Mengatasi Rasa Canggung Dalam Berkomunikasi Dengan Orang Baru

Mengatasi Rasa Canggung Dalam Berkomunikasi Dengan Orang Baru

Mengatasi Rasa Canggung Dalam Berkomunikasi Dengan Orang Baru – Melakukan komunikasi adalah cara penting untuk bisa berinteraksi di dalam sebuah hubungan masyarakat. Itulah mengapa sebabnya komunikasi menjadi alat untuk menyampaikan sebuah pendapat dan di gunakan untuk mengekspresikan perasaan seseorang untuk berbicara pada lawan bicara.

Namun sayang nya untuk bisa memulai percakapan atau komunikasi kepada seseorang bukan perkara yang mudah, terlebih lagi jika orang yang ingin kalian ajak bicara adalah orang baru.

Mungkin terdengar mudah bagi orang yang sudah memiliki kemampuan atau senang berbicara, Lalu bagaimana jika terjadi kepada orang yang pemalu dan pendiam?. Tentu itu hal yang sangat sulit di lakukan karena rasa canggung mungkin akan terjadi ketika beriteraksi atau bertemu dengan orang baru.

Dan biasanya yang kebanyakan terjadi adalah mereka akan salah tingkah di sertai gugup karena tidak tahu harus memulai percakapan atau bertanya seperti apa.

Baca Juga : Sifat Pria Yang Diinginkan Wanita

Mengatasi Rasa Canggung Dalam Berkomunikasi Dengan Orang Baru

1. Memulai Dengan Berjabat Tangan

Ketika kalian menemui seseorang atau bertemu seseorang tentu hal yang pasti di lakukan adalah dengan Berjabat Tangan. Cara ini bisa kalian lakukan untuk Mengatasi Rasa Canggung Tersebut. Pastikan melakukan jabat tangan dengan begitu mantap hal ini di lakukan agar bisa menunjukan bahwa kalian memiliki rasa percaya diri. Namun perlu kalian ingat juga usahakan tidak memegang nya terlalu erat apa lagi terlalu lama.

Berjabat tanganlah dengan tegas agar mereka menilai kalian memiliki kepercayaan diri yang tinggi, Dan jangan sampai ketika kalian berjabat tangan malah berkeringat dan gemetaran hal ini jelas akan mengirimkan sinyal bahwa kalian merasa canggung.

2. Memiliki Senyuman

Selain berjabat tangan hal lainnya yang bisa kalian lakukan untuk bisa Menghilangkan Rasa Grogi atau Canggung adalah dengan memberikan senyuman. Dengan kalian tersenyum mereka akan menganggap kalian orang yang ramah, selain itu tersenyum bisa menutupi rasa canggung dengan meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri.

Mereka akan merasa nyaman sehingga merekalah yang nantinya akan memulai percakapan terlebih dahulu. Hal ini sangat di sarankan untuk kalian yang memiliki kepribadian yang pemalu.

3. Melakukan Kontak Mata

Memulai percakapan dengan cara melakukan kontak mata mampu membuat seseorang lebih bisa percaya diri. Cobalah kalian lakukan ketika bertemu dengan seseorang yang baru ketika memulai sebuah percakapan atau komunikasi.

Tunjukan pada mereka dengan melakukan kontak mata yang positif agar kalian terkesan mempunyai minat kepada mereka untuk menjalin sebuah hubungan yang baik.

4. Dengan Mengajukan Pertanyaan

Pada umumnya sebuah Percakapan akan di dasari dengan adanya pertanyaan dan timbal balik. Ini bisa kalian lakukan juga untuk mengatasi rasa canggung tersebut. Cobalah kalian mengajukan sebuah pertanyaan dan mencari sebuah kecocokan pada topik-topik yang akan di bicarakan. Ini akan mampu meningkatan minat seseorang untuk bisa kerkomunikasi dengan kalian.

Namun pastikan juga kalian tidak terlalu berlebihan dalam mengajuka pertanyaan agar mereka tidak risih dengan kalian. Ajukan pertanyaan yang membuat mereka merasa santai dan berikan ruang pada mereka untuk bisa mengekspresikan pikiran mereka.

Baca Juga : Memulai Percakapan Dengan Baik

5. Mendengarkan

Ini akan menjadi timbal balik dari sebuah pertanyaan, Jadi pastikan ketika kalian memulai sebuah komunikasi atau sebuah percakapan kalian bisa mendengarkannya dengan baik. Agar jika mereka melakukan pertanyaan kalian bisa menjawab dan memahami apa yang di tanyakan.

Karena pada umunya kecanggungan terjadi karena kalian tidak mendengarkan saat mereka bertanya dan pada akhirnya kalian menjawab sesuatu dengan tidak relevan atau keluar dari topik yang di tanyakan.

6. Membawa Teman

Ini akan menjadi alternatif lainnya untuk bisa Mengatasi Rasa Canggung Dalam Berkomunikasi Dengan Orang Baru. Dengan kalian mengenalkan teman kepada mereka kalian bisa merasa lebih nyaman untuk bisa bersosialisasi dengan mereka.

Itupun menjadi salah satu cara untuk bisa memulai sebuah percakapan dengan mengenalkan teman kalian. Serta jika pun nantinya kalian kehabisan topik atau suasana terasa menjadi basi saat berkomunikasi dengan orang baru, kalian masih memiliki teman yang bisa di ajak bicara.

7. Menjadi Diri Sendiri

Untuk bisa membangun rasa percaya diri agar tidak canggung membutuhkan sebuah latihan. Namun ingatlah dalam melakukan komunikasi, percakapan atau bertemu seseorang yang baru selalu tujukan bahwa inilah diri kalian, inilah kalian pada adanya.

Jangan pernah berusaha dengan keras untuk menjadi orang lain agar bisa di terima dan dihargai mereka. Mungkin saja yang mereka sukai adalah kepribadian diri kalian sendiri.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *