Inilah Beragam Manfaat Maupun Khasiat Buah Naga

Inilah Beragam Manfaat Maupun Khasiat Buah Naga

Inilah Beragam Manfaat Maupun Khasiat Buah Naga – Jika kalian suka mengkonsumsi jus atau es buah tentu saja mungkin kalian sudah tahu buah yang satu ini yaitu buah naga. Buah Naga atau dalam istilah bahasa inggris Pitaya adalah sejenis kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus.

Buah ini pada umumnya memiliki kulit yang tampak seperti sisik dan berwarna merah keunguan atau merah muda. Selain itu buah naga pun di ketahui memiliki dua jenis yaitu buah naga putih dan buah naga merah.

Selain rasanya yang lezat dan nikmat buah naga pun di ketahui memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang juga sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Jadi bisa di pastikan buah naga memiliki beragam manfaat maupun khasiat yang biak untuk kesehatan. Lalu apa saja kandungan dan manfaat dari buah naga? berikut kutipan nya:

Baca Juga: Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Sirsak

Inilah Beragam Manfaat Maupun Khasiat Buah Naga

1. Tinggi Vitamin C

Di ketahui satu buah naga berukuran 100 gram memiliki kandungan 21 mg vitamin c dan hal ini sebanding dengan 34 persen kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa. Tinggi kandungan vitamin C pada buah naga mampu memberikan manfaat sebagai antioksidan yang tentunya baik bagi tubuh untuk dapat melindungi dari paparan radikal bebas.

Selain memberikan manfaat sebagai antioksidan kandungan vitamin C dapat merangsang pembentukan kolagen sehingga dapat menyehatkan kulit. Mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat serta membantu penyerapan zat besi menjadikan tubuh agar tidak kekurangan darah.

2. Mengandung Zat Besi

Zat besi sangat berperan penting sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah atau hemoglobin. Hal yang terjadi jika tubuh kekurangan zat besi otomatis sel darah merah pun akan berkurang dan yang akan terjadi adalah kalian akan terserang anemia atau kekurangan darah.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah naga maka dapat memenuhi kebutuhan asupan zat besi, karena kandungan zat besi di dalam buah naga terbilang cukup tinggi.

Perlu di ketahui bahwa seratus gram buah naga memiliki kandungan 1,9 miligram zat besi atau sama dengan 11 persen dari total kebutuhan harian bagi orang dewasa.

3. Terdapat Kandungan Magnesium

Didalam buah naga lebih banyak mengandung magnesium dari pada kebanyakan buah yan lain. Magnesium adalah sejenis mineral yang memang penting bagi tubuh. Fungsinya sendiri adalah membantu dalam proses pemecahan energi, kontraksi otot, mencegah/meringankan keram otot, memelihara kesehatan dan fungsi jantung dan pembentukan DNA.

Baca Juga: Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

4. Adanya Kandungan Vitamin B2 dan Vitamin B3

Selain adanya vitamin C buah naga pun memiliki kandungan Vitamin B2 dan Vitamin B3, Nah kedua vitamin ini berperan penting untuk menjaga kelancaran metabolisme tubuh serta memelihara kesehatan jaringan tubuh. Selain itu kandungan buah naga yang tinggi akan vitamin B3 bisa membantu melembapkan kulit yang terbakar.

5. Sebagai Antioksidan Dan Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah naga memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Serta jika kalian mengupas buah naga dan mengenai tangan kalian maka tangan kalian akan berwarna merah. Itu di sebabkan adanya zat pewarna alami yang di sebut antosianin. Dan inilah zat yang memberikan warna merah terang pada buah naga. 

Kandungan antioksidan tersebut berperan penting untuk melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan yang di akibatkan radikal bebas dan bahkan bisa menurunkan risiko kanker. Selain kandungan antioksidan, buah naga juga mengandung banyak serat sehingga membantu melacarkan pencernaan.

Dengan kalian rutin mengonsumsi sayuran serta buah-buahan yang berserat tinggi, seperti buah naga, kalian bisa mencegah terjadinya  sembelit.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *