Usus Buntu Dengan Jambu Biji

Usus Buntu Dengan Jambu Biji

Usus Buntu Dengan Jambu Biji – Kita tentu sering mendengar perkataan atau ucapan seseorang bahwa memakan jambu biji atau menelan bijinya bisa menyebabkan usus buntu. Benarkah demikian? Sebelum itu mari kita mencari tahu apa penyebab dan gejala usus buntu itu sendiri.

Usus buntu di sebabkan karena adanya penumpukan kotoran yang mengeras, Folikel limfoid yang membesar, cacing usus atau parasite, cedera traumatis, tumor dan benda asing lain nya. Lalu untuk beberapa gejala usus buntu sendiri yang di kutip dari klikdokter adalah:

Baca Juga: Jenis Makanan Penyebab Perut Kembung

  • Terjadi Nyeri yang tiba-tiba pada perut kanan bawah
  • Nyeri biasanya dimulai pada pusar kemudian pindah ke perut kanan bawah
  • Nyeri Bertambah terasa ketika bantuk dan berjalan
  • Mual dan muntah
  • Berkurang nya nafsu makan
  • Demam
  • Susah BAB atau timbul diare
  • Rasa begah atau penuh pada perut

Bagaimana dengan cara penanganan nya bila terjadi usus buntu? Tentu penanganan nya adalah dengan tidakan pembedahan serta obat-obatan yang di berikan oleh dokter untuk mengurangi rasa nyeri dan antibiotik.

Lalu untuk pencegahannya tentu saja kita di ajurkan untuk menjalai pola makan yang tinggi akan serat, perbanyak buah dan sayur agar BAB kita menjadi lancar serta secara rutin berolahraga dan meminum air putih yang cukup.

Lalu bagaimana dengan memakan jambu biji atau menelan bijinya apakah itu penyebab nya juga? Biji jambu berukuran kecil dan ketika masuk kedalam tubuh akan hancur oleh asam lambung dan enzim pencernaan sehingga tidak mungkin menyumbat usus. 

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Namun tidak menutup kemungkinan juga jika adanya gangguan proses pencernaan dalam jangka waktu yang panjang kondisi ini memang dapat menyebabkan usus buntu, Namun, angka kejadian usus buntu yang di sebabkan sumbatan jambu biji atau bijinya di lamporkan sangat sedikit.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *