Ingin Menjaga Kesehatan Otak? Hindari 7 Kebiasaan Ini

Ingin Menjaga Kesehatan Otak? Hindari 7 Kebiasaan Ini – Otak merupakan bagian tubuh yang memiliki peran yang sangat penting dalam berpikir. Jika kondisi otak sehat, otomatis segala sesuatu hal yang harus di cerna atau di pahami pun akan lebih mudah untuk di serap. Dan bahkan bisa menjadi sesuatu hal yang berpotensi menciptakan suatu temuan baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya.

Sayangnya tidak semua orang menjaga kesehatan otak ini. Yang terjadi selalu melakukan hal, walaupun terlihat sepele namun dapat membahayakan kesehatan otak. Untuk bisa menghindari hal tersebut, maka harus tahu beberapa hal sepele yang bisa merusak kesehatan otak.

Baca Juga: Jenis Hormon Yang Mempengaruhi Otak Perempuan

7 Hal Sepele Yang Membahayakan Kesehatan Otak

Ingin Menjaga Kesehatan Otak? Hindari 7 Kebiasaan Ini

1. Sedikit Asupan Makanan

Makan merupakan aktivitas yang sangat penting, bukan hanya untuk memenuhi asupan sumber tenaga. Namun juga untuk menunjang kinerja otak pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. Pada saat tubuh mengalami kekurangan makanan, otomatis otak pun tidak bisa bekerja secara maksimal. Hal inilah yang membuat daya pikir ikut melemah.

Jadi usahakan jangan pernah untuk telat jadwal makan, apa lagi melewatkan waktu sarapan ya. Karena kebiasaan tidak sarapan akan membuat kadar gula di dalam darah akan menjadi rendah. Yang tentu saja lambat laun akan merusak fungsi otak. Tidak perlu sarapan yang terlalu berat, cukup roti, susu atau buah-buahan pun sudah lebih dari cukup. Untuk memenuhi kebutuhan energi dalam beraktivitas.

2. Tidak Makan Berlebihan

Memang benar segala sesuatu yang di lakukan berlebihan itu tidak baik. Termasuk salah satunya adalah kegiatan makan, pada saat awal memang membuat hati menjadi senang karena ini perut menjadi kenyang. Namun ternyata hal tersebut tidak baik bagi kesehatan otak.

Mengata demikian? Karena ketika kita terlalu sering makan banyak, otak akan memerintahkan tubuh untuk melakukan makan terus menerus walaupun sebenarnya sudah kenyang. Akibatnya lemak dalam tubuh pun meningkat, dan otomatis akan menyebabkan kinerja otak menjadi lambat.

Cobalah untuk mengontrol dan mengatur jam makan sebaik mungkin. Patuhi jadwal makan setiap hari, agar tubuh bisa mendapatakan makanan di jam yang sama.

3. Kurang Berolahraga Atau Melakukan Gerakan Fisik

Manfaat olahraga bukan hanya sekedar menjaga betuk tubuh atau membakar lemak. Nyatanya olahraga juga membantu dalam memperbaiki mood dan membuat otak lebih cepat tanggap dalam berpikir. Itulah kenapa sangat di anjurkan sekali kita untuk berolahraga secara rutin. Terutama pada pagi hari sebelum memulai beraktivitas.

Ternyata kurangnya melakukan aktivitas fisik berpotensi terkena demensia, yaitu penyakit yang dapat menurunkan daya ingat dan cara berpikir. Kegiatan atau aktivitas fisik di lakukan tidak harus yang berat. Cukup melakukan lari pagi, bersepeda, yoga atau hal lainnya yang membantu meningkatkan kebugaran tubuh dan fungsi otak.

4. Terlalu Sering Begadang

Begadang jangan begadang, kurang tidur di percaya bisa mematikan fungsi sel yang berada di dalam otak. Atau membuatnya bisa lama bekerja, bukan hanya hal itu saja, kurang tidur mengaktibatkan mood menurun itulah alasan kenapa membuat mood kita kurang baik sepanjang hari.

Begadang boleh saja di lakukan jika memang tidak sering-sering di lakukan. Misalnya saja ada target yang harus di capai di akhir tahun dalam pekerjaan. Usahakan tetap tidur secukupnya, yaitu 7-8 jam. Hindri hal-hal yang dapat mengganggu kualitas tidur, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak, sehingga kita bisa bangun dengan semangat di pagi harinya.

Baca Juga: Ingin Tidur Nyenyak? Pelihara Jenis Tanaman Ini

5. Tetap Memfungsikan Otak Dengan Baik

Kita tahu tidur merupakan cara untuk mengistirahatkan otak. Namun perlu di catat juga bahwa mengistirahatkan otak terlalu lama pun tidak baik. Hal ini akan berpotensi membuat kerja otak menjadi lambat. Jangankan masalah besar yang perlu di selesaikan, masalah kecil pun bisa jadi tidak sanggup untuk di pecahkan akibat kerja otak melambat.

Jadi tetaplah memfungsikan otak sebagai mana mestinya setiap hari. Bukan cuma untuk menyelesaikan masalah atau tugas-tugas saja, namun dengan melakukan interaksi dengan orang-orang yang berada di sekeliling kita. Kemudian jika otak sudah merasa lelah, maka bisa di istirahatkan sejenak dan memulai kembali seperti sedia kala.

6. Bahaya Banyak Merokok

Kita tahu bahwa rokok salah satu hal yang bisa merusak kesehatan. Bukan hanya membahayakan paru-paru tetapi juga membahayakan fungsi otak. Ini di sebabkan kurangnya pasokan oksigen yang masuk kedalam otak yang membuat kinerja otak menjadi lama.

Cobalah berhenti merokok, sebelum nantinya kesehatan semakin terancam. Bisa mencoba dengan mengurangi jumalah rokok yang di hisap setiap harinya, sehingga lama kelamaan akan bisa berhenti sepenuhnya.

7. Kebisingan

Tidak ada yang menyangka jika kebisingan juga akan berbahaya terhadap kesehatan otak, ternyata hal ini dapat merusak saraf halus di telinga yang di gunakan untuk memberikan informasi ke otak. Hal ini menimbulkan peradangan di dalam otak. Sehigga membuat kognitif otak menjadi berkurang.

Jika Ingin Menjaga Kesehatan Otak, untuk mencegahnya sebaiknya hindarilah kebisingan. Pergilah ke tempat yang lebih tenang untuk sekedar mengembalikan fungsi kognitif yang berkurang, sehingga rangsangan otak akan kembali membaik.

7 Kebiasaan tersebut memang terdengar sepele, namun bisa membahayakan kesehatan otak. Utamakan mengalihkan fokus kepada kegiatan yang memang membantu meningkatkan fungsi kinerja otak. Seperti mempelajari sebuah hal baru, olahraga, dan berlatih untuk menyelesaikan masalah agar otak tidak menjadi tumpul.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *