Ketahui Apa Itu BRANDING Dalam BISNIS Dan Manfaatnya

Ketahui Apa Itu BRANDING Dalam BISNIS Dan Manfaatnya

Ketahui Apa Itu BRANDING Dalam BISNIS Dan Manfaatnya – Pada saat kita memulai sebuah bisnis maupun usaha, tentu saja kita ingin produk ataupun jasa yang kita jual dapat dikenal atau di ingat oleh kalangan masyarakat sebagai pelanggan. Ada beberapa cara agar hal tersebut bisa terjadi, salah satunya adalah dengan membuat sebuah Brand.

Lalu Apa Yang Dimaksud Brand?

Apa itu Brand? Sebuah identitas atau nama dari suatu produk itulah pengertian dari Brand. Misalnya saja berupa nilai atau manfaat, dan juga siapa perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Brand memiliki cakupan berupa nama, simbol, design, slogan ataupun sebuah gabungan dari beberapa hal tersebut.

Kemudian Untuk membedakan suatu produk dengan produk lain maka perusahaan akan menciptakan sebuah Brand. Dan biasanya juga untuk membuat identikasi perbedaan dengan produk yang di hasilkan oleh kompetitor (Pesaing).

Nah untuk memperkenalkan Brand tersebut kepada masyarakat atau konsumen suatu perusahaan akan melakukan yang namanya “Branding”.

Baca Juga: Solusi Investasi Reksadana Jika Harganya Turun

Lebih Lanjut Tentang Branding

Apa itu Branding? merupakan sebuah proses yang di lakukan untuk memberikan penilaian dari suatu organisasi, perusahaan, produk maupun layanan dengan cara membuat atau menciptakan sebauh merek yang nantinya akan melekat dalam benak dan juga pikiran masyarakat sebagai konsuman.

Biasanya ini dapat terwujud dengan adanya serangkaian sebuah strategi dari perusahaan untuk membantu masyarakat dalam melakukan identifikasi. Dan memiliki sebuah pengalaman dari suatu produk yang di hasilkan.

Branding dapat memberikan suatu alasan bagi konsumen untuk memilih produk. Selain itu sebuah Branding yang sukses akan membuat value perusahaan menjadi naik. Tentu ini adalah hal yang penting, karena reputasi perusahaan merupakan sebuah aset yang tidak berwujud. Namun sangat berpengaruh bagaimana nantinya orang memandang perusahaan tersebut.

Unsur Dalam Branding

  • Nama
  • Sebuah Logo yang menggambarkan Brand
  • Tampilan Visual : Design produk, kemasan, keseragaman dan lain-lain
  • Pembicara : Bisa co-founder, maskot, hingga meliputi brand ambassador
  • Suara : Meliputi nada atau pun lagu yang digunakan untuk ikon brand
  • Slogan

Jika di kombinasikan dengan baik maka unsur-unsur tersebut dapat menjadikan eksistensi dan presefsi sebuah brand yang positif agar menarik minat calon konsumen yang diinginkan. Ketahui Apa Itu BRANDING Dalam BISNIS Dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Dalam Branding

1. Product Branding

Bisa di katakan jenis branding yang paling umum diterapkan dalam sebuah bisnis. Dan sebagian masyarakat mungkin dapat melihatnya entah itu melalui siaran TV, radio, koran, dan berbagai media lainnya dalam bentuk iklan.

Product Branding Di lakukan Untuk tujuan memperkenalkan produk baru kepada masyarakat luas hingga digunakan untuk meningkatkan penjualan produk. Dan untuk bisa memenuhi tujuan tersebut sebuah perusahaan biasanya menerapkan product branding dengan menampilkan keunggulan produk tersebut. Seperti dari segi fitur, harga, manfaat dan lain sebagainya.

2. Personal Branding

Ini adalah proses di mana setiap orang mem-branding dirinya, Seperti saat melakukan sebuah presentasi orang tersebut akan mengemas diri dimata para audiens. Sehingga jenis branding ini bisa di lakukan semua orang.

Setiap komunikasi yang di lakukan biasanya menggambarkan hal yang sesuai dengan personal branding yang ingin di bentuk.

3. Corporate Branding

Biasanya ini untuk mempromosikan perusahaan dari nilai-nilai, visi maupun misi, dan etos kerja biasanya akan tergambar jelas dalam kegiatan operasional. Dan pada umumnya Corporate Branding akan di lakukan oleh perusahaan penyedia layanan atau jasa.

Biasanya untuk bisa mencapai sebuah tujuan, startegi ini melibatkan berbagai media dalam pemasarannya seperti website, event dan juga media sosial agar bisa membangun citra positif di mata masyarakat luas.

4. Geographical Branding

Geographical Branding Biasanya bertujuan untuk menunjukan keindahan, keunggulan, dan keunikan dari suatu wilayah oleh suatu perusahaan. Yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk mengunjungi tempat tersebut. Sudah jelas jenis branding ini pasti di gunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang pariwisata.

5. Co-Branding

Sebuah branding yang di lakukan dengan melakukan kerja sama sebuah perusahaan dengan merek lain agar bisa memperluas target konsumen. Biasanya berdasarkan sebuah kesepakatan inilah yang nantinya akan lahir produk baru yang memiliki ciri khas dari masing-masing perusahaan tersebut.

Baca Juga: Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal

Apa Tujuan Di terapkannya Sebuah Branding?

Tentu saja tujuan umumnya adalah untuk mendorong masyarakat agar membeli produk maupun jasa yang kita tawarkan. Namun dari segi perluasannya branding bukan hanya untuk mendorong masyarakat untuk membeli maupun menggunakan jasa. Melainkan lebih kepada membentuk persepsi masyarakat dan membangun rasa percaya.

Karena ketika masyarakat sudah memiliki presepsi positif dan kepercayaan yang kuat pada suatu merek. Maka mereka akan cenderung membuat keputusan melakukan pembelian kembali (repurchase) di masa yang akan mendatang. Yang biasanya di sebut Pelanggan.

Manfaat Branding Pada Suatu Bisnis

Pada dasarnya suatu produk atau pun jasa yang di tawarkan dipasar merupakan komoditi yang mempunyai kesetaraan nilai serta manfaatnya itulah yang di katakan Landa (2006). Kemudian Neumeier menyebutkan bahwa masyarakat di zaman sekarang bukan hanya soal membertimbangkan kebutuhan.

Ketika memutuskan untuk membeli suatu produk, adapula faktor lainnya yang mempengaruhi keputusan. Di antaranya seperti faktir pisikologis, emosional, dan keinginan untuk mengapresiasikan suatu produk maupun layanan. Untuk itu biasanya beberapa masyarakat akan memilih suatu produk yang memang reputasinya sudah terbukti jelas.

Berikut manfaat branding dalam sebuah bisnis:

  • Dapat mempermudah perusahaan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap suatu produk atau layanan yang di tawarkan.
  • Dapat meningkatkan reputasi sebuah perusahaan yang merupakan aset penting.
  • Meningkatkan angka penjualan.
  • Membantu terhadap konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli atau memilih produk lain.

Selain kegiatan operasional, Branding juga menjadi kegiatan yang tak kalah penting. Karena memiliki dampak yang sangat luas dari sisi penjualan maupun masa depan sebuah perusahaan. Maka dari itu sebuah perusahaan harus memiliki kemampuan strategi branding yang baik dan selaras dengan tujuan perusahaan tersebut. Atau juga apapun yang ingin perusahaan capai dalam sebuah bisnis.

Beberapa pengetahuan tentang Ketahui Apa Itu BRANDING Dalam BISNIS Dan Manfaatnya. Semoga bisa membantu menambah pengetahuan maupun pemahaman, khususnya yang baru saja memulai sebuah bisnis.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *