Ingin Bekerja Sebagai IT? Ini Skill Yang Harus Di Miliki

Ingin Bekerja Sebagai IT? Ini Skill Yang Harus Di Miliki. Tidak di pungkiri bahwa saat ini perkembangan dunia teknologi membawa banyak peluang baru terutama dalam karir. Kebutuhan keahlian di bidang TI saat ini semakin di butuhkan apalagi selama masa pandemi.

Banyak perusahaan yang harus menerapkan sistem Work From Home (WFH) untuk karyawaanya. Dan semua ini tentu harus di dukung dengan sistem teknologi yang memadai. Sehingga mau tidak mau perusahaan harus bisa meningkatkan sistem teknologi mereka demi kelancaran bisnis yang ada.

Maka dari itu dengan adanya kondisi tersebut, banyak peluang terbuka khususnya untuk kita yang mempunyai skill di bidang IT. Dan di perkirakan keahlian di bidang ini akan terus meningkat lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi jika kita adalah salah satu fresh graduate yang baru lulus kuliah dan akan terjun ke dunia kerja. Maka tentu saja akan ada banyak peluang terbuka untuk mengembangkan karir. Khususnya di dunia IT.

Lalu apa saja skill yang di butuhkan sebagai IT yang menjanjikan di tahun ini?

Baca Juga: 6 Strategi Interview Kerja! Agar Di Terima Perusahaan

7 Skill IT Yang Banyak Di Butuhkan Di Tahun Ini

Ingin Bekerja Sebagai IT? Ini Skill Yang Harus Di Miliki

1. Big Data

Kita tahu bahwa beberapa perusahaan akan memiliki sebuah data yang terbilang cukup banyak. Dan tentu saja data ini harus di lakukan update dan pemrosesan sepanjang waktu. Hal ini di tentu saja di lakukan untuk tujuan meningkatkan bisnis yang di jalankan dan bahkan untuk membangun sebuah sistem yang jauh lebih baik.

Maka dari itu untuk mendukung perkembangan perusahaan pada data tersebut. Di butuhkan keahlian seorang pada bidang big data tersebut. Yang nantinya di butuhkan untuk menganalisa dan mengambil sebuah keputusan yang tepat.

2. Cloud Computing

Selama masa pandemi berlangsung penggunaan teknologi cloud sangat meningkat tajam. Karena begitu banyak perusahaan yang mulai menggunakannya. Karena teknologi ini di gunakan untuk tujuan mendapatkan lebih banyak sumber pendapatan yang lebih besar dari sebelumnya.

Tercatat bahwa di tahun ini penggunaan akan permintaan teknologi cloud meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Inilah yang menjadikan terbukanya peluang kerja bagi kita yang memiliki skill di bidang cloud computing.

3. Cybersecurity

Ini adalah skill yang paling di butuhkan dan terus meningkat setiap waktunya. Kebutuhan akan skill Cybersecurity meningkat tajam karena saat ini sedang berkembangnya layanan digital yang di lakukan oleh berbagai perusahaan. Perusahaan tentu akan menggunakan teknologi untuk membantu mengolah data yang mereka miliki.

Hal tersebut tentu tidak lepas dari kebutuhan perlindungan. Dan biasanya orang-orang yang memiliki skill cybersecurity inilah yang di butuhkan. Jika kita menjadi salah satu orang yang memiliki kemampuan di bidang cybersecurity, maka sudah pasti akan mendapatkan peluang pekerjaan yang baik. Bahkan bisa mendapatkan gaji yang di bilang cukup tinggi sekali pun jika Ingin Bekerja Sebagai IT.

4. Data Scientist dan Data Analyst

Data Scientist merupakan bidang yang secara khusus bertugas mengolah data dari data engineer dan kemudian melihat apakah ada peluang bisnis baru. Dengan mengandalkan berbagai alat yang berbeda, seperti algoritma dan juga prinsip tentang pembelajaran mesin.

Dan tentu saja orang yang memiliki kemampuan ini sangat di butuhkan terutama pada bidang industri seperti perbankan maupun layanan kesehatan. Lebih tepatnya skill ini pun akan di butuhkan perusahaan dalam mengambil sebuah keputusaan.

Sedangkan seorang yang memiliki skill Data Analyst merupakan orang yang bertanggung jawab mengolah data, mengambil kesimpulan, maupun melakukan visualisasinya. Profesi yang di lakukan seorang Data Analyst mengharuskan berhadapan langsung dengan banyak data. Kemudian tugas dari seorang Data Analyst adalah mencari insight untuk memajukan bisnis dari berbagai aspek.

5. Software development

Software development sendiri merupakan istilah yang di pakai setiap developer atau seorang programmer khususnya dalam membuat sebuah aplikasi atau website. Kemudian dalam dunia bisnis pun banyak yang membutuhkan skill ini. Apalagi jika bisnis yang di jalankan dalam tahap berkembang.

Seorang dengan skill developer akan memiliki banyak tugas, seperti di antaranya: merancang sistem, melakukan pemasangan, menguji, termasuk memelihara sistem tersebut selama di gunakan. Selain itu, seorang developer juga akan membantu perusahaan dalam membuat sebuah sistem dan proses dalam bisnis menjadi lebih simpel dan lebih efisien dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Hal Yang Harus Dipikirkan Ketika Jenuh Dengan Pekerjaan

6. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah program yang di buat untuk menyelesaikan berbagai tugas, misalnya saja pengenalan wajah, pengenalan gambar, klasifikasi gambar, dan lain-lain sebagainya. Kemudian untuk Machine learning merupakan upaya yang di lakukan untuk memberi tahu kepada komputer tentang cara penggunaan berbagai data yang ada di dalamnya, di mana biasanya ini di butuhkan dalam membuat keputusan.

Keduai teknologi ini tentu saja di harapkan mampu bekerja lebih cepat di bandingkan manusia. Sehingga membuat banyak perusahaan menggunakannya. Dan sudah di pastikan orang yang memiliki skill di bidang AI dan machine learning akan banyak di butuhkan sekali pun dengan keinginan gaji yang tinggi jika Ingin Bekerja Sebagai IT.

7. Internet of things dan Edge Computing

Ingin Bekerja Sebagai IT Skill ini pun akan menjadi salah satu yang sangat di butuhkan banyak perusahaan. Karena kebutuhan akan teknologi cloud yang sedang meningkat tajam. Sehingga Edge computing akan menyelesaikan latensi yang terjadi karena cloud computing. Dan tentu saja pemrosesan data dapat di lakukan dengan lebih efisien.

Teknologi ini akan di butuhkan untuk pemrosesan data yang terbilang sensitif terhadap waktu. termasuk ketika di lakukan di area terpencil yang hanya memiliki konektivitas minim atau bahkan yang tidak terkoneksi dengan jaringan pusat. Permintaan skill di bidang ini di pastikan akan semakin meningkat, terutama setelah adanya peningkatan besar dalam penggunaan Internet of Things (IoT).

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *