7 Manfaat Baik Berjemur Pada Pagi Hari

7 Manfaat Baik Berjemur Pada Pagi Hari

7 Manfaat Baik Berjemur Pada Pagi Hari – Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa di pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Karena pada waktu pagi harilah matahari masih dalam keadaaan belum terik. Sehingga hal ini bisa kalian manfaatkan untuk mendapatkan kesehatan secara gratis.

Sinar matahari di pagi hari menghasilkan UV (ultraviolet) yang ketika menyentuh permukaan pada kulit akan secara otomatis di ubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Manfaat yang di hasilkan vitamin D sendiri ialah berfungi untuk menjalankan metabolisme kalsium, imunitas tubuh serta dapat mentransmisi kerja otot pada saraf.

Maka dari itu banyak pakar kesehatan menganjurkan pasiennya untuk berjemur selama 15 menit pada waktu yang tepat yaitu pada pagi hari. Sebelum memasuki pukul 10.00 dan di lakukan setidak nya tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga : Ingin Sixpacks? Ini Tips Jitu Menghilangkan Lemak Perut

7 Manfaat Baik Berjemur Pada Pagi Hari

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tentu saja salah satu manfaat yang bisa di dapatkan ketika melakukan kegiatan berjemur di pagi hari dengan waktu yang tepat adalah bisa meningkatkan imunitas pada tubuh. Hal ini di karenakan sinar matahari pagi mampu membantu meningkatkan pembentukan vitamin D di dalam tubuh.

Seperti yang sudah di ketahui bahwa Vitamin D mempunyai manfaat yang berkaitan erat dengan sistem imunitas tubuh. Sehingga dengan adatnya asupan vitamin D tubuh mampu melawan serangan infeksi dan bakteri penyebab timbulnya penyakit. Dengan demikian, tubuh pun akan jauh lebih kebal ketika menghadapi berbagai risiko penyakit, di antaranya flu, autoimun, kanker, dan lain nya.

2. Mencegah Timbulnya Resiko Penyakit Kulit

Jika kalian mempunyai masalah seperti kerap mengalami adanya ganguan kulit eksim, jerawat, psoriasis atau jenis masalah kulir lainnya. Cobalah untuk melakukan terapi dengan berjemur di pagi hari karena hal ini bisa membantu menurunkan masalah penyakit kulit tersebut.

Namun jika kalian ada keraguan sebaiknya tetap di ajurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli dalam kesehatan kulit. Agar bisa mencegah komplikasi yang tidak di inginkan nantinya.

3. Merawat Kesehatan Tulang

Sinar matahari pagi yang kemudian menyerap kedalah kulit akan berubah menjadi vitamin D3, nah vitamin ini sangat baik untuk tulang agar tetap sehat dan kuat. Selain itu vitamin D3 sangat di butuhkan tubuh dalam menjaga metabolisme hingga sistem imunitas tubuh.

Termasuk juga nantinya akan membantu penyerapan fosfor dan kalsium yang berpotensi menurunkan risiko terkena artritis hingga osteoporosis di masa yang akan datang.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Ini berkaitan erat dengan peran Hormon serotonin yang bermanfaat untuk mengelola susasana hati tetap terjaga. Dalam jangka panjang, hormon ini bisa meningkatkan atau mengoptimalkan fungsi otak dan dapat meminimalisir risiko terjadinya penyakit alzheimer.

Maka dari itu untuk menjaga hormon ini di sarankan untuk bisa memperoleh paparan sinar matahari pagi. Namun perlu hindari paparan sinar matahari pada jam 10.00-14.00, karena pada waktu tersebut, paparan ultraviolet sangat tinggi.

5. Menurunkan Resiko Terjadinya Depresi Ringan

Selain meningkatkan atau mengoptimalkan fungsi otak ternyata hormon serotonin pun bermanfaat untuk mencegah terjadinya depresi ringan, Karena hormon serotonin berperan penting dalam menjaga suasana hati. Jika seseorang kekurangan paparan sinar matahari akan membuatnya lebih beresiko mengalami gangguan mental yang di kenal dengan SAD (Seasonal Affective Disorder). 

Kondisi tersebut juga bisa di kenal dengan istilah depresi ringan. Dimana kondisi ini sering di alami seseorang yang kurang berjemur dan terkena sinar matahari atau lebih sering ada di dalam ruangan tertutup.

Baca Juga : Ingin Turunkan Berat Badan? Lakukan 5 Olahraga Ini

6. Mengatasi Masalah Gangguan Tidur

Hal ini masih berkaitan erat dengan hormon serotonin. Yang di mana jika terbentuk dalam jumlah yang cukup maka akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membuat kalian terhindar dari gangguan tidur pada waktu malam hari.

Selain itu hormon tersebut memiliki tugas penting untuk bisa mendorong tubuh memberikan sinyal istirahat sampai ke pada otak. Dengan begitu, tubuh akan merasa mengantuk. yang nantinya masalah gangguan tidur atau di kenal dengan istilah insomnia akan berkurang.

7. Menjaga Tekanan Darah

Dalam sebuah riset yang menunjukkan bahwa sinar matahari yang cukup di waktu yang tepat sangat bagus dalam menjaga atau menstabilkan tekanan darah. Paparan sinar matahari yang meresap kedalam kulit akan mengenai oksida nitrat yang berada di lapisan kulit bagian atas. Sehingga nantinya membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar.

Dan hasilnya aliran oksida yang masuk ke dalam darah menjai lebih lancar dan membuat tekanan darah lebih stabil. Oleh karena itu biasanya berjemur di pagi hari sangat dianjurkan untuk orang yang memiliki masalah hipertensi.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *