Kaya Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

Kaya Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

Kaya Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil – Hai bunda, bunda pasti sudah tahu kan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat di ajurkan pada saat hamil. Pasalnya hal tersebut baik bagi kesehatan ibu dan janin nya loh.

Nah kali ini ada salah satu buah yang baik untuk di konsumsi yang kaya akan nutrisi dan dapat meredakan mual atau muntah selama masa kehamilan.

Buah yang memiliki warna kuning ini cukup mudah di temukan di mana-mana yaitu “Pisang”. Buah pisang sebagai bahan pangan yang merupakan sumber energi karbohidrat, serat, air, protein, vitamin dan mineral, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan, folat, terutama kalium.

Semua nutrisi tersebut tentunya sangat baik dan dapat membantu perkembangan janin yang sehat selama proses kehamilan. lebih lengkap yuk kita cari tahu apa saja manfaat nya?.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

1. Kaya Akan Asam Folat

Kandungan asam folat pada buah pisang sangat di perlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Selain itu dengan bunda mengkonsumsi buah pisang yang kaya akan asam folat bunda dapat mencegah penyebab bayi lahir prematur sekaligus mengurangi resiko cacat lahir yang di sebabkan kekurangan asam folat.

2. Baik Untuk Perkembangan Tulang

Di dalam buah pisang terdapat kandungan kalsium yang tentunya sangat baik bagi perkembangan tulang pada bayi maupun bunda yang sedang menjalani proses kehamilan. Selain itu kalsium juga di perlukan untuk mengatur kontraksi otot dalam tubuh.

3. Menjaga Kadar Hemoglobin

Terkadang hal yang terjadi pada ibu hamil yaitu menderita anemia. Nah hal ini di sebabkan karena kurang nya zat besi dan rendanya kadar hemoglobin. Dengan bunda mengkonsumsi buah pisang selama proses kehamilan tentu saja dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh, serta dapat meningkatkan sel darah merah.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Hal yang paling umum yang di alami oleh para bunda ketika proses kehamilan yaitu terjadinya sembelit. Hal ini di sebabkan karena tekanan pada usus oleh rahim yang membesar serta perubahan hormon yang mengakibatkan melambatnya pencernaan. Nah untuk mengatasi hal tersebut bunda bisa mengkonsumsi buah pisang.

Kandungan buah pisang menyediakan banyak serat makanan serta kalium dan mineral penting. Yang bermanfaat bagi sistem pencernaan dan membantunya berfungsi dengan lancar. Selain itu buah pisang juga kaya akan pektin yang bisa menormalkan proses pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

5. Mencegah Radikal Bebas Dan Meningkatkan Energi

Buah pisang mengandung vitamin C yang mempunyai fungi sebagai antioksidan untuk bisa mencegah radikal bebas saat proses kehamilan. Serta membantu dalam pembentukan kolagen di dalam tulang, otot, kulit, serta pembuluh darah dan juga penting untuk perbaikan dalam menyembuhkan luka.

Selain itu pisang juga mengandung karbohidrat mengandung gula sederhana seperti gulkosa, fruktosa, dan surkosa. Yang dapat di metabolisme dengan cepat oleh tubuh untuk memberikan dorongan energi langsung, jadi bunda bisa mempunyai energi yang cukup pada proses kehamilan.

Nah dengan mengetahui manfaat baiknya mudah-mudahan bisa mendorong untuk lebih memaksimalkan dalam mengkonsumsi buah atau sayuran. Yang tentu nya selain enak untuk di konsumsi tetapi juga kaya akan manfaat nya bagi kesehatan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *