Rahasia Sukses Investasi Sejak Usia Muda

Rahasia Sukses Investasi Sejak Usia Muda – Investasi merupakan kegiatan yang sebaiknya harus kita lakukan dan tanamkan sejak dini. Semakin dini kita di perkenalkan ke dunia investasi, maka semakin pula kita bisa mempraktekan dan mendapatkan pengetahuan.

Selain itu tentu saja membuat kita akan bisa mengumpulkan banyak uang dan memperoleh keuntungan besar di bandingkan orang lain. Karena kita sudah berhasil start duluan di bandingkan orang lain. Kemudian ketika sejak usia muda saja sudah pandai mengatur dan mengelola keuangan. Maka sudah pasti di hari tua akan bahagia karena merdeka dari sisi financial.

Maka dari itu sebelum kita terlambat, yuk mulai berinvestasi di usia muda.

Baca Juga: Pilihan Jenis Investasi Terbaik! Agar Bisa Beli Rumah Impian

Rahasia Sukses Investasi Sejak Muda Agar Bahagia Di Hari Tua

Rahasia Sukses Investasi Sejak Usia Muda

1. Pahami Target Yang Akan Di Capai

Jika ingin menggapai atau mencapai sesuatu yang di inginkan, maka kita harus mempunyai target sebagai tolak ukur kesuksesannya. Begitupun investasi, dengan kita mempunyai target yang jelas maka kita bisa mengetahui sejauh mana perkembangan dari investasi yang kita lakukan.

Kemudian ketika kita tahu bahawa taget yang akan di capai masih terlalu jauh. Maka kita bisa langsung bisa membenahi agar target bisa tercapai dalam kondisi apa pun. Umumnya kita bisa menentukan target dan waktu pencapaiannya.

Apakah target tersebut 2, 5, 10 tahun? atau mungkin bisa lebih cepat. Yang terpenting pastikan bahwa kita benar-benar tahu seperti apa target yang akan di capai nantinya. Sehingga investasi yang kita lakukan tidak berkesan bahwa kita hanya ikut-ikutan dan agar terlihat keren saja.

Investasi yang kita lakukan memiliki risiko, atau akan ada kerugian yang harus kita tanggung jika tidak mengelolanya dengan baik. Sehingga di perlukan kesungguhan untuk mengelolanya dengan baik.

2. Memilih Instrumen Investasi Yang Tepat

Setelah proses menentukan targret sudah di jalankan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan instrumen investasi apa yang paling tepat di lakukan. Dalam investasi di bagi menjadi beberapa jenis, dan masing-masing memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda.

Mulai dari kecil, sedang dan tinggi. Jika kita memutuskan untuk memilih investasi dengan jangka waktu panjang, maka sebaiknya pilih investasi yang memmiliki risiko tinggi seperti saham atau properti. Sedangkan jika investasi tersebut di targetkan dalam waktu jangka pendek, pilihlah dengan tingkat risiko yang sedang atau kecil seperti deposito, emas atau reksadana.

Hal ini sangat penting untuk di tentukan, agar kita bisa menikmati keuntungan dari investasi tersebut saat jatuh tempo atau di jual. Tetapi jika di sini kita salah pilih instrumen investasi bisa jadi bukan keuntungan yang di dapatkan malah hanya kerugian.

3. Jangan Mudah Tergiur Keuntungan Besar

Semua orang yang melakukan investasi sudah pasti ingin medapatkan keuntungan yang besar. Namun keuntungan yang besar dan melebihi batas yang wajar seharusnya patut kita curigai. Karena dalam bursa efek sekalipun tidak akan pernah menjanjikan keuntungan yang besar.

Maka dari itu agar kita tidak tertipu, sebaiknya kita mencari tahu berapa keuntungan rata-rata dari investasi yang hendak kita pilih. Kita bisa melakukan pembandingan produk yang sama, di perusahaan yang berbeda untuk memudahkan kita dalam melakukan proses penelitian.

Sebab saat ini sudah banyak oknum yang bermain yang tidak bertanggung jawab dengan berlomba-lomba menawarkan investasi bodong. Di mana biasanya keuntungan yang di berikan akan lebih besar dari pada modal yang di investasikan.

4. Jangan Hanya Fokus Pada Satu Instrumen Investasi

Di dalam dunia investasi kita harus pandai mengalokasikan dana investasi ke beberapa instrumen lain. Artinya kita tidak boleh menempatkan dana pada satu intrumen investasi saja. Hal ini di lakukan agar bisa meringankan besar kerugian ketika salah satu instrumen investasi sedang anjlok.

Dan kita masih punya harapan terhadap instrumen investasi lainnya. Yang di mana keuntungannya bisa di gunakan untuk menutupi kerugian pada investasi yang sedang anjlok tersebut.

Baca Juga: Mengenal Investasi Di Pasar Modal Bagi Pemula

5. Terus Belajar Dan Berusaha Mumpung Masih Muda

Jangan pernah menyerah ketika kita sudah belajar berkali-kali namun hasilnya tetap gagal. Karena dalam investasi ini sudah menjadi hal yang biasa, semua investor lain pun akan mengalami hal yang sama. Dan pada akhirnya bisa menuju penguasaan suatu investasi dengan baik.

Ingat bahwasanya kegagalan adalah guru terbaik, sehingga kita perlu menjadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran yang suatu saat bisa mendatangkan keuntungan. Dan belajar pun seharusnya bukan dari kegagalan sendiri tetapi dari kegagalan orang lain pun patut kita pelajari.

Itulah 5 Rahasia Sukses Investasi Di Usia Muda. Mumpung usia kita masih muda, apa salahnya untuk bisa mencoba investasi sedini mungkin. Walaupun banyak ke gagalan yang di dapatkan, setidaknya kita masih punya banyak peluang untuk mengubah kegagalan menjadi kesuksesan khususnya di dunia investasi. Maka dari itu, mulailah terlebih dahulu dan lihat seperti apa hasilnya nanti.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *