5 Cara Baik Menangani Keluhan Pelanggan

5 Cara Baik Menangani Keluhan Pelanggan

5 Cara Baik Menangani Keluhan Pelanggan – Sudah hal yang umum dan wajar jika terjadi sebuah komplain atau keluhan dari pelanggan. Apa lagi jika perusahaan atau usaha yang memang berkaitan erat dengan pelanggan seperti produk dan jasa. Di sinilah poin penting bahwa sebuah perusahaan harus mampu menangani setiap keluhan atau komplain dari pelanggan mereka.

Karena pada dasarnya dalam kamus bisnis bahwa pelanggan adalah raja. Maka dari itulah pelanggan biasanya harus di layani dengan sebaik-baiknya. Agar mereka tetap puas dan tidak berpaling dengan produk, jasa atau layanan yang di tawarkan oleh perusahaan tersebut. 

Termasuk dalam hal keluhan dari pelanggan yang pasti terjadi dalam sebuah bisnis. Karena jika tidak di tangani dengan baik bisa jadi keluhan tersebut akan menyebar kemana-mana. Dari satu mulut ke mulut yang lain yang tentu saja nantinya akan berdampak buruk bagi perusahaan tersebut.

Apalagi dalam keadaan era saat ini yang semua informasi sangat cepat sekali menyebar melalui platform digital seperti sosial media dan yang lainnya. Menangani keluhan pelanggan pun tidak bisa asal-asalan, usahakan buat pelanggan tersebut merasa puas dengan layanan keluhan yang di berikan.

Baca Juga : 9 Cara Jitu Merubah Lawan Menjadi Kawan

5 Cara Baik Menangani Keluhan Pelanggan

1. Sikap Tenang Tanpa Emosi

Dalam kasus bisnis produk, jasa, pelayanan, penjualan dan lainnya sebuah keluhan pasti akan datang di saat kapanpun atau tanpa bisa di duga datangnya kapan. Inilah pentingnya bagi kalian harus tetap memiliki sikap yang tenang tidak stres karena jika sikap tersebut hilang maka bisa jadi kalian tersebut akan terpancing emosi dari keluhan pelanggan tersebut.

Sehingga yang akan terjadi bukannya keluhan pelanggan terselesaikan malah tambah makin menjadi. Memang tidak mudah untuk menghadapinya apalagi jika kalian sudah bekerja seharian rasa lelah dan stres akan datang. Namun perlu di ingat bahwa sebaiknnya kalian harus tetap memiliki sikap profesional dalam menangani keluhan pelanggan. Bersikap tenang akan membuat pemikiran menjadi lebih jernih untuk berpikir sehingga keluhan pelanggan pun bisa terselesaikan dengan solusi yang terbaik. 

2. Menyimak Dan Dengarkan Keluhan

Seperti yang sudah banyak di ketahui bahwa keluhan akan datang kapan pun dan keluhan itu pun bisa di utarakan oleh pelanggan dengan nada marah-marah ada juga dengan nada yang sopan. Namun apapun bentuk keluhan atau nadanya, kalian sebaiknnya tetap harus memiliki sifat profesional. 

Saat pelanggan mengutarakan keluhannya sebaiknya kalian menyimak dan mendengarkannya dengan baik sampai selesai. Dengan begitu pelanggan akan merasa di hargai karena kalian sudah mau mendengarkan.

3. Secepatnya Berikan Solusi Terbaik

Jika kalian sudah bersikap tenang dan mendengarkan keluhan yang datang dari pelanggan pastinya kalian akan tahu apa yang menjadi titik permasalahan tersebut. Disinilah kalian harus bisa segera memberikan solusi terbaik dari keluhan tersebut.

Jangan sampai pelanggan sudah panjang lebar menyampaikan keluhannnya namun tetap tidak mendapatkan solusi sama sekali akhirnya pelanggan pun kecewa. Karena pada prinsipnya pelanggan hanya ingin sesuatu yang pasti.

Baca Juga : 7 Ciri Orang Yang Bisa Menarik Perhatian

4. Meminta Maaf

Entah pelanggan itu benar atau salah sikap profesional harus tetap ada pada kalian, dengan meminta maaf ini akan menjadi salah satu hal yang penting dalam mengatasi keluhan pelanggan. Bukan karena kalian rendah atau salah, namun sikap meminta maaf akan membuat pelanggan merasa tenang dan dihagrai.

Selain itu ini akan mengembalikan kepercayaan pelanggan terhadap produk, jasa atau layanan kalian, Apalagi kalau memang benar perusahaan kalianlah yang membuat kesalahan, tentu saja permintaan maaf harus dilakukan.

5. Berikan Bonus

Pada dasarnya semua orang atau pelanggan menyukai sebuah bonus atau sesuatu hal yang digratiskan. Nah ini bisa kalian coba untuk mengobati kekecewaan pelanggan. 

Misalnya saja jika produk yang kalian jual adalah layanan tv kabel dan internet. Dan layanan tersebut sedang mengalami ganguan yang cukup memakan waktu perbaikan. Sehingga banyak pelanggan yang mengajukan keluhan karena tidak bisa digunakan untuk hiburan atau bekerja, untuk mengatasi kekecewaan tersebut kalian bisa memberikan gratis akses seluruh chanel tv dan upgrade akses internet selama 1-3 bulan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *