan kiri berbeda ukuran dan beranggapan bahwa adanya tanda payudara tidak normal. Padahal pada kenyataan nya perbedaan ukuran pada kedua payudara adalah normal, terutama ketika wanita berada di masa pubertas. Itu bisa terjadi karena terkadang payudara yang satu sisi lebih cepat perkembanganya dari payudara yang disisi lainnya.

Bentuk Dari Puting

Terkadang ada payudara normal pada wanita yang memiliki puting akan mengencang dan mengeras ketika pada saat di raba. Dan pada saat hawa dingin dan ada juga payudara normal pada wanita yang tidak mengalami hal demikian, ingat, ini masih masuk kedalam hal yang normal. Selain hal tersebut ada bentk puting juga yang bisa berbeda-beda entah itu besar ataupun kecil.

Dan jika memiliki bentuk puting yang mungkin agak masuk kedalam itupun tidak pelu di khawatirkan jika beranggapan akan mengganggu proses menyusui karena kenyataannya hal tersebut tidak mengganggu.

Selain itu ukurang puting pun bisa berubah terutama ketika pada masa kehamilan. Nah hal yang patut diwaspadai adalah apabila bentuk puting mulai dari adanya cairan selain ASI yang keluar, kemudian muncul rasa nyeri, bengkak ataupun kulit yang terkelupas.

Warna Pada Puting dan Tubuh Rambut Di sekitar Puting

Kondisi warna pada puting bisa berubah-ubah tergantung kondisi pada suhu, kehamilan dan usia. Jika kalian wanita menemukan adanya warna puting lebih terlihat cerah atau pun berubah menjadi gelap. Itu masih tergolong kedalam hal yang wajar dan normal.

Dari beberapa wanita mungkin pernah menemukan tumbuhnya rambut atau bulu-bulu halus di sekitar aerola. Dan biasanya folikel rambut tersebut memang berada di sekitar puting dan hal ini masih dalam keadaan hal yang normal. Jika kalian tidak merasa nyaman dengan hal tersebut maka dapat memotong atau mencukurnya seperti pada bulu-bulu di bagian tubuh lain.

Baca Juga: 7 Manfaat Baik Berjemur Pada Pagi Hari

Pembengkakan Serta Nyeri Pada Payudara

Bila kalian merasa terjadi pembengkakan dan terasa nyeri atau sakit pada payudara di sebagian wanita, sebetulnya hal ini masih dalam hal yang normal, apa lagi jika kalian pasca periode menstruasi. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi selama periode menstruasi. Namun, ada baiknya  segera perika ke dokter jika rasa sakit dan nyeri tidak kunjung reda.

Untuk bisa mendeteksi kemungkinan adanya gangguan pada payudara normal secara dini, silakan periksa payudara secara mandiri dan teratur. Lalu jika memang adanya perubahan pada payudara seperti adanya benjolan, muncul kerutan, adanya rasa sakit yang tidak jelas penyebabnya. Ataupun cairan yang keluar dari puting selain ASI padahal tidak sedang menyusui ada baiknya segera periksakan kedokter agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan seperti Kanker Payudara.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *