Ingin Bisa Tetap Menabung Setelah Resign? Ini caranya

Ingin Bisa Tetap Menabung Setelah Resign? Ini caranya

Ingin Bisa Tetap Menabung Setelah Resign? Ini caranya – Dalam dunia kerja tentu saja para pekerja akan ada masanya mengundurkan diri atau resign kerja. Penyebabnya entah itu jenuh, bosan, menemukan pekerjaan yang lebih baik dan hal lain sebagainya. Dan biasanya jika pekerja resign karena suka rela atau kemauan sendiri tidak akan medapatkan pesangon seperti halnya jika terkena PHK.

Yang biasanya pekerja dapatkan hanya uang gaji yang dihitung sesuai dengan jumlah hari atau waktu kerja yang sudah dilakukan. Dan ada juga perusahaan yang masih memberikan satu bulan gajih penuh itu semua tergantung dari bagaimana kebijakan di perusahaan tempat bekerja.

Setelah resign tentu kalian bisa jadi tidak ada pemasukan. Maka dari itu inilah pentingnya bagi kalian yang baru resign dari pekerjaan untuk bisa mengatur keuangan tersebut. Terutama menabung untuk berjaga-jaga jika nantinya ada kebutuhan mendesak. Nah ini tips yang mungkin bisa kalian lakukan jika,

Baca Juga : Memulai Bisnis Tanpa Takut Gagal Dengan Tips Ini

Ingin Bisa Tetap Menabung Setelah Resign? Ini caranya:

1. Membuat Daftar Pengeluaran Baru

Setelah kalian resign dari pekerjaan tentu pemasukan kalian pun akan berkurang. Maka dari itu tentu kondisi keuangan sebelum dan sesudah resign akan mengalami perbedaan. Kalian diharuskan tetap berhemat walaupun kalian sudah menerima gaji terakhir dari perusahaan.

Inilah pentingnya membuat daftar pengeluaran baru agar bisa disesuaikan kembali dengan kondisi keuangan kalian saat ini. Kalian pun harus memastikan untuk bisa menabung setidaknya 20% dari gaji terakhir yang kalian terima. Hal ini dilakukan supaya kalian tetap punya simpanan yang mungkin bisa digunakan pada waktu-waktu yang mendesak ketika membutuhkan uang.

2. Hemat

Yang biasanya karyawan lakukan setelah resign adalah mentraktir teman-temannya sebagai acara farewell atau perpisahan. Itu memang tidak salah untuk dilakukan, namun perlu kalian ingat bahwa kalian harus tetap berhemat dari hasil gaji terakhir yang kalian dapatkan.

Kalian harus memikirkan biaya hidup pasca resign. Mungkin tidak masalah bagi kalian yang melakukan resign karena sudah mendapatkan pekerjaan baru dan bisa langsung mendapatkan gaji bulanan kembali.

Namun bagaimana jika kalian belum mendapatkan pekerjaan baru, tentu menjadi masalah besar yang terjadi uang kalian akan habis untuk hura-hura farewell tersebut. Jadi usahakan tetap berhemat dan lebih baik untuk menabung agar kalian tidak mengalami krisis keuangan pasca resign.

3. Mencairkan BPJS Dari Perusahaan

Pada umumnya perusahaan akan mendaftarkan seluruh karyawannya kedalam program BPJS Ketenagakerjaan. Ini tentu menjadi alternatif kalian agar bisa menabung jika kalian memiliki program BPJS ini. Kalian bisa mencairkan BPJS tersebut dalam status kalian yang sudan menganggur dan sudah tidak aktif bekerja maka BPJS bisa dicairkan 100% pastikan memenuhi syarat.

Apa lagi jika kalian sudah bekerja diatas 5 tahun mungkin saldo BPJS kalian sudah lumayan banyak yang terkumpul. Dari hasil pencairan BPJS tersebut bisa kalian gunakan untuk ditabung atau membuka usaha.

Baca Juga : Lakukan Ini Untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi

4. Membuka Usaha

Melanjutkan dari point 3 dari hasil pencairan BPJS mungkin bisa kalian bagi 50% untuk membuka usaha sisanya bisa tetap kalian tabung. Kalian bisa membuka usaha sesuai passion atau kemampuan yang kalian miliki, Kalian tidak harus langsung membuka usaha yang besar, mulailah dengan membuka usaha kecil-kecilan dari laba usaha kalian bisa kalian kumpulkan kembali untuk modal dan menambah tabungan.

5. Lakukan Hobi Yang Menghasilkan

Hobi bukan sekedear hobi, hobi pun bisa menghasilkan banyak uang. Jika kalian memiliki hobi foto kalian bisa membuka jasa fotografer untuk acara-acara prewedding, pernikahan, ulang tahun dan lainnya. Jika kalan memiliki hobi menulis kalian bisa menjadi conten writer dan hasil tulisan kalian bisa kalian jual disitus-situs online, ada juga kalian pun bisa menjadi reseller dari sebuah situs jual beli online.

Apapun hobi dan kemampuan kalian manfaatkan itu untuk bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *