Cara Cek Online BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

Cara Cek Online BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

Cara Cek Online BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak. Ketika kita terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, maka kita akan mendapatkan perlindungan keuangan jika terserang penyakit. Karena kita tidak perlu memikirikan biaya yang mahal untuk pengobatan. Semua biaya tentu akan di tanggung oleh BPJS Kesehatan.

Fungsi BPJS Kesehatan sendiri sebenarnya memiliki sifat untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu kita sakit. Namun, pada kenyataannya setiap orang tentu ingin selalu sehat. Maka dari itu, inilah penyebab kenapa BPJS Kesehatan menjadi tidak terpakai, jika kita sehat.

Malahan terkadang ketika sakit pun banyak orang enggan memeriksakan diri ke puskesmas menggunakan BPJS Kesehatan yang sebenarnya sudah di miliki. Mereka lebih memilih berobat ke klinik 24 karena mungkin punya beberapa alasan.

Dan hasilnya kartu BPJS Kesehatan pun menjadi terbengkalai, tidak di gunakan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Lalu mungkin sebagian dari kita memiliki pertanyaan, apakah status BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak?. Bagaimana jika mau di gunakan ternyata sudah tidak aktif dan kita harus membayar biaya rumah sakit dengan uang sendiri?.

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan Saat Pandemi Yang Tepat

Solusinya adalah, coba lakukan pengecekan terlebih dahulu melalui media online atau offline seperti yang akan di bahas berikut ini!.

Begini Mudahnya Cara Cek Online BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

1. Cek Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara mudah pertama yang bisa di lakukan untuk melakukan pengecekan status BPJS Kesehatan aktif atau tidak nya bisa melalui aplikasi yang sudah di sediakan oleh BPJS yaitu Mobile JKN. Langkahnya adalah:

  1. Silakan download aplikasi mobile JKN di ponsel
  2. Kemudian buat akun, dengan melakukan pendaftaran atau registerasi (Jika belum punya akun).
  3. Namun jika sudah memiliki akun, langsung login ke aplikasi pilih menggunakan NIK atau Nomor Kartu Peserta BPJS Kesehatan, masukan password dan kode captcha, Klik sign in.
  4. Pada halaman utama, silakan pilih Menu Peserta.
  5. Pasti akan muncul status data peserta dan status kepesertaanya.
  6. Jika memang status BPJS masih aktif, maka akan tertulis aktif dan jika sudah tidak aktif, maka akan tertulis nonaktif.

2. Via WhatsApp, Telegram Dan Facebook Messenger (Layanan CHIKA)

Selanjutnya BPJS Kesehatan menjelaskan bahwa untuk mengakses layanan informasi dan pengaduan melalui sistem chatting tersedia yaitu Layanan CHIKA (Chat Asistant JKN). CHIKA bisa di akses melalui Whatsapp, Telegram bahkan Facebook Messenger. Langkahnya:

Melalui Whatsapp:

  1. Silakan Whatsapp CHIKA di nomor 0811-8750-400 atau https://wa.me/08118750400
  2. Kemudian Tulis pesan “Halo CHIKA”
  3. Sistem akan otomatis membalas pesan, “Saya bisa membantu dalam memberikan informasi: 1. Cek Status Peserta BPJS Kesehatan, 2. Cek Tagihan BPJS Kesehatan, 3. Lokasi Faskes, dan lainnya.
  4. Sesuai info yang kita inginkan, maka kita balas dengan menuliskan nomor “1”.
  5. Dan sistem akan membalas dengan jawaban informasi yang kita minta, apakah status kepesertaan aktif atau nonaktif.

Melalui Telegram:

Melalui Facebook Messenger:

3. Cara Cek Online BPJS Kesehatan Melalui Telepon Care Center

Selain dua cara di atas selanjutnya pengecekan BPJK Kesehatan secara online pun bisa melalui telepon Care Center di nomor 1500 400. Kemudian kita akan di arahkan untuk menekan angka tertentu sesuai informasi yang di butuhkan. Berikut rincian angka nya:

  • 1 – Cek status kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • 2 – Perubahan data.
  • 3 – Konsultasi dokter.
  • 4 – Layanan Badan Usaha.
  • 5 – Informasi dan keluhan lainnya.

Jika cara online di atas masih kurang bisa kita lakukan, ada juga cara offline yang bisa di coba yaitu:

Cara Cek Offline BPJS Kesehatan Dengan Mendatangi Puskesmas Terdekat

Cara offline pun tidak harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Karena sebenarnya di Faskes atau Fasilitas Kesehatan tingkat 1 pun bisa di lakukan seperti puskesmas.

Jika misalkan kita ada waktu atau sedang mengantarkan sodara yang berobat ke puskesmas, kita bisa coba minta tolong ke bagian pendaftaran untuk melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan kita apakah masih aktif atau tidak.

Tak perlu malu atau ragu bertanya meski puskesmas tersebut bukan faskes rujukan yang kita daftarkan, seperti yang biasanya tercantum di kartu BPJS Kesehatan. Namun tetap harus melihat situasi dan kondisi ya agar tidak mengganggu.

Bila memang petugas sedang sibuk melayani banyak pasien, tunggulah sampai agak sepi. Atau alternatif nya kita bisa datang ke puskesmas lebih pagi agar leluasa meminta informasi tersebut.

Baca Juga: Hidup Sehat Ditengah Pandemi Covid-19

Agar BPJS Kesehatan Tetap Aktif Bayar Iuran Tepat Waktu

Biasanya BPJS Kesehatan akan ada iuran setiap bulannya, entah itu bayar secara mandiri atau pun potongan gaji dari perusahaan tempat kita bekerja. Sebaiknya tetap manfaatkan layanan BPJS Kesehatan sebagai perlindungan kesehatan.

Meskipun tidak sakit, kita bisa menggunakannya untuk sekedar kontrol kesehatan di puskesmas dengan menggunakan BPJS Kesehatan, seperti misalnya vitamin yang di butuhkan. Menggunakan layanan BPJS Kesehatan bisa lebih menghemat biaya kesehatan.

Misalnya saja jika kita sedang sakit flu, untuk berobat di klinik 24 jam membutuhkan biaya mungkin sekitar Rp. 30 ribu sampai Rp. 150 ribu. Sedangkan jika kita memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan di puskesmas akan gratis tidak bayar sama sekali.

Maka dari itu penting untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya, agar status tetap aktif dan kita bisa menikmati fasilitas dan manfaatnya kapanpun.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *