Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja Yang Perlu Di Ketahui

Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja Yang Perlu Di Ketahui. Pada umumnya untuk bisa bekerja, para pencari kerja harus melalui beberapa tahapan atau syarat agar bisa di terima kerja di suatu perusahaan. Salah satu tahapan yang harus di lalui para pelamar kerja adalah proses wawancara kerja (interview).

Kenapa proses interview perlu di lakukan? Selain untuk berkenalan dengan calon karyawannya, interview kerja juga menjadi salah satu syarat yang memang harus di lakukan sebuah perusahaan. Agar nantinya perusahaan tersebut bisa mendapatkan karyawan yang memang berkompeten dalam bidang yang di butuhkan pada perusahaan tersebut.

Perusahaan tentu saja tidak mau rugi, termasuk dalam hal rekrutmen. Maka dari itu interview kerja akan di lakukan oleh perusahaan yang biasanya di wakili oleh HRD (Human Resource Development). Untuk mencari kadidat dari para pelamar kerja yang memang cocok untuk mengisi posisi yang saat ini sedang kosong dan di butuhkan di perusahaan.

Pada tahap interview kerja, para pelamar akan mendapatkan sejumlah pertanyaan dari HRD yang nantinya harus di jawab dengan sebaik mungkin. Inilah pentingnya bagi kita (pelamar kerja) sebelum memulai proses interview kerja, untuk mengetahui dan memahami beberapa pertanyaan dan jawaban tersebut dengan baik. Agar nantinya bisa menjadi bekal yang baik untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Pada umumnya pertanyaan interview kerja meliputi, Jelaskan tentang diri anda?, Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan ini?, Kenapa kami harus mempekerjakan anda? dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas apa saja pertanyaan umum yang biasanya di tanyakan oleh HRD Perusahaan, simak berikut ini!

Baca Juga: Contoh Jenis Psikotes Dalam Tes Kerja, Yang Paling Umum Ditemukan

8 Pertanyaan Pada Saat Proses Interview Kerja

Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja Yang Perlu Di Ketahui

1. Jelaskan Tentang Diri Anda?

Tahapan pada pertanyaan pertama yang di tanyakan oleh pihak HRD biasanya adalah untuk menjelaskan bagaimana tentang diri anda?. Jika kemudian kita mendapatkan pertanyaan seperti ini, maka kita perlu menjawabnya secara ringkas dan langsung pada intinya.

Artinya kita bisa menjelaskan apa saja yang bisa kita tawarkan dari diri kita. Dan biasanya pada tahapan ini pewawancara ingin lebih tahu tentang pengalaman, jenis perusahaan dan hal-hal yang pernah di kerjakan di perusahaan sebelumnya. Dari hal tersebut biasanya HRD (pewawancara) akan bisa mengetahui bagaimana pengetahuan kita, watak atau kepribadian kita dan juga kemampuan kita.

Tips Menjawab pertanyaan tersebut adalah, misalnya:

“Saya pernah bekerja di bidang technical support jaringan selama 2 tahun. Dalam pekerjaan terakhir saya, saya di percayai untuk memimpin divisi tersebut dengan tim sebanyak 5 orang. Saya sendiri memiliki kemampuan untuk troubleshooting jaringan komputer dengan baik dan memahami beberapa permasalahan tentang masalah jaringan. Inilah yang membuat saya dapat bekerja di bidang tersebut, saya sendiri memiliki latar belakang pekerjaan di perusahaan besar dan kecil”.

2. Mengapa Anda Keluar Dari Pekerjaan Terakhir Anda?

Pertanyaan yang satu ini memang membingungkan bagi sebagian dari kita yang dalam tahapan interview kerja. Namun jika kita mendapatkan pertanyaan seperti ini, pastikan untuk menjawabnya dengan nada yang tegas dan mantap, tanpa keraguan dan jangan pernah ada kebohongan.

Artinya jika memang pada perusahaan lama tempat bekerja kurang menghargai pekerjaan kita, maka katakan saja apa adanya. Namun perlu di ingat juga dalam kasus ini, kita tidak boleh memojokkan satu pihak dengan menyalahkan dan seolah-olah kitalah yang paling benar.

Kita bisa menjawab seperti misalnya contoh berikut:

“Perusahaan memang telah banyak berubah dari semenjak saya memulai pekerjaan di hari pertama saya. Dan perubahan tersebut memang membuat posisi saya semakin sulit atau membuat saya tidak bisa mengembangkan diri lebih jauh. Akhirnya ini membuat saya mau tidak mau harus memutuskan untuk keluar, dengan sebuah keputusan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya”.

3. Kenapa Anda Ingin Bekerja Di Perusahaan Ini?

Jika mendapatkan pertanyaan seperti ini usahakan berhati-hati karena ini memang pertanyaan yang menjebak. Namun jika memang mendapatkan pertanyaan seperti ini usahakan untuk menjawabnya secara bijak. Artinya jangan hanya mengarah ke gaji besar saja saat kita bekerja di sebuah perusahaan.

Meskipun memang hal tersebut begitu wajar, karena kita dalam proses mencari uang atau penghasilan. Namun kita pun harus bisa menyatakan hal tersebut secara sugestif. Kita harus jujur, apabila memang tertarik bekerja di perusahaan tersebut karena gaji, katakan saja bahwa kita ingin bekerja lebih produktif dan untuk bisa menyongsong kehidupan yang lebih cerah lagi.

Namun jawaban diatas hanyalah sebuah contoh kecil, karena setiap orang pasti memiliki alasannya masing-masing. Dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sebuah perusahaan yang ingin di lamar. Intinya adalah apapun alasan atau pandangannya, untuk menjawab pertanyaan tersebut utamakan bersikap jujur, bijak, dan membuat kita terlihat produktif.

4. Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?

Ini adalah pertanyaan yang menjebak selanjutnya, karena pada umumnya jika kita di tanya seperti ini, maka kita akan menjawab dengan berbagai kelebihan dan kemampuan yang di miliki. Bahkan ada beberapa orang yang melebih-lebihkan kemampuan yang di milikinya pada saat proses interview.

Hal tersebut memang sah saja untuk di katakan di depan HRD (pewawancara) seperti menyampaikan kelebihan atau prestasi yang sudah di dapatkan sebelumnya. Namun sebaiknya tidak terlalu berlebihan apalagi sampai melebih-lebihkan, mengapa demikian?

Kita tahu bahwa tim HRD pada umumnya akan di dominasi oleh orang-orang yang memiliki jurusan pisikologi. Sehingga kemungkinannya mereka akan mengetahui setiap karakter seseorang jika mengatakan sesuatu yang berlebihan.

Satu lagi yang perlu di hindari adalah, menyatakan kelebihan kita dengan merendahkan kemampuan orang lain. Ini sudah pasti akan menjadi bumerang bagi kita dan bersiaplah untuk di coret dari daftar pelamar alias sudah pasti mendapatkan penolakan.

5. Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja Tentang “Apa Keunggulan Anda?”

Ini mungkin menjadi pertanyaan yang pada umumnya banyak di tanyakan kepada pelamar kerja saat proses interview. Sudah pasti untuk menjawab pertanyaan ini di butuhkan kejujuran dan kesesuaian dengan posisi apa yang di lamar. Artinya jangan sampai kita malah menyampaikan kelebihan yang tidak sesuai dengan posisi yang di lamar.

Hal ini bisa membuat kita di anggap tidak teliti dan tidak memperhatikan di posisi mana kita melamar. Selain itu kita pun harus menyampaikan keahlian atau kemampuan yang di miliki secara yakin dan memang di butuhkan di perusahaan tersebut. Dan jangan pernah berlebihan dalam menyampaikan sesuatu.

6. Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja Tentang “Apa Kelemahan Anda?”

Jika sebelumnya tentang kelebihan maka ini kebalikannya, HRD akan menanyakan tentang apa kelemahan kita. Dan biasanya yang terjadi kebanyakan dari kita/pelamar akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan ini memang membuat kita serba salah, kenapa demikian?

Karena kita akan bimbang, jika kita mengungkapkan banyak kelemahan bisa saja mereka akan menolak kita. Namun tenang ada satu teknik yang bisa di terapkan pada pertanyaan ini. Yaitu dengan memilih kelemahan yang kemudian menjadikannya sebuah kelebihan, bagaimana caranya?

“Kelemahan saya adalah tidak selalu sabaran untuk segera menyelesaikan pekerjaan atau bisa juga saya mudah marah kepada diri saya ketika tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik”.

Baca Juga: Supaya Karier Bisa Maju! Lakukan 5 Cara Ini

7. Apa Yang Ada Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Dengan adanya pertanyaan ini mengingatkan bahwa kita harus menggali sebanyak-banyaknya informasi tentang perusahaan yang kita lamar, sebelum melakukan interview kerja. Karena hal ini akan menjadi penilaian lebih terhadap kita, jika mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan baik.

Kita akan di pandang sebagai orang yang peduli dan serius terhadap lowongan dari perusahaan tersebut. Sebaliknya jika kita tidak bisa menjawab maka kita akan di anggap sebagai orang yang tidak serius terhadap perusahaan tersebut yang nantinya akan menjadi tempat kita bekerja.

8. Apakah Ada Yang Ingin Anda Tanyakan?

Hal terakhir yang mungkin akan di tanyakan HRD (pewawancara) adalah timbal balik sebuah pertanyaan dari kita terhadap mereka. Kemudian jika menemukan pertanyaan seperti ini bagaimana yang harus kita lakukan?. Pada umumnya tentu saja kita memiliki dua pilihan, memberikan pertanyaan atau tidak.

Namun lebih baik kita bisa memberikan pertanyaan terhadap mereka, mengapa?. Karena ini akan menjadi poin penilaian lebih terhadap kita, kita akan di anggap memiliki antusias terhadap interview tersebut, lowongan, sampai posisi dan perusahaan.

Kita bisa menanyakan bagaimana nantinya pekerjaan yang akan kita jalani atau apa saja budaya kerja di perusahaan tersebut, jika nantinya kita di terima dengan baik di perusahaan tersebut. Atau pertanyaan lain sebagainya yang berkaitan dengan perusahaan atau pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker