Cara Dapat Pekerjaan Tanpa Melamar? Bisa, Lakukan Ini

Cara Dapat Pekerjaan Tanpa Melamar? Bisa, Lakukan Ini

Cara Dapat Pekerjaan Tanpa Melamar? Bisa, Lakukan Ini. Ketika ingin memiliki pekerjaan, langkah pertama yang harus di lakukan tentunya dengan mengajukan lamaran kerja. Biasanya di lakukan bukan hanya dalam satu perusahaan saja, melainkan ke banyak perusahaan. Sehingga peluang di terima kerja pun bisa lebih besar.

Namun tahukan bahwa tanpa melamar pun sebenarnya bisa mendapatkan pekerjaan? Tentunya dengan beberapa syarat yang harus terpenuhi dan cara yang harus di lakukan. Sehingga hasil yang di dapatkan bisa lebih efektif.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak berikut tips yang bisa di coba untuk dapat pekerjaan walau tanpa melamar ke sebuah perusahaan.

Baca Juga: Apa Saja Hak Tunjangan Karyawan? Simak Penjelasan Lengkapnya

1. Membangun Personal Branding Meningkatkan Peluang Dapat Pekerjaan

Apa itu personal branding? Ini bisa di katakan sebuah proses untuk membentuk citra baik diri kita sendiri terhadap masyarakat ataupun orang lain. Nah salah satu yang bisa di lakukan adalah dengan membuat sebuah website pribadi supaya orang lain bisa lebih mengenal dengan diri kita yang sebenarnya.

Coba kita ceritakan dan isi konten pada sebuah website tersebut seperti informasi pribadi, portofolio kerja, kemampuan, dan mungkin bisa di isi juga dengan beberapa cerita pribadi yang di alamai dalam beberapa bulan yang lalu.

Ini mudah di lakukan, karena tidak ada aturan apapun tentang penggunaan tata bahasa saat menulis semuanya. Tuliskan berdasarkan prefrensi pribadi, namun tetap harus memastikan bahwa hal yang di tulis pun dapat bermanfaat bagi orang lain.

Dengan langkah tersebut, bisa di katakan kita sudah mampu membangun personal branding dengan baik.

2. Membuat Akun Profesional

Salah satu sosial media yang kerap menjadi wadah peluang besar dalam dunia kerja ialah Linkendln. Maka dari itu akun profesional yang di maksud di sini adalah akun kita pada Linkendln. Karena dari profil Linkendln para perekrut dari perusahaan akan melihat kapabilitas diri hingga prestasi kita tanpa harus bertemu langsung.

Dan di sisi lain kita bisa memperluas koneksi atau relasi yang di bangun dalam Linkendln. Mungkin saja banyak yang terjadi ada orang yang tidak di kenal yang menjadi relasi dalam Linkendln menawarkan pekerjaan. Intinya, jangan pernah ragu untuk membangun komunikasi dengan orang lain.

3. Melamar Perbarui CV

Apapun prestasi yang pernah kita dapatkan jangan lupa untuk mencantumkannya di dalam CV. Ini akan menjadi salah satu senjata untuk meningkatkan value kita di mata perusahaan. Karena biasanya perusahaan akan menilai kadidat yang berprestasi untuk mampu memberikan kontribusi atau ide lebih terhadap perkembangan perusahaan.

Atau pun jika ada pengalaman kerja, termasuk pelatihan-pelatihan yang pernah kita ikuti untuk memperdalam ilmu di bidang tertentu itu pun harus di cantumkan.

Maka dari itu penting untuk selalu memperbarui CV pada kurun waktu tertentu. Terutama pada platform profesional seperti Linkendln atau beberapa situ untuk mencari pekerjaan. Karena biasanya jika profil kita di anggap pantas bukan tidak mungkin tawaran kerja akan datang silih berganti.

4. Mau Dapat Pekerjaan Tanpa Melamar Jadilah Mahasiswa Berprestasi

Sebuah prestasi yang kita raih sama hal nya dengan usaha, tidak akan pernah menghianati hasil. Artinya ketika kita menjadi mahasiswa yang berprestasi bukan tidak mungkin setelah lulus nanti akan meningkatkan jumlah tawaran kerja, meskipun kita tidak melamar di suatu perusahaan.

Sudah pasti dari pihak fakultas atau kampus akan merekomendasikan kita kepada perusahaan-perusahaan yang memang bekerja sama denga universitas tersebut. Sehingga di sini kita hanya perlu berfokus mengikuti seleksinya untuk mengalahkan kadidat-kadidat lain.

Selain nantinya mudah mendapatkan pekerjaan, menjadi mahasiswa berprestasi pun menjadi bekal untuk bisa mengikuti program beasiswa yang nantinya di adakan oleh perusahaan. Sehingga karier kita pun sudah pasti akan semakin bagus.

5. Dengan Magang Bisa Dapat Pekerjaan Tanpa Melamar

Mungkin tidak semua universitas mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti magang selama menjalani masa perkuliahan. Walaupun demikian tidak ada salahnya kita mencobanya untuk menambah pengalaman atau mengisi waktu kosong.

Ini tentu jauh lebih baik di bandingkan waktu yang ada habis untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Program magang ini biasanya di adakan sekitar 3 bulan dan biasanya bisa di ikuti ketika sudah memasuki semester 5.

Ketika kita magang, performa kerja yang kita lakukan akan di nilai oleh sebuah perusahaan. Sehingga perlu dari kita memberikan kontribusi yang maksimal. Karena jika perusahaan tersebut puas atas kinerja kita, bukan tidak mungkin kontrak akan di perpanjang dan lebih bagus bisa di angkat menjadi karyawan tetap.

6. Bergabung di Group Alumni

Setelah lulus nanti jangan pernah memutuskan hubungan dengan rekan-rekan seperjuangan selama di kampus . Artinya manfaatkan group alumni kampus untuk memperbesar peluang di tawari sebuah pekerjaan tanpa harus melamar.

Karena biasanya kampus sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang tentu untuk mendukung para alumninya bisa cepat mendapatkan pekerjaan. atau pun mungkin rekan-rekan seperjuangan yang menawari kita pekerjaan di tempat mereka bekerja.

Baca Juga: Butuh Waktu 1 Jam Untuk Bisa Sukses, Coba Luangkan Untuk Hal Ini!

7. Share Keahlian Yang Di Miliki Ke Media Sosial

Jika media sosial bisa di manfaatkan dengan baik, sebenarnya bisa menjadi wadah untuk meningkatkan peluang mendapat kerja setelah lulus nantinya. Caranya hanya menunjukan keahlian pada bidang yang sudah kita pelajari selama kuliah.

Misalnya saja kita lulusan Teknik Informatika, kita bisa membagikan cara bagaiman membuat sebuah program sederhana.

Meskipun memang praktek dalam dunia kerja nantinya akan berbeda. Setidaknya hal tersebut mampu menunjukan bahwa kita adalah orang yang patut di pertimbangkan untuk masuk ke sebuah perusahaan tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker