My ASI Boster – Daun Torbangun

My ASI Boster - Daun Torbangun

My ASI Boster – Daun Torbangun – Hi, bunda? Ada yang belom tau daun tor bangun? hihi, momin juga baru tau daun torbangun akhir-akhir ini loh semenjak jadi busui. Daun torbangun sendiri mungkin tidak asing lagi bagi orang yang tinggal di daerah Sumatra.

Selain di manfaatkan sebagai bumbu dapur, daun torbangun juga berguna untuk menstimulasi produksi ASI. Bagi yang belum tahu, yuk, simak 5 manfaat baik daun torbangun untuk ibu menyusui.

ASI Melimpah Dan Lancar Berkat Jus Daun Torbangun

1. Daun torbangun bermanfaat untuk meningkatkan air susu ibu

Tumbuhan dengan nama ilmiah coleus amboinicus lour ini banyak di gunakan masyarakat Batak sebagai makanan tambahan bagi ibu menyusui. Tanaman ini di percaya mampu meningkatkan air susu ibu (ASI) sekaligus memperkuat fisik ibu yang baru melahirkan.

Selain untuk meningkatkan produksi ASI, daun torbangun yang di masak tanpa tambahan bumbu lainnya juga di percaya mampu membersihkan rahim pasca melahirkan. Daun ini tidak di sarankan untuk di konsumsi pada masa saat kehamilan, karena akan memicu keguguran.

Baca Juga: Kaya Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

2. Daun torbangun mampu menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui

Daun torbangun mengandung laktagogum yang berfungsi untuk menstimulir produksi kelenjar air susu pada ibu menyusui. Torbangun juga menyimpan zat gizi sebagai sumber utama energi dan kalori yang di butuhkan untuk tubuh. Pasalnya, ibu menyusui, biasanya mudah kelelahan dan capai pasca memberikan ASI, sehingga daun torbangun ini mampu membuat tubuh kembali bugar.

Selain kedua manfaat di atas, daun torbangun juga mengandung farmakoseutika, yaitu senyawa yang bersifat antibakteri. Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas, mencegah bakteri dan membuat puting serta aerola tetap lembap atau tidak kering.

3. Membersihkan rahim pasca melahirkan dan menghentikan pendarahan

Masyarakat Sumatera biasanya gemar mengonsumsi daun torbangun sehabis melahirkan. Biasanya daun torbangun di sajikan dengan mercaiknya sebagai sop, di sayur bening, atau mencampurkannya dengan santan. Bagi ibu yang tidak suka makan sayur, cara lain untuk mengonsumsi daun torbangun ialah dengan diolah menjadi jus.

Kebiasaan ini mereka terapkan bukan tanpa alasan. Daun torbangun sangat efektif membantu mencegah atau menghentikan pendarahan pada ibu menyusui. Tidak hanya itu, daun torbangun sangat baik untuk mempercepat membersihkan rahim pasca melahirkan.

4. Menurunkan kolesterol dan mencegah hipertensi pada ibu menyusui

Selama menyusui, ibu biasanya akan merasa lapar secara terus menerus dalam waktu cepat. Buruknya, kamu tidak dapat memilah makanan dan melahapnya hingga habis. Kondisi tersebut akhirnya membawa kamu pada penyakit kolesterol dan darah tinggi penyebab jantung pada ibu menyusui.

Daun torbangun mengandung fenol, karvakrol, flavonoid dan glikosida. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi nyeri, membersihkan saluran reproduksi pasca melahirkan, mencegah anemia hingga menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah.

5. Membuat produksi ASI semakin berlimpah dan menyimpan zat besi yang tinggi

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 16 Tahun 2016, daun torbangun sudah teruji secara klinis mampu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung zat besi yang sangat di perlukan untuk pertumbuhan bayi. Namun, kamu sebaiknya mengonsumsi daun ini 30 hari pasca melahirkan, untuk mencegah pengeringan pada rahim atau komplikasi lainnya.

Untuk memaksimalkan kebutuhan ASI, selain mengonsumsi jus torbangun, ibu juga bisa memilih makanan dan cemilan yang sehat dan bergizi. Tidak lupa untuk menerapkan hidup sehat dan pikiran yang pofitif, sehingga akan memberikan sugesti pada otak untuk memproduksi ASI lebih lancar dan baik. 

Daun Torbangun – Jus Bangun Asi

My-ASI-Boster-Daun-Torbangun1

Jadi, udah tau kan bunda manfaat daun torbangun itu. Nah, kali ini momin mau review nih si daun ijo yang ajaib ini. Ternyataaaa daun torbangun itu bisa di jadiin jus loh, gimana ya rasanya jus dari daun? Pait kah? Asem kah? Manis kah? Rasanya seperti jamu ya? Hmmm baiklah mari cusss.

Nah seperti itulah penampakannya bunda, jus daun torbangun. Namanya “Jus Bangun Asi”, tau darimana nih ada jus beginian? Kebetulan banget nih momin masuk di sebuah grup ibu-ibu, mamak-mamak, bunda-bunda hebat yang baru saja melahirkan putra-putrinya. Namanya “Birth Club October 2020”.

Bersyukur banget nih momin masuk di grup itu, selain sharing-sharing masalah perASIan seperti ini, di sana juga sharing-sharing mengenai banyak hal lohhhh. Dari jaman hamil dulu, maslah perbayian, diskon pospak sampai berita hot sekalipun ada di grup itu. Kalo mamak-mamak di sana sih katanya “Biar mamak tetep waras haha”.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Singkat cerita, awalnya ragu tuh buat beli si “Jus Bangun Asi” ini, (lah iyaaa itu daun bokk di jusss kaga pake gula kaga pake madu), karna kupikir ASIku udah cukup buat si anak kicik, ga perlu stok banyak-banyak, tapi makin hari makin memanas wkwk. Pasti ada mamak-mamak di sana yang ngirimin foto hasil pumping mereka. Percayalah, itu membuat diri ini insecure, gak bohong asli. My ASI Boster Daun Torbangun.

Akhirnyaaaa memutuskan juga buat nyobain tu si “Jus Bangun Asi”, ehhhh enak jugaa, seger pulakkk. Rasa jus lemon!!!! Gak ada rasa-rasa daun mentah (dikiranya  tuh jus daun beber-bener daun gitu, bau daun wkwkwk). Nih penampakannya, pertama beli langsung 12 botol, gratis 1 botol lagi.

Aturannya sih di situ tertulis baiknya di minum 2-3 kali sehari(1 botol). Tapi yaaa, yang Namanya coba-coba. Minumnya semaunya sendiri, kadang habis 1 botol doang kadang bisa 2 botol sehari. Nah, di hari ke3 minum si “Jus Bangun Asi” ini ternyata beneran loh hasilnya, ASI ku jadi banyak. Si “Jus Bangun Asi” ini kuminum malem sebelum tidur dan ini posisi abis pumping dapet 100ml (biasanya cuma dapet 60ml karna udah DBF dari pagi sampe malem).

Tengah malem mau ganti pospak PD berasa kenceng banget, karena mamak males pumping jadilah abis gantiin pospak tidur lagi. Huaaaa, gak di sepertiga malam baju basah kuyup ASI banjir. Wowww The Power Of Daun Torbangun. Akhirnyaaa memutuskan untuk pumping saat itu jugaa.

Dan dapet 200ml dong, MasyaAllah, Alhamdulillah banget pokoknya. Kebayang kan pagi-pagi buta bangun tidur cengar cengir sendirian (untung ga ada yang liat, masih pada pules bobo). Tapi nyesel banget enggak ada dokumentasinya huhu (maklum, mata ngantuk lupa naro hp di mana).

Gak sampai disitu aja, subuh-subuh seperti biasa si anak kicik bangun buat minta syenen lagi. Ternyata PD masih berasa kenceng. Yaudah dehh, pumping lagi aja. Tak disangka-sangka ternyata masih ada 100ml lohhh. Begini penampakannya (maapin nyolong di igs fotonya, lagi-lagi ga ada dokumentasi khusus wkwk).

Mengkonsumsi Jus Daun Torbangun Membuat ASI Melimpah

Nah, kira-kira seperti itu yaa pengalaman momin konsumsi si ”Jus Bangun Asi” ini. Nah buat yang lagi berjuang sama ASI patut banget dicoba nih, bosen kan sama daun katuk mulu? Hihi

Oiya belinya dimana??? Ada banyak kok yang jual jus daun tor bangun ini, kalo momin belinya di shopee, nama tokonya ”Jus Bangun Asi”, di tokped juga ada, instagramnya @jusbangunasi. Untuk pengirimannya dari Jakarta ya pastinya hehe jadi buat bunda-bunda di luar Jakarta bis acari seller yang lain hehe.

Nah untuk si ”Jus Bangun Asi” ini bisa bertahan 4 hari di suhu kulkas dan 1 bulan di freezer. Jangan lupa stok ya hihi pokoknya wajib banget stok dirumah deh si ”Jus Bangun Asi” ini. My ASI Boster Daun Torbangun.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *