Beragam Manfaat Serta Khasiat Jeruk Nipis

Beragam Manfaat Serta Khasiat Jeruk Nipis

Beragam Manfaat Serta Khasiat Jeruk Nipis – Siapa yang tak tahu buah yang satu ini, buah yang selalu dimanfaatkan untuk makanan maupun minuman. Serta memiliki ukuran yang mungil dan terkenal dengan rasanya yang asam. Namun memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalam nya seperti makronutrien, mineral, Serta vitamin dan antioksidan.

Dalam bahasa ilimiah sendiri di namakan Citrus Aurantifolia atau kalau kita semua lebih mengenal nya dengan nama Jeruk Nipis. Jeruk nipis sendiri mempunyai warna hijau sampai kekuningan, pohon jeruk nipis dapat tumbuh mencapai 3-6 meter, serta memiliki cabang dan banyak duri.

Baca Juga: Manfaat Kandungan Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Lalu apa saja Beragam Manfaat Serta Khasiat Jeruk Nipis tersebut?

1. Menjaga Imunitas Tubuh Dan Penangkal Virus Penyebab Flu

Satu buah jeruk nipis mengandung setidak nya 20 gram Vitamin C atau sekitar 30% dari kebutuhan rata-rata harian seseorang. Nah kandungan jeruk nipis ini yang mampu melindungi diri dari berbagai virus penyebab penyakit seperti flu serta dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin C juga membantu dalam pembentukan sel darah putih yang akan membantu melindungi tubuh terhadap infeksi atau pun penyakit serta mampu menangkal radikal bebas.

2. Melancarkan Pencernaan

Kita mungkin tahu bahwa air jeruk nipis bersifat asam. Ini dapat membantu air liur (saliva) untuk memecah makanan dan juga di dalam nya terdapat kandungan flavonoid yang dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

3. Mencegah Penyakit Scurvy

Penyakit yang ditimbulkan dapat berupa pembengkakan gusi yang di sertai dengan pendarahan, pembengkanan luka yang dalam penyembuhan dan nyeri sendi. Hal ini di sebabkan karena kekurangan nya vitamin C maka dari itu kandungan vitamin C yang terdapat di dalam jeruk nipis mampu mencegah penyakit scurvy ini terjadi.

Baca Juga: Manfaat Buah Jeruk

4. Meremajakan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis mampu memicu pembentukan kolagen. Kolagen sendiri bersifat membantu dalam menjaga kulit agar tetap kencang dan kenyal. Dan tentu tentu bisa terhindar dari pembentukan kulit keriput.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Di dalam kandungan jeruk nipis terdapat magnesium dan kalium yang tentu saja berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kalium sendiri dapat menurunkan tekanan darah serta memperlancar sirkulasi darah. serta dua senyawa ini mampu menurunkan kadar kolestrol.

Nah itu dia sederet dari Beragam Manfaat Serta Khasiat Jeruk Nipis sebenarnya masih banyak manfaat nya yang terkandung dalam jeruk nipis. Itu sendiri yang memang belum bisa di jabarkan satu-persatu. Tetapi mudah-mudahan dari kelima manfaat tersebut membuat kalian bisa memanfaatkan secara maksimal dari kandungan jeruk nipis tersebut, supaya kita tetap sehat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *