Kenali TB Usus Penyebab Banyak Kematian

Kenali TB Usus Penyebab Banyak Kematian

Kenali TB Usus Penyebab Banyak Kematian – TBC Usus adalah kondisi di mana sebuah bakteri yang di sebut Mycobacterium tuberculosis menginfeksi organ perut. Dan juga umumnya terjadi pada sistem pernapasan. Selain itu bakteri TB ini dapat menyebar ke organ perut melalui darah, getah bening. Serta pada dahak yang tertelan dan juga bisa menyebar ke organ lain mulai dari Otak (meningitis TB), tulang (TB tulang), hingga payudara (mastitis TB).

Biasanya bakteri ini akan menginfeksi pada orang yang memang daya tahan tubuh nya rendah, seperti pada penderita kekurangan gizi, diabetes atau pun HIV. Di ketahui TB atau tuberkulosis salah satu penyakit infeksi yang paling banyak menyebabkan kematian khususnya di indonesia.

Lalu untuk Gejala TBC usus akan sulit di bedakan dengan penyakit usus lainnya dan sering kali bersifat tidak spesifik. Yang membuat gejalanya hampir sama dengan kanker usus dan penyakit Crohn. 

Baca Juga: Usus Buntu Dengan Jambu Biji

Namun biasanya Gejala TBC Usus dapat berupa: Sakit pada perut, Demam, Terjadi penurunan berat bada, sembelit, diare, Pembesaran hati dan limpa, mengeluarkan darah ketika buang air besar, nafsu makan berkurang, mual disertai muntah dan  terasa ada massa di dalam perut.

Dan ada beberapa kasus  infeksi pada TBC usus dapat mengakibatkan penyumbatan usus hal ini merupakan kondisi darurat, dengan timbulnya gejala seperti perut tegang, terasa ada benjolan di perut, dan muntah.

Lalu Bagaimana Mengobati TBC Usus?

Untuk masalah pengobatannya sendiri masih menimbulkan banyak perdebatan. Di karenakan masih sedikitnya jumlah studi yang melakukan penelitian pengobatan dalam kondisi ini. Jika di bandingkan dengan penelitian tentang pengobatan TBC paru.

Namun di kutip dari Alodok pengobatan TBC usus meliputi:

Menggunakan obat antituberkulosis (OAT)

Bisanya obat anti-TB yang di berikan dan di gunakan pada pengobatan TBC usus sama dengan antibiotik untuk TBC paru. Adapun contoh obatnya adalah rifampicin, isoniazid, pyrazinamid, dan ethambutol.

Dan waktu pemberian obat yang ideal untuk TBC usus saat ini masih terus dan banyak di pelajari lebih lajut. Namun pada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi obat selamat 6 bulan dapat membereikan hasil yang memuaskan. Dan juga Pengobatan lebih dari 6 bulan mungkin akan di perlukan untuk kasus TBC usus yang di sertai dengan komplikasi.

Baca Juga: Perut Kembung! Mungkin Karena Jenis Makanan Ini

Melakukan Operasi

Operasi atau Pembedahan akan di perlukan apa bila pada kasus TBC usus yang di sertai komplikasi. Seperti perforasi (lubang), adhesi (perlekatan), fistula, perdarahan, dan obstruksi (penyumbatan) usus.

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa gejala TBC usus sering kali bersifat tidak spesifik. Maka baiknya segera menemui dokter untuk berkonsultasi dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk bisa memastikan jika emang kalian dalam kondisi memiliki risiko terkena TBC.

Dan apabila setelah kalian mengonsumsi obat dan di nyatakan sembuh dari TBC usus namun masih merasakan perut tegang, nyeri, mual, atau pun muntah. Jangan ragu-ragu untuk bisa segera memeriksakan diri kembali ke dokter. Kenali TB Usus Penyebab Banyak Kematian

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *