Ingin Melamar Kerja Jadi Marketing? Simak Tips Membuat CV Marketing

Ingin Melamar Kerja Jadi Marketing? Simak Tips Membuat CV Marketing. Dalam beberapa tahun belakangan ini, dunia marketing menjadi salah satu jenis pekerjaan yang masih cukup banyak di minati. Bahkan lebih menjadi menarik lagi semenjak kemajuan perkembangan dunia teknologi informasi saat ini.

Saat ini banyak anak muda yang mulai menjalani pekerjaan ini, mungkin kita juga salah satunya. Buat yang belum terjun ke dunia marketing dan baru akan mulai tertantang untuk menekuninya. Maka melengkapi CV dan membuatnya menjadi menarik ini perlu di pertimbangkan terlebih dahulu.

Jika kita lihat, pada umumnya orang yang bekerja di dalam bidang marketing memiliki kreativitas yang tinggi. Mengapa demikian? Karena pekerjaan ini berkaitan dengan mempromosikan sesuatu. Sehingga kita perlu menunjukkan kelebihan ini sejak awal. Dalam artian, sudah di tunjukkan sejak kita menuliskan lamaran ke sebuah perusahaan.

Dalam hal ini, kita harus mampu menghindari mengirimkan sebuah CV yang biasa saja dan tidak adanya daya tarik dalam CV tersebut. Sehingga kita perlu membuat sebuah CV yang tepat dan mampu menarik perhatian team HRD agar bisa menerima kita bekerja di perusahaan mereka.

Baca Juga: Masih Jadi Pengangguran? Coba Terapkan Cara Ini Agar Cepat Dapat Kerja

Point Penting Dalam CV Jika Ingin Melamar Kerja Menjadi Marketing

Ingin Melamar Kerja Jadi Marketing? Simak Tips Membuat CV Marketing

Memberikan kesan pertama yang menarik lewat CV begitu penting. Ini menambah peluang kita bisa di terima bekerja menjadi lebih besar pada perusahaan tersebut.

1. Personal Summary

Personal Summary merupakan point yang penting untuk membuat kesan dan perhatian besar di dalam sebuah CV. Biasanya ini berisi ringkasan tentang profil kita, yang telah di buat dalam kalimat pendek yang menarik. Kita bisa membuat 3 atau 4 pilihan kata terbaik dan tepat yang menggambarkan tentang diri kita.

Namun perlu di perhatikan juga bahwa ini lebih baik masih tetap dalam konteks yang profesional. Artinya masih berkaitan dengan posisi yang akan kita lamar dalam perusahaan tersebut. Selain beberapa kalimat yang menggambarkan tentang diri kita, mungkin ada prestasi yang pernah kita dapatkan sebelumnya, ini pun patut kita cantumkan menjadi highlight pada summary.

Melalui summary, coba tunjukkan bahwa kita adalah sosok yang profesional dan memiliki ketertarikan yang besar dalam bidang marketing. Meskipun hanya memiliki beberapa paragraf pendek, summary dapat memberikan kesan yang kuat. Apalagi jika kita mampu memilih kata-kata yang tepat dan baik.

Baca Juga: Ini Jenis Pekerjaan Unik Dan Menyenangkan Yang Bikin Kaya

2. Experience

Selanjutnya yang akan menjadi pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan biasanya adalah bagaimana pemalaman kerjanya. Maka dari itu usahakan semua pengalaman kerja yang kita pernah lakukan dapat di cantumkan dengan cara yang tepat.

Terutama mungkin adanya pengalaman yang berkaitan dengan dunia marketing itu sendiri. Segala jenis pencapaian yang pernah kita lakukan dalam bekerja tentu akan membantu lebih meyakinkan team HRD, sehingga ini sangat penting untuk kita tujukan secara detail.

Mencantumkan apa saja posisi yang pernah kita jalankan dan apa yang pernah kita lakukan di sana. Termasuk mungkin dalam pencapaian target yang telah kita lakukan di dalam pekerjaan tersebut.

Usahakan untuk menjabarkannya secara singkat dan detail, agar memudahkan team HRD untuk melihat kemampuan dalam pekerjaan yang kita lakukan selama ini. Termasuk salah satunya pencapaian yang telah kita dapatkan.

Hal ini biasanya di lakukan untuk mengukur seberapa besar kemampuan yang kita miliki dalam menangani pekerjaan di perusahaan mereka nantinya. Sehingga mempermudah mereka dalam mengambil keputusan atas lamaran pekerjaan yang sudah kita ajukan.

3. Skills

Tidak kalah penting skills pun menjadi salah satu point penting bagi team HRD untuk mengambil sebuah keputusan atas lamaran kerja yang kita ajukan. Dan kita wajib mencantumkan hal tersebut dengan jelas ketika melamar dalam dunia marketing. Setidaknya ada beberapa skills yang wajib kita miliki dalam dunia marketing, diantaranya:

  • Interpersonal communication

Sebenarnya Interpersonal communication merupakan skill yang harus di miliki oleh setiap pekerja. Namun kemampuan ini akan sangat lebih berguna jika di gunakan dalam dunia marketing. Kemampuan ini menjadi salah satu kunci yang membuat kita sukses dalam dunia marketing.

Karena dalam pekerjaan ini kita tentu saja akan di hadapkan pada banyak orang. Bahkan dari pihak luar perusahaan sekalipun. Jadi pastikan kita memiliki kemampuan yang baik di dalam berkomunikasi. Sehingga nantinya akan lebih memudahkan kita untuk membangun hubungan dengan orang lain, yang memang berkaitan dengan bidang pekerjaan itu sendiri.

  • Writing Ability

Selain kemampuan komunikasi, kita pun harus memiliki kemampuan baik dalam menulis. Karena beberapa aktivitas marketing itu sendiri bisa saja di lakukan dalam beberapa cara. Baik itu dalam tulisan maupun sebuah konten dalam berbagai betuk lainnya.

Dan tentu saja semua itu akan jauh lebih mudah di lakukan ketika kita sudah memiliki kemampuan baik dalam menulis. Kita akan lebih mudah melakukan aktivitas pemasaran, baik itu offline maupun online nantinya.

  • Digital Savvy

Kita tahu bahwa saat ini perkembangan dunia teknologi begitu cepat. Termasuk salah satunya di dalam bidang marketing. Sehingga kita pun patut mengikuti perkembangan tersebut, setidaknya sudah menguasai berbagai platform digital.

Terutama yang memang ada kaitannya dengan bidang pekerjaan yang akan kita lakukan nanti. Hal ini begitu wajib, terutama jika memang kita sudah berniat menjadi seorang digital marketing profesional.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stres Bekerja Dibawah Tekanan Dan Banyak Target

Lengkapi CV Jika Ingin Mudah Mendapat Pekerjaan Seperti Salah Satunya Ingin Melamar Kerja Jadi Marketing

Jika kita ingin memulai terjun dalam dunia pekerjaan, termasuk salah satunya marketing. pastikan kita harus tahu terlebih dahulu seluk-beluknya dengan baik. Usahakan kita sudah menyiapkan kemampuan yang dapat mendukung perkembangan karier kita kelak dalam dunia marketing.

Jangan lupa untuk melengkapi CV dengan baik dan benar. Karena ini adalah senjata untuk bisa meyakinkan team HRD perusahaan yang akan kamu lamar nantinya sebagai staf marketing mereka.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *